Pertanyaan seputar Magang di GameLab.ID

Bagi yang masih bingung perihal Magang di GameLab.ID bisa baca FAQ berikut ini:


  1. Akses www.gamelab.id
  2. Pilih button Daftar di pojok kanan atas
  3. Isi Nama, Email, Nomor Whatsapp dan Password
  4. Tekan tombol Daftar
  5. Kamu akan mendapatkan notifikasi Verifikasi Akun di email yang kamu gunakan untuk mendaftar
  6. Buka email tersebut dan cari inbox dari support@gamelab.id
  7. Jika di dalam folder Inbox tidak menemukan email tersebut silakan cek di folder Spam atau Promotion
  8. Klik tautan yang terdapat di email (dari support@gamelab.id) untuk verifikasi akun
  9. Kembali ke homepage kemudian lakukan Login menggunakan email dan password yang sesuai

Pastikan kamu telah memiliki akun di Gamelab. Baca FAQ bagian "Bagaimana Membuat Akun Member di Gamelab". Kemudian ikuti petunjuk dengan urutan sebagai berikut: 

  1. Masuk sistem. Lakukan Login, pilih menu kiri Magang, pilih Pendaftaran Magang
  2. Waktu untuk proses pendaftaran KP dapat dilakukan dalam waktu 2 minggu sebelum peserta KP memulai kegiatannya:
    • Minggu ke-1 untuk Registrasi dan menyelesaikan berkas yang dibutuhkan
    • Minggu ke-2 untuk Daftar Ulang, yaitu pelunasan training fee dan pengiriman Surat Pernyataan KP
  3. Pilih Akademi:
    • Design
    • Illustration
    • 3D Creation
    • Digital Music
    • Video & Animation
    • Programming
    • QA Testing
    • Bisnis & Manajemen
  4. Pilih Jurusan sesuai Akademi, misalnya untuk Programming akan ada pilihan: Web, App atau Game Development.
  5. Lengkapi formulir dan upload berkas-berkas seperti:
    • Surat Pengajuan KP (Resmi dari Kampus/Sekolah)
    • Scan KTP (untuk mahasiswa)
    • Scan KTM (kartu mahasiswa/kartu pelajar)
    • Transkrip nilai 
    • Curriculum Vitae
      pastikan untuk scan KTP dan KTM dalam format landscape dan semua dokumen terbaca dengan baik.
  6. Validasi, proses validasi 1-3 hari dan akan di konfirmasi via Email dan WA yang diinputkan saat registrasi akun GameLab. Jadi pastikan Email aktif dan Nomor Telpon merupakan akun WA (WhatsApp).
  7. Daftar Ulang, apabila DITERIMA lakukan pelunasan training fee (saat melakukan transfer masukan kode registrasi, kode registasi tertera di dasboard saat kamu login, kode registrasi sebagai kode unik yang dapat kamu masukan di 3 digit terakhir nominal transfer)
  8. Setelah melalukan pelunasan training fee, kamu akan mendapatkan Surat Pernyataan KP dari Gamelab via Email, unduh surat tersebut lalu dibubuhi dengan materai Rp 10.000 dan ditandatangani, lampirkan Surat Pengajuan Kerja Praktek Asli resmi dari kampus/sekolah, masukan semua berkas dalam map, kirim  via pos ke: 
    • Gamelab Indonesia (0298 - 6031005)
    • Jl. Gilingrejo No. 10 Salatiga
    • Jawa Tengah, 50743
  9. Jika berkas fisik sudah kami terima, kami akan upload Surat Penerimaan KP dan kamu resmi menjadi peserta KP di Gamelab
  10. Conference call akan dijadwalkan setelah peserta KP dinyatakan diterima.

Akademi: Programming

  • Game Development
    Peserta magang akan mendapatkan pelatihan pengembangan game dari mulai mengenal Sprite, memasukkan animasi game, mendeteksi inputan, mendeteksi tubrukan, mengatur audio dan lain sebagainya. Kemudian peserta akan dibimbing oleh trainer industri untuk mengembangkan game sesuai dengan kebutuhan industri. 
  • Application Development
    Peserta magang akan mendapatkan pelatihan pengembangan aplikasi mobile dari mulai penyusunan antarmuka aplikasi, event handling antarmuka dan penyimpanan ke dalam basis data. Kemudian peserta akan dibimbing oleh trainer industri untuk mengembangkan aplikasi sesuai dengan kebutuhan industri. 
  • Web Development
    Peserta magang akan mendapatkan pelatihan pengembangan website yang dibagi menjadi 2 yaitu web-frontend dan web-backend. Kemudian peserta akan dibimbing oleh trainer industri untuk mengembangkan website sesuai dengan kebutuhan industri. 

Akademi: QA & Testing

  • Analisis Games
    Peserta akan mendapatkan bimbingan untuk melakukan analisis game secara baik, tepat, teliti dan benar. Kemudian peserta akan membantu tim industri melakukan analisis berbagai macam game secara lengkap dan detail.
  • Quality Assurance
    Peserta akan mendapatkan pelatihan tentang pengujian perangkat lunak dari mulai white box testing, pencatatan hasil pengujian dan berbagai macam teknik pengujian. Setelah itu peserta akan melakukan proses pengujian berbagai produk dan layanan yang dihasilkan oleh industri. 

Akademi: Art & Illustration

  • Desain Grafis
    Peserta magang akan mendapatkan pelatihan terkait dengan dunia desain grafis seperti pewarnaan, pengaturan layout, font dan lain sebagainya. Kemudian peserta akan mendapatkan bimbingan dari trainer untuk masuk ke proyek asli sesuai dengan kebutuhan industri. 
  • Ilustrasi Digital
    Peserta magang akan mendapatkan pelatihan terkait dengan pembuatan ilustrasi digital dimulai dari sketch, line art, coloring sampai pada pembuatan karakter utuh. Kemudian peserta akan mendapatkan bimbingan dari trainer untuk mengerjakan proyek pembuatan storybooks sesuai dengan kebutuhan industri.
  • Game Artwork
    Peserta magang akan mendapatkan pelatihan terkait dengan dunia ilustrasi yang ditujukan untuk games seperti pembuatan karakter, pembuatan sprites, antarmuka games dan lain sebagainya. Kemudian peserta akan dibimbing oleh trainer mengerjakan proyek sesuai dengan kebutuhan industri. 

Akademi: 3D Creation

  • 3D Modelling & Animating
    Peserta magang akan mendapatkan pelatihan pengembangan aset 3D dari mulai modelling, UV mapping, texturing, rigging sampai animating. Berikutnya peserta akan dibimbing oleh trainer mengerjakan proyek sesuai dengan kebutuhan industri. 

Akademi: Musik Digital

  • Musik Digital (FL Studio)
    Peserta magang akan mendapatkan pelatihan membuat komposisi musik menggunakan FL Studio. Berikutnya peserta akan dibimbing oleh trainer mengerjakan proyek sesuai dengan kebutuhan industri. 

Akademi: Design UI/UX

  • Design UI/UX
    Peserta akan mendapatkan pelatihan membuat wireframe, membuat desain UI, merancang UX dan membuat prototype aplikasi yang dapat dijalankan langsung. Berikutnya peserta akan dibimbing oleh trainer mengerjakan proyek sesuai dengan kebutuhan industri. 

Game Design

  • Game Design
    Peserta akan mendapatkan pelatihan perancangan game dari mulai penentuan konsep, pembuatan rancang game (Game Design Document), konsep bermain dan lain sebagainya. Berikutnya peserta akan dibimbing oleh trainer untuk mengerjakan proyek sesuai dengan kebutuhan industri. 

Videografi & Fotografi

  • Videografi
    Peserta akan mendapatkan pelatihan pembuatan videografi menggunakan software pengolah video. Setelah itu, peserta akan dibimbing di dalam pengerjaan rangkaian proyek-proyek sesuai dengan kebutuhan industri.
  • Fotografi
    Peserta akan mendapatkan pelatihan teknik fotografi dari dasar sampai professional menggunakan software pengolah gambar. Setelah itu, peserta akan dibimbing di dalam pengerjaan rangkaian proyek-proyek sesuai dengan kebutuhan industri.

Akademi: Bisnis dan Manajemen

  • Marketing
    Peserta akan diajarkan salah satu dari dasar marketing, email marketing, social media marketing dan content marketing. Setelah itu peserta diharapkan untuk membantu perusahaan melakukan proses marketing sembari mendapatkan pengalaman nyata di dalam dunia kerja. 
  • Sales
    Peserta akan diajarkan salah satu dari dasar selling, mencari prospect, melakukan presentasi dan closing. Setelah itu peserta diharapkan untuk membantu perusahaan melakukan proses marketing sembari mendapatkan pengalaman nyata di dalam dunia kerja. 
  • Branding
    Peserta akan diajarkan salah satu dari dasar branding, meningkatkan brand awareness dan meningkatkan brand value. Setelah itu peserta diharapkan untuk membantu perusahaan melakukan proses marketing sembari mendapatkan pengalaman nyata di dalam dunia kerja. 

Catatan: 

  • Pelatihan hanya didapatkan peserta magang dengan durasi minimal 2 bulan

https://www.gamelab.id/img/internship/magang_1.png

Game Programming

  • Software: PhaserJS
  • Hardware: RAM Min. 4 GB, Processor Min. 1,5 GB, HDD Space Min 200 Mb
  • Informasi lebih lanjut: http://phaser.io/ 

App Programming

Web Programming

  • Software: Visual Studio Code
  • Hardware: RAM Min. 2 GB, Processor Min. 1,5 GB, HDD Space Min 200 Mb
  • Informasi lebih lanjut: https://code.visualstudio.com/ 

QA & Testing

  • Google Suites: Docs, Slides, Spreadsheet
  • Hardware: Laptop / PC / Smartphone

2D Illustration

  • Software: CorelDRAW X8 / Krita / Photoshop / Clip Paint
  • Hardware: RAM Min. 4 GB, Processor Min. 1,5 GB, HDD Space Min 500 Mb
  • Informasi lebih lanjut: https://www.coreldraw.com/en/ 

3D Creation

  • Software: Blender 3D
  • Hardware: 64-bit dual core 2Ghz CPU, 4 GB RAM, 1280×768 display, VGA 1 GB RAM, OpenGL 3.3
  • Informasi lebih lanjut: https://www.blender.org/ 

UI/UX

  • Software: Figma
  • Hardware: 4 GB of RAM, 1280x800 Display, GPU late 2014
  • Informasi lebih lanjut: http://figma.com/ 

Videography & Photography

  • Software: Adobe Premiere / Kine Master / Adobe Photoshop / etc
  • Hardware: Laptop / PC / Smartphone

Manajemen dan Bisnis

  • Google Suites: Docs, Slides, Spreadsheet
  • Social Media: Facebook, Twitter, Instagram, TikTok

Kami melakukan seleksi bagi peserta magang bebas administrasi (GRATIS). Adapun proses seleksi didasarkan pada beberapa pertimbangan sebagai berikut: 

  1. CV
  2. Portofolio
  3. Durasi magang

Maka pastikan kamu mengirim CV dan Portofolio terbaik. 

Prosedur Pendaftaran Magang Gratis

Berikut prosedur pendaftaran Magang bebas biaya administrasi (GRATIS): 

  1. Buka halaman https://www.gamelab.id/internship/ 
  2. Tekan tombol IKUTI SELEKSI MAGANG
  3. Isikan data dirimu secara lengkap, pilih durasi minimal 2 bulan ya
  4. Pastikan kamu memilih akademi dan jurusan yang sesuai
  5. Pastikan kamu telah mengirimkan CV dan Portofolio terbaikmu
  6. Jika kamu LOLOS seleksi, maka magang bebas biaya (GRATIS)
  7. Admin akan segera menghubungimu jika kamu lolos seleksi

Magang di GAMELAB bisa juga berbayar, tanpa mengikuti SELEKSI dengan fasilitas yang sama sebagai berikut: 

  1. Modul pelatihan yang dapat diakses selama masa magang
  2. Trainer (pembimbing industri) selama masa magang
  3. E-Sertifikat tanda telah selesai dan lulus kerja praktek (JIKA LULUS)

Kami juga menyediakan fasilitas magang GRATIS untuk partner-partner kami. Pastikan institusi kamu telah bekerjasama dengan kami secara resmi untuk mendapatkan diskon atau bahkan bebas biaya administrasi.

Sistem magang di GAMELAB dilakukan secara online sebagai berikut: 

  1. Untuk jam onlinenya sesuai jam kantor kami yaitu Senin-Jumat jam 08:00-17:00
  2. Setiap hari wajib melakukan absen datang (max jam 08.00) dan pulang (min jam 17.00) melalui web
  3. Setiap hari wajib mengirimkan laporan perkembangan pelatihan atau proyek jam 11.30 dan 16.30
  4. Laporan harian akan dicek oleh trainer setiap hari Selasa dan Jumat

Sesuai dengan akademi yang dipilih, peserta akan: 

  1. Mengikuti pelatihan melalui akses modul dari LMS, tanya jawab di whatsapp group serta webinar jika diperlukan.
  2. Menyelesaikan studi kasus atau proyek yang diberikan oleh trainer sebagai uji kompetensi.
  3. Membuat laporan dengan mengisi feedback dan membuat artikel tentang magang di GAMELAB.

Dalam magang GAMELAB setidaknya peserta akan mendapatkan: 

  1. Sertifikat Kompetensi jika lulus pelatihan
  2. Sertifikat Magang jika lulus pelatihan dan menyelesaikan proyek

Boleh. Tetapi dengan konsekuensi trainer akan memberikan materi pelatihan sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan perusahaan. Trainer industri juga memiliki expertise softwarenya masing-masing. Materi pelatihan harus tetap diselesaikan sebagai syarat kelulusan magang.

Pengerjaan Proyek. Kemudian untuk pengerjaan proyek atau studi kasus, jika ingin menggunakan software selain yang telah ditentukan harus mendapatkan ijin dari trainer industri yang bersangkutan. Dikarenakan pengerjaan proyek atau studi kasus tidak boleh sembarangan, peserta harus mengikuti petunjuk dan arahan dari trainer dengan serius, baik dan seksama.

Urutan aktivitas peserta magang adalah sebagai berikut: 

  • Menyelesaikan pelatihan yang diberikan oleh trainer
  • Mengerjakan proyek yang diberikan oleh trainer

Jumlah proyek yang diberikan akan berbeda-beda dan tentu hal tersebut akan menjadi pertimbangan penilaian kami. Kami akan sangat menghargai teman-teman yang dapat melaksanakan magang secara fokus dan kontributif. Hal ini menunjukkan komitmen teman-teman di tempat magang dengan menggunakan waktu se-efisien dan se-efektif mungkin ketika jam kerja.

Boleh, tetapi tetap perhatikan prosedur sebagai berikut:

Absensi Harian

Untuk absensi tetap sesuai prosedur yaitu pagi hari jam 08.00 (max) dan sore hari jam 17.00 (min).

Laporan Harian

Untuk laporan harian juga peserta wajib mengirimkan setiap jam 11.30 dan 16.30. Adapun, pengiriman laporan harian ada di tempat yaitu:

  • Laporan tertulis di bagian Magang > Studi Kasus > Laporan Harian
  • Update file project terbaru di google drive yang telah disediakan

Absensi dan laporan harian akan berpengaruh kepada rating (nilai) selama magang. 

Boleh. Namun absensi tetap dilakukan di hari kerja saja. Laporan proyek dan harian juga akan dicek oleh trainer sesuai dengan prosedur, yaitu minimal di hari Selasa dan Jumat.

Jika lupa untuk mengisi absen akan mempengaruhi nilai kedisiplinan kamu. Kelalaian absen akan menyebabkan kamu dianggap tidak hadir dan melakukan tindakan indisipliner. Tindakan tersebut berimbas pada rating. Jika rating di bawah 4, maka kamu bisa dinyatakan TIDAK LULUS magang.

Jika tidak mengirimkan laporan harian sesuai ketentuan, maka juga akan mempengaruhi nilai kedisiplinan kamu. Magang membutuhkan fokus dan komitmen sehingga pastikan kamu mengikuti segala ketentuan dan prosedur yang telah ditetapkan.  KELULUSAN magang ditentukan salah satunya oleh nilai kedisiplinan yang diukur dari absensi dan laporan harian. 

Rating atau Bintang berguna untuk mengetahui kinerja kamu selama kamu melakukan magang di GAMELAB. Rating atau Bintang juga bermanfaat sebagai track record kerja apakah kamu sudah melakukan magang sesuai dengan SOP atau belum.

Setiap peserta magang memiliki waktu 1 bulan untuk menyelesaikan Laporan KP dan meminta kelengkapan berkas-berkas seperti:

  • surat keterangan selesai KP
  • Form Nilai
  • Lembar Pengesahan Laporan KP
  • Tanda-tangan
  • Stempel Perusahaan
  • Sertifikat
  • Dan lain-lain

Berkas hanya diperoleh jika peserta telah dinyatakan LULUS dan sudah menyelesaikan seluruh kewajiban yang harus dikerjakan. Laporan juga sudah harus di approve oleh trainer pembimbing industri. Hal ini kami lakukan untuk menghindari peserta magang yang sembrono atau tidak bertanggung jawab selama magang berlangsung.

Untuk meminta berkas-berkas tersebut bisa konfirmasi via WA ke +62 812-3259-6412 

PENTING!!! Kami tidak akan melayani permintaan apapun jika peserta KP melebihi batas waktu yang ditentukan.

Kamu bisa datang ke kantor GAMELAB di Gedung Lantai 2 Kantor Educa Studio Jalan Gilingrejo No. 10 Kota Salatiga. Sebelumnya kamu harus membuat janji terlebih dahulu dengan memberitahukan dan mendapatkan persetujuan dan 2 orang yaitu Trainer (pembimbing industri) dan Admin (magang).

Catatan: di masa pandemi, kami sangat meminimalkan pertemuan langsung (luring). Harap maklum, pastikan pertemuan di kantor kami sudah mengikuti seluruh protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah.

Bisa, kamu dapat melakukan konsultasi dengan trainer kamu pada hari Jumat. Lakukan konfirmasi dengan trainer terlebih dahulu sebelum datang ke kantor Educa Studio. Jika kamu nekat langsung datang tanpa pemberitahuan, maka harus siap menerima resiko misalnya trainer atau admin magang sedang ada keperluan di luar kantor atau sedang ada meeting. Jika pertemuan kami tolak. 

Catatan: selama pandemi berlangsung, kami meminimalkan segala bentuk pertemuan tatap muka langsung (luring). Tatap muka bisa digantikan dengan Zoom Meeting atau Google Meet dengan membuat janji terlebih dahulu.

Peserta KP bisa mengajukan ketidak hadiran maksimal 1 bulan 1x dengan alasan yang bisa diterima adalah sebagai berikut: 

  1. Ada anggota keluarga yang meninggal dunia
  2. Ada keperluan ke kampus atau sekolah

Adapun prosedur pengajukan ketidakhadiran adalah sebagai berikut: 

  1. Peserta mengajukan ijin maksimal 3 hari sebelum Hari H
  2. Sertakan alasan yang jelas dan sesuai dengan 2 poin alasan yang diterima
  3. Peserta yang tidak mendapatkan approval dari trainer tetapi tetap tidak absen dan mengirimkan laporan dianggap membolos

Untuk sakit, harus menyertakan surat dokter. Jika tidak, maka akan dianggap membolos. 

Peserta dinyatakan TIDAK LULUS apabila peserta mendapati salah satu atau beberapa kondisi:

  1. peserta tidak mampu menyelesaikan kelas dan modul pelatihan
  2. peserta tidak ada progress yang signifikan setiap harinya
  3. peserta tidak menyelesaikan proyek studi kasus yang sudah diberikan trainer
  4. peserta tidak mau atau tidak mampu menyelesaikan proses administrasi dan finalisasi penyelesaikan proyek studi kasus
  5. peserta melakukan tindakan pelanggaran berat dan didiskualifikasi
  6. peserta memiliki rating DI BAWAH 4

Apa konsekuensi peserta yang dinyatakan TIDAK LULUS?

  • Tidak mendapatkan sertifikat magang
  • Tidak mendapatkan surat keterangan magang

Peserta KP dinyatakan DISKUALIFIKASI apabila peserta KP tidak ada progress yang signifikan setiap harinya, tidak melakukan proses pelaporan, penyelesaian kelas online atau proyek yang sesuai dengan SOP, melakukan tindakan indisipliner yang berlebihan.

Apabila ada peserta KP yang melakukan tindak indisipliner (tidak membalas chat atau diskusi di Group Belajar, tidak ada kabar, tidak ada laporan, susah untuk dihubungi dan kegiatan sejenis lainnya) sebanyak 3x, maka peserta KP akan secara otomatis gugur dan dinyatakan DISKUALIFIKASI. Hal ini dilakukan tanpa ada peringatan atau pemberitahuan terlebih dahulu supaya peserta KP memiliki rasa tanggung jawab. 

Secara otomatis, kalau peserta KP masuk ke daftar diskualifikasi akan di masukkan oleh sistem ke dalam daftar hitam. Selain tindakan indisipliner, berikut hal-hal yang membuat peserta Kerja Praktek langsung DIDISKUALIFIKASI

  1. Tidak mengikuti conference call yang sudah diberitahukan oleh pihak manajemen Gamelab.
  2. Tidak membalas chat atau komunikasi oleh pihak manajemen atau dari trainer

Untuk semua peserta kerja praktek (magang untuk tujuan akademis) dari SMK atau Perguruan Tinggi bisa meminta tanda tangan dan pengesahan laporan kerja praktek maksimal 1 bulan setelah masa KP selesai.

Setelah masa 1 bulan tersebut, kami sudah tidak dapat memberikan tanda tangan maupun pengesahan laporan KP. Hal ini dilakukan agar peserta kerja praktek disiplin dalam hal administrasi. Silakan untuk mencicil pembuatan laporan magang maksimal 7 hari sebelum magang selesai sehingga tidak ada jeda lebih dari 1 bulan untuk penyusunan laporan magang.

Mulai kisah suksesmu bersama GameLab

Bergabunglah bersama kami hari ini untuk meningkatkan skill dan kesempatan karirmu!