BERITA TUTORIAL Tutorial Membuat Button Futuristic Menggunakan CorelDRAW

Tutorial Membuat Button Futuristic Menggunakan CorelDRAW

Tutorial Membuat Button Futuristic Menggunakan CorelDRAW

Tema Futuristic memberikan nuansa teknologi canggih dan masa depan yang menarik kepada user

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Pembukaan

Dalam dunia desain grafis, tentu kita tidak asing dengan CorelDRAW. CorelDRAW merupakan sebuah software desain berbasis vektor yang dikembangkan oleh Corel Corporation, perusahaan software yang basisnya di Ottawa, Kanada. Buat yang belum tau apa itu vektor, vektor merupakan jenis gambar yang mana kalau diperbesar ukurannya tidak akan pecah.

CorelDRAW sering digunakan untuk membuat ilustrasi, logo, packaging, pamflet, kartu undangan, dan banyak desain berbasis vektor lainnya. Banyak tool untuk mengolah bentuk dan warna pada CorelDRAW yang membuat software ini menjadi salah satu favorit para desainer grafis. Di dunia percetakan, hampir semua menggunakan CorelDRAW sebagai standar software digunakan. Untuk membuat sebuah ilustrasi di software ini, diperlukan penguasaan tool yang cukup mumpuni. Artikel ini akan membahas cara membuat button set futuristic.

Apa itu Button?

Button merupakan perangkat user interface pada Android yang berupa tombol. Sebagai contoh, dengan button, user akan diberikan cara mudah untuk memicu sebuah kejadian atau peristiwa dalam sebuah  permainan atau game.

Button Set merupakan kumpulan dari beberapa button yang siap digunakan untuk membuat sebuah aplikasi maupun game. Biasanya terdiri dari button play, pause, music, audio, menu, exit, dan masih banyak lagi.

Apa itu Futuristic?

Futuristic digunakan untuk mengungkapkan sesuatu yang modern, masa depan, atau sesuatu yang belum pernah ada. Dalam dunia desain grafis, futuristik sering diekspresikan dengan warna warna terang yang mencolok. Warna-warna ini sering ditemui dalam konsep cyberpunk, genre sci-fi yang menampilkan kota-kota bernuansa masa depan dan penuh warna neon. Contoh lainnya, yaitu pada film TRON:Legacy, film yang disutradarai oleh Joseph Kosinski ini hampir menampilkan nuansa futuristic dari keseluruhan film.

 

Tips agar Desain Terlihat Futuristic

Seperti yang telah dibahas di atas, futuristic yaitu memberikan nuansa masa depan. Tips yang pertama yaitu gunakan warna yang mencolok, bias menggunakan warna neon. Kemudian bangunan bangunan yang ada pada ilustrasi buatlah berwarna gelap dengan cahaya mencolok juga. Jika ada object transportasi buatlah agar tampak lebih canggih dari transportasi saat ini. Kalian bisa mengambil referensi dari film film genre sci-fi, ataupun dari game yang bertemakan cyberpunk. Pengambilan warna sangat penting agar desain terlihat futuristic.

 

Langkah – Langkah Membuat Button Set Futuristic

1.     Cari Referensi Desain

Sebelum membuat sketsa, carilah referensi agar kita tidak terlalu bingung dan memiliki gambaran terlebih dahulu seperti apa desain yang akan kita buat.

gambar dar pixabay.com

2.     Buatlah Sketsa

Buat sketsa terlebih dahulu agar memudahkan pengerjaan button yang akan kita buat. Disini ada tiga sketsa button, button play, music, dan exit.

3.     Tracing Sketsa

Turunkan opacity dari sketsa yang telah dibuat kemudian kita lock agar sketsa yang dibuat tidak mengganggu pengerjaan tracing

Kemudian tracing menggunakan pen tool dan shape tool sedemikian rupa.

4.     Coloring

Mulailah memberi warna pada semua objek, pilih kombinasi warna yang sesuai. Warna ini sangat menentukan agar button yang dibuat terlihat futuristic. Sebagai contoh disini menggunakan kombinasi warna gelap, biru dan ungu neon.

5.     Detailing

Setelah memberikan warna tambahkan efek pantulan cahaya, pertama tambahkan lingkaran di paling atas kemudian buat transparansi nya menjadi gradasi. Setelah itu, tambahkan lingkaran putih sebagai cahaya

6.     Memberikan Nuansa Neon

Untuk memberikan nuansa neon, disini menggunakan efek blur. Copy objek button dengan warna neon, kemudian convert menjadi bitmap. Tambahkan efek blur, atur sesuai keperluan.

Selamat mencoba


Muhammad Fafa Alfian

Muhammad Fafa Alfian

Selasa, 16 November 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI