BERITA DESAINER GRAFIS Corel Draw Vs Adobe Illustrator

Corel Draw Vs Adobe Illustrator

Corel Draw Vs Adobe Illustrator

Tahukah kalian Gambar Vektor dalam dunia desain grafis, illustrasi maupun animasi sering digunakan? Dalam pembuatannya kalian pasti sering sekali mendengar aplikasi seperti Corel Draw dan Adobe Illustrator. Kira-kira apa sih bedanya dari kedua aplikasi te

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Hallo semuanya, gimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya. 

Gambar vektor dalam dunia desain grafis, illustrasi, maupun animasi sering digunakan. Berbagai macam aplikasi digunakan oleh para designer dan artist untuk membuat gambar vektor.

Gambar vektor adalah gambar yang dibuat menggunakan poligon atau merupakan perpaduan titik dan garis dengan menggunakan rumusan matematika. 

Dalam dunia industri aplikasi terkenal yang sering digunakan yaitu corel draw dan salah satu produk adobe yaitu adobe illustrator. Walaupun sama-sama membuat gambar vektor ada sedikit perbedaan. Kita akan membahas dan lebih mengenal kedua aplikasi tersebut.

Apa itu Corel Draw? Trus Adobe Illustrator itu apa?

Corel Draw adalah aplikasi editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel. Sedangkan Adobe illustrator atau lebih dikenal dengan Illustrator merupakan aplikasi grafik vektor juga buatan perusahaan Adobe. 

Kita bahas terlebih dahulu persamaan dari kedua aplikasi tersebut ya.

Corel dan Illustrator Sama?

1. Membuat Gambar Vektor

Seperti yang sudah dibilang di atas, keduanya sama sama menghasilkan gambar vektor. 

2. Multiple Artboards 

Sama sama memiliki artboards atau papan lukis yang bisa diperbanyak.

3. Area Kerja yang Luas

Area kerjanya tidak hanya di dalam artboards namun juga bisa di luar artboards.

4. Fitur

Fitur - fitur kedua aplikasi tidak jauh beda penggunaannya seperti adanya pen tool, rotate, scale, dll. Paling hanya beda shortcut saja, penggunaannya tetap sama saja.

5. User Friendly

Karena memiliki fitur yang sebelas dua belas, maka dari itu penggunaannya mudah di pahami. Jika paham illustrator maka corel draw juga paham dan sebaliknya walaupun dipakai pemula. 

6. Dapat di instal di Windows maupun macOS

Beberapa aplikasi desain hanya bisa digunakan di macOS atau juga bahkan tidak dapat digunakan di macOS. Corel dan Illustrator tidak seperti itu, keduanya bisa digunakan dalam sistem operasi Windows maupun macOS.

Baca Juga : Tutorial Pembuatan Flat Design Menggunakan Adobe Illustrator

Bedanya apa dari Corel dan Illustrator?

1. Dalam Pengaplikasian

Corel Draw lebih umum digunakan untuk membuat design blueprint, schematic, area map, dan design yang di cetak secara offset seperti brosur, undangan, dll. Sedangkan, Adobe illustrator lebih advanced dan ke arah menggambar berbagai variasi design seperti logo, illustrasi, design packaging, design UX, dll.

2. Bentuk Extensinya

Sudah sangat jelas ya kedua aplikasi memiliki ekstensi yang berbeda. Bentuk extensinya illustrator itu ai. sedangkan, corel draw cdr.

3. Segi Fungsionalitas

Bisa dibilang Adobe lebih unggul pada saat mendesain atau membuat gambar seperti kartun, ilustrasi, vexel. dll. Walaupun corel draw juga bisa namun lebih corel draw lebih ngutamain pekerjaan desain vektor yang mudah dimanipulasi dan dibuat.

4. Kualitas Warna

Dari segi warna Adobe memiliki kualitas warna cetak yang lebih bagus dan akurat dibanding dengan corel draw. Karena kualitas warna yang lebih bagus makanya adobe disaranin terutama dalam pembuatan logo. Terutama jika logo musti di cetak ke kertas. Warna pada illustrator lebih deep warnanya ketimbang dengan corel draw terutama hasil exportnya. Dan juga untuk gradient pada illustrator lebih kelihatan garis garis gradientnya ketimbang corel draw lebih halus.

5. Kompatibilitas Aplikasi 

Illustrator termasuk bagian dari adobe sehingga lebih kompatibel dengan adobe yang lainnya. Sedangkan Corel Draw sendiri bisa hanya saja lebih sulit untuk compatible dengan adobe lainnya.

Kesimpulannya sebenarnya Corel Draw dan Adobe Illustrator tidak memiliki banyak perbedaan. Sebenarnya kembali lagi tergantung dari kitanya sendiri. Mana yang lebih menguntungkan dan nyaman penggunaannya terutama dalam penguasaan software desain tersebut. Namun, bukan berarti menggunakan hanya cukup satu aplikasi saja. Cobalah aplikasi lainnya juga supaya bisa lebih fleksibel dalam bekerja.


Miquella Gabriel C. A. N.

Miquella Gabriel C. A. N.

Rabu, 15 Desember 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI