BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA 15 Peluang Karier SMK Desain Grafis

15 Peluang Karier SMK Desain Grafis

Oleh Rifka Amalia | Rabu, 23 Agustus 2023

15 Peluang Karier SMK Desain Grafis

Berikut merupakan peluang karier yang bisa dikerjar oleh siswa SMK jurusan Desain Grafis. Ada beberapa profesi di industri desain yang bisa dikembangkan untuk mencapai karier impian.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Peluang Karier SMK Desain Grafis - Ada yang sedang menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Desain Grafis? Desain Grafis merupakan salah satu studi di jurusan SMK yang mempelajari berbagai aspek desain grafis, mulai dari konsep dasar hingga keterampilan teknis untuk menciptakan konten visual.

Studi ini biasanya masuk dalam jurusan Desain Komunikasi Visual atau berdiri sendiri pada jurusan Desain Grafika. Kira-kira, setelah lulus dari jurusan Desain Grafis, bisa bekerja jadi apa saja ya? Inilah 15 peluang karier SMK Desain Grafis.

1. Desainer Grafis

Tentu saja, kamu bisa bekerja sebagai seorang desainer grafis. Desainer grafis adalah individu yang bertanggung jawab untuk merancang materi visual menggunakan elemen-elemen desain seperti gambar, tipografi, warna, dan bentuk, dengan tujuan menyampaikan pesan, informasi, atau konsep tertentu kepada audiens. Seorang desainer grafis dapat bekerja di berbagai industri, seperti perusahaan teknologi, media, periklanan, dan lainnya.

2. Animator

Animator adalah profesional yang menciptakan gambar bergerak atau animasi dengan menggunakan serangkaian gambar atau objek dalam urutan tertentu. Profesi animator umumnya berhubungan dengan industri kreatif, seperti animasi film, televisi, permainan video, iklan, dan media digital.

Lulusan SMK Desain Grafis memiliki dasar yang kuat dalam desain visual, penggunaan perangkat lunak desain, dan pemahaman mengenai prinsip komposisi. Pengetahuan tersebut bisa menjadi modal untuk mengembangkan keterampilan animasi dan berkarier sebagai seorang animator.

3. Ilustrator

Keterampilan desain, penggunaan software grafis, dan pemahaman mengenai visualisasi yang dimiliki seorang lulusan SMK Desain Grafis juga bisa mendorong individu untuk berkecimpung sebagai seorang ilustrator.

Hal-hal lain yang perlu dipelajari untuk mengejar karier sebagai seorang ilustrator adalah memahami prinsip-prinsip ilustrasi, mengembangkan keterampilan gambar tangan, mempelajari ilustrasi digital, mengembangkan gaya visual, dan lainnya.

4. Desainer Web

Kemampuan mendesain juga bisa menjadi landasan seseorang berkarier sebagai Web Designer atau Desainer Web. Tentu saja, ada hal-hal lain yang perlu kamu kembangkan untuk mengejar profesi tersebut. Di antaranya dengan mempelajari desain web, mempelajari bahasa pemrograman HTML dan CSS, memahami responsif design, memahami perangkat lunak desain web, dan lainnya.

5. Desainer UI/UX

Pemahaman mengenai prinsip-prinsip desain dan kreativitas visual bisa mengantarkan lulusan SMK Desain Grafis untuk menjadi seorang Desainer UI/UX atau UI/UX Designer. Dua profesi ini kerap bekerja secara kolaboratif untuk membangun produk atau layanan digital yang seimbang dan efektif.

UI Designer adalah profesional yang bertugas merancang antarmuka visual dari sebuah website, aplikasi, maupun perangkat lunak. Seorang UI Designer berfokus pada aspek estetika antarmuka produk agar terlihat menarik, kohesif, dan sesuai identitas merek.

Sementara UX Designer adalah profesioal yang bertugas merancang pengalaman pengguna secara keseluruhan pada saat berinteraksi dengan produk atau layanan digital. Seorang UX Designer harus memahami keburuhan, preferensi, dan masalah yang dihadapu pengguna.

6. Desainer Motion Grafis

Seorang lulusan SMK Desain Grafis juga bisa berkarier menjadi Desainer Motion Grafis, yakni profesional yang merancang animasi grafis atau grafis bergerak untuk berbagai media, termasuk film, televisi, iklan, video musik, media sosial, dan lainnya.

Profesional di bidang ini bekerja dengan menggabungkan elemen desain grafis, animasi, dan efek visual untuk menciptakan karya yang dinamis, dapat menyampaikan pesan, cerita, atau konsep dengan cara yang kreatif dan memikat.

7. Creative Director

Creative Director adalah profesional di bidang industri kreatif yang berperan mengarahkan dan mengelola tim kreatif, serta mengembangkan konsep, ide, dan strategi kreatif untuk proyek-proyek tertentu.

Creative Director juga merupakan pemimpin dan pengambil keputusan utama dalam aspek kreatif dalam berbagai bidang, termasuk desain grafis, periklanan, pemasaran, film, televisi, dan media lainnya.

Tugas lain dari Creative Director adalah memahami pasar dan tren, mengawasi produksi, mengelola proyek, menjadi sumber inspirasi dan membawa kreativitas tinggi di setiap proyek, memahami bisnis, mengawasi pengembangan merek, dan lainnya.

Peluang Karier SMK Desain Grafis - GAMELAB.ID

8. Desainer Ads

Prospek lain bagi lulusan SMK jurusan Desain Grafis adalah bekerja sebagai seorang Desainer Ads, yakni profesional yang bertugas merancang dan menciptakan iklan visual yang menarik dan efektif untuk beragam platform dan media.

Seorang Desainer Ads bertanggung jawab untuk merancang iklan, memahami tujuan iklan, mengidentifikasi audiens, menyesuaikan desain dengan platform, berinovasi dalam kreativitas untuk menciptakan visual yang menarik, dll.

9. Desainer Media Sosial

Pemahaman tentang desain grafis juga dibutuhkan untuk menjadi seorang Desainer Media Sosial atau Social Media Designer, yakni profesional yang bekerja di industri kreatif dan bertugas menciptakan konten visual meliputi desain grafis, ilustrasi, video singkat, dan elemen lainnya untuk menarik perhatian audiens di berbagai platform media sosial.

Dalam lingkungan media sosial yang penuh dengan informasi dan konten, peran seorang Desainer Media Sosial sangat penting untuk membuat konten yang menonjol dan berdampak.

10. Desainer Kemasan

Desainer Kemasan atau Packaging Designer adalah profesional yang berfokus merancang kemasan suatu produk. Pengetahuan tentang desain grafis dapat membantumu menciptakan desain kemasan yang menarik, fungsional, dan mencerminkan identitas merek atau produk. Dalam pemasaran, kemasan merupakan peran yang sangat penting untuk mempenngaruhi bagaimana produk dilihat, diingat, dan dipahami konsumen.

11. Desainer Logo

Belajar desain grafis tentu dapat mengantarkanmu menjadi seorang Logo Designer atau Desainer Logo. Ini merupakan profesi di industri desain yang berfokus pada merancang logo yang unik, relevan, dan mudah diingat untuk mewakili identitas, merek, atau organisasi.

Logo sendiri merupakan elemen desain yang sangat penting karena dapat mengkomunikasikan pesan, nilai, dan karakteristik suatu merek dengan cepat dan efektif.

12. Product Developer

Seorang Product Developer merupakan profesional yang terlibat dalam pengembangan produk dari tahap konseptual hingga peluncuran. Mereka bertugas mengkoordinasikan dan mengelola berbagai aspek dalam pengembangan produk, termasuk perencanaan, desain, produksi, dan peluncuran produk.

Profesional di bidang ini memainkan peran kunci dalam proses menghadirkan produk yang berhasil di pasar, dengan memadukan kreativitas, pengetahuan teknis, dan pemahaman mendalam tentang kebutuhan konsumen.

13. Desainer Multimedia

Desainer Multimedia adalah profesional yang bertugas menciptakan konten multimedia termasuk gambar, grafis, video, audio, animasi, dan interaktif untuk beragam platform seperti website, media sosial, aplikasi, presentasi, dan lain-lain.

Mereka berfokus pada menggabungkan elemen-elemen ini untuk menciptakan pengalaman multimedia yang menarik dan informatif. Tugas utama seorang Desainer Multimedia adalah menghasilkan konten yang tidak hanya estetis, tetapi juga efektif dalam menyampaikan pesan dan tujuan yang ingin dicapai.

14. Desainer Interior

Desainer Interior adalah profesional di industri desain yang fokus merancang dan menciptakan ruang dalam (interior) yang fungsional, estetis, dan sesuai kebutuhan klien.

Meskipun tidak memiliki latar pendidikan desain interior secara langsung, lulusan SMK dapat mengembangkan pengetahuan desain yang didapatkan semasa sekolah melalui pendidikan lanjutan atau pendidikan non formal seperti pelatihan untuk mengejar karier sebagai Desainer Interior.

15. Guru/Pengajar

Lulusan SMK desain grafis juga bisa mengejar karier sebagai seorang guru atau pengajar. Untuk mencapainya, kamu mungkin perlu melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih lanjut untuk posisi pengajar, pasalnya seorang calon guru ada baiknya tidak lelah untuk belajar. Ilmu yang kamu terima selama belajar di SMK jurusan Desain Grafis dapat kamu salurkan kepada anak didikmu di masa depan.

Peluang Karier SMK Desain Grafis - GAMELAB.ID

Baca Juga : UKK RPL SMK NU Dolopo Mendapat Sentuhan Industri dengan Kolaborasi Gamelab Indonesia

Penutup

Lulusan SMK jurusan desain grafis memiliki peluang yang tak terbatas untuk berkarier dalam dunia desain dan kreativitas. Dengan keahlian dalam perangkat lunak desain dan kemampuan memahami estetika visual, kamu bisa memfokuskan minatmu pada suatu bidang dan mengembangkan keterampilan untuk mengejar karier impian di bidang desain.

Penting untuk terus mengasah keterampilan dan tetap memantau tren terbaru dalam industri desain grafis. Kamu bisa mengikuti pelatihan untuk memperluas wawasan, mengembangkan portofolio, dan membangun jaringan dengan profesional. Untuk mencapainya, kamu bisa mengikuti kelas desain di GAMELAB.ID.

Ada berbagai pilihan kelas yang dapat menunjang keterampilanmu di bidang desain. Yuk, daftar sekarang. Informasi mengenai kelas desain grafis dapat kamu tanyakan melalui link ini.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Rabu, 23 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI