BERITA WORKSHOP Memahami Perbedaan Workshop, Training dan Seminar

Memahami Perbedaan Workshop, Training dan Seminar

Memahami Perbedaan Workshop, Training dan Seminar

Workshop, Training, dan Seminar sejatinya memiliki definisi dan tujuan yang berbeda. Ketiga kegiatan tersebut memang sekilas sama dan banyak orang yang kadang salah mengartikan kegiatan-kegiatan tersebut.

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Workshop, Training, dan Seminar sejatinya memiliki definisi dan tujuan yang berbeda. Ketiga kegiatan tersebut memang sekilas nampak sama dan banyak orang yang kadang salah menyebut ataupun mengartikan ketiga kegiatan tersebut. Dari ketiga kegiatan tersebut memiliki definisi, tujuan, manfaat dan target audience yang berbeda satu sama lainnya. Dalam artikel ini akan dijelaskan tentang perbedaan workshop, training dan seminar agar kalian dapat memahami perbedaan ketiganya. Dengan memahami ketiganya diharapkan kalian dapat memilih kegiatan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kalian nantinya.

Workshop
 

Workshop : Kegiatan workshop dipimpin oleh moderator

Beberapa dari kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan kegiatan ini. Workshop atau sebagian orang menyebutnya lokakarya merupakan sebuah kegiatan yang pesertanya memiliki tujuan untuk mencari solusi guna memecahkan suatu masalah. Dalam kelas workshop biasanya narasumber akan memaparkan dari teori dan konsep, logika serat menyatukan persepsi dari semua peserta untuk bisa memecahkan masalah, sehingga bisa menemukan solusi yang diinginkan oleh peserta.

Pembahasan dalam kelas workshop biasanya bersifat ilmiah dan namun ada bagian dari sesi workshop yang diisi dengan praktik. Peserta dalam workshop akan diminta untuk mencari solusi dari masalah yang dihadapi dengan menggunakan berbagai konsep yang telah dipaparkan dalam workshop.

Dalam beberapa informasi yang beredar, workshop dapat dilakukan selama kurang lebih minimal 2 hingga 3 hari sesuai dengan materi yang sedang disampaikan. Workshop biasanya dilakukan kurang lebih selama 5 hingga 9 jam dalam sehari, lagi-lagi sesuai dengan kebutuhan dan banyaknya materi yang disampaikan.

Peserta dalam workshop biasanya adalah orang yang sudah dalam tahap serius untuk mendalami bidang yang dipaparkan, karena dalam suatu workshop tidak hanya berisi pemaparan materi namun sudah lebih jauh yaitu berupa praktik untuk memecah masalah atau mencari solusi dari masalah yang dihadapi atau masalah yang dibahas dalam workshop.



Training

Training : Kegiatan training

Banyak yang salah mengartikan training dengan workshop. Training atau pelatihan merupakan proses pendidikan pendek yang dilakukan secara sistematis dan terorganisir. Kegiatan training atau pelatihan dirancang untuk mengembangkan sumber daya manusia melalui kegiatan identifikasi, pengkajian dan juga proses belajar yang terencana. Training dapat dijadikan sebagai sarana yang berfungsi untuk memperbaiki masalah kinerja organisasi, seperti efektivitas, efesiensi dan juga produktivitas.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti training biasanya tidak sedikit tergantung dari materi yang diambil, untuk itu training bisanya dilakukan oleh orang yang benar-benar ingin menjadi praktisi atau dapat langsung mempraktekkan hasil dari ilmu tersebut. Mulai dari orang awam hingga spesifik orang yang memang sudah memiliki kemampuan namun ingin menambah skillnya.

Training rata-rata dilakukan selama kurang lebih 6 hingga 9 jam per hari atau bahkan hingga 12 jam. Biasanya dilakukan lebih dari 1 hari untuk memaksimalkan ilmu dan materi yang diberikan sesuai dengan materi atau kompetensinya. Banyak training yang dilakukan bahkan hingga 1 bulan agar memaksimalkan materi yang diajarkan.


Seminar

Seminar : Seminar dipimpin oleh moderator

Jika tadi sudah membahas tentang workshop, maka sekarang kita akan membahas seminar. Workshop dan Seminar, banyak orang yang salah mengartikan keduanya, karena secara kegiatan atau acara terlihat hampir serupa namun sama sekali berbeda. Jika pada workshop peserta haru smenyalesaikan masalah yang muncul atau mencari solusi dari permasalahan yang sedang dihabas dalam workshop, berbeda halnya dengan seminar. Seminar biasanya hanya berupa menyampaian informasi atau sebatas perkenalan saja. 

Pada umumnya seminar bertujuan untuk menanam ide ataupun benih-benih pengetahuan baru, sehingga peran moderator menjadi sangat penting dalam sebuah seminar. Ide ataupun benih-benih pengetahuan yang telah disampaikan oleh moderator biasanya dapat dipelajari lagi dengan lebih lengkap dengan mengikuti workshop.

Ada juga yang menyebutkan bahawa seminar merupakan bagian dari perkenalan dari suatu program yang di lakukan sudatu perusahaan, diaman perusahaan tersebut akan melakukan kegiatan yang lebih detail seperti workshop. Biasanya kegiatan workshop didahului dengan acara seminar.

Acara seminar biasanya memiliki biaya yang lebih sedikit dibandingkan dengan acara workshop. Untuk waktu pelaksanaanya pun tergolong lebih cepat dibandingkandnegan acara workshop maupun training. Biasanya seminar dilakukan selama kurang lebih 1 hingga 3 jam saja dan berisis pemaparan singkat atu perkenalan atau penyampaian informasi singkat oleh moderator.


Tujuan, Target dan Durasi Workshop, Training, dan Seminar

Jadi dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara Workshop, Training dan Seminar mempunyai perbedaan signifikan pada tujuan acara, peserta acara, lama atau durasi dari acara tersebut. Untuk secara singkatnya dapat dilihat sebagai berikut ini :

Tujuan Acara 

  • Workshop : mencari solusi dari masalah yang diangkat menjadi topik, peserta diminta untuk mencari solusi melalui konsep yang telah dipaparkan dalam workshop.
  • Training : melatih peserta menjadi lebih profesional dengan pelatihan yang dilakukan secar intensif selama beberapa waktu tertentu hingga mencapai tujuang tertentu.
  • Seminar : pemaparan materi berupa informasi ataupun perkenalan sebuah program kepada peserta secara umum, tujuannya bisa untuk mengajak peserta.

Peserta Acara

  • Workshop : peserta merupakan seseorang yang sudah secara signifikan menguasai materi atau yang sedang mempelajari materi lebih dalam lagi. Namun bisa juga orang awam.
  • Training : Peserta berupa orang yang menginginkan skill sebagai seorang profesional atau paling tidak seseorang yang menguasai materi tersebut daningin menjadi lebih  profesional.
  • Seminar : peserta biasamya merupakan orang umum atau orang awam.

Durasi Acara

  • Workshop : acara biasanya dilakukan 1 hingga 3 hari tergantung topik yang diangkat dengan durasi 5 hingga 9 jam sehari.
  • Training : acara bisa berdurasi lama sesuai dengan kompetensi atau materi yang dalampelatihan tersebut. Biasanya bisa lebih dari 1 hari hingga 1 minggu.
  • Seminar : acara cukup singkat, hanya 1 hingga 3 jam sesuai topik yang dibawakan.

Dari kesimpulan diatas dapat kita pahami bahwa Workshop, Training, dan Seminar sebenarnya berbeda, baik dari tujuan, peserta, dan durasi acara sudah sangat berbeda. Dengan memahami perbedaan tersebut diharapkan kalian dapat dengan baik untuk memutuskan mengikuti acara yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Jika kalian sedang mencari Workshop Pengembangan Game dan Website atau seputar IT yang berkualitas, bisa banget untuk ikutan workshop yang ada di Game Lab Indonesia saat ini lho. Tenang saja, workshop di Game Lab akan didampingi trainer yang berkualitas langsung dari industri.

Masih ragu-ragu? Yuk hubungi kami untuk dapatkan banyak benefit dengan bergabung bersama kami di WORKSHOP GAME LAB INDONESIA.


Sumber :

  • http://hipnotis.xyz/seminar-training-pelatihan-workshop-talkshow/
  • http://enthrean.com/ini-dia-cara-memahami-beda-workshop-dan-pelatihan/
  • https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-training-pelatihan-tahap-pelatihan/
  • https://id.quora.com/Apa-perbedaan-antara-seminar-dan-loka-karya-workshop

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

workshop pelatihan magang
Febriani Sari

Febriani Sari

Senin, 23 September 2019