BERITA PROGRAMMING Belajar Web: Apa Itu Landing Page?

Belajar Web: Apa Itu Landing Page?

Oleh Yeni Solikah | Kamis, 25 November 2021

Belajar Web: Apa Itu Landing Page?

Landing Page, sebuah istilah yang sudah tidak asing lagi di dalam dunia digital marketing dan media sosial. Atau jangan-jangan kamu belum tahu apakah itu Landing Page?

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Landing Page, sebuah istilah yang sudah tidak asing lagi di dalam dunia digital marketing dan media sosial. Atau jangan-jangan kamu belum tahu apakah itu Landing Page? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa sebenarnya yang dimaksud dengan Landing Page. 

Apa itu Landing Page?

Landing Page adalah halaman pada website yang didesain mandiri untuk mengarahkan user ke halaman khusus yang berisi informasi lebih detail dan spesifik akan suatu produk, penawaran, layanan dan masih banyak lagi. Landing Page didesain secara mandiri karena terpisah dari website utama dengan tujuan agar user melakukan sesuatu atau aksi sesuai harapan. Pada Landing Page inilah user ‘mendarat’ sebelum melakukan transaksi, mengisi formulir atau memahami informasi yang disediakan. 

 

https://www.gamelab.id/kelaskreator

Jenis-Jenis Landing Page

Landing Page Click Through

Berisi informasi detail dari sebuah penawaran produk atau layanan yang disertai tombol sederhana yang terhubung langsung dengan halaman registrasi atau transaksi, seperti "Daftar Sekarang" 

Landing Page Lead Generation

Berfungsi untuk mengumpulkan data-data calon pelanggan atau pengunjung. Biasanya data tersebut berbentuk nama dan alamat email, sehingga dapat digunakan kedepannya untuk memberi info akan produk baru, diskon dan lain sebagainya.

Keuntungan dan Manfaat Landing Page

Dengan adanya landing page tentu saja tidak lepas dari berbagai macam keuntungan dan fungsi yang akan didapatkan. Tak hanya sekadar menjadi tempat pengunjung untuk ‘mendarat’ berikut beberapa keuntungan dengan adanya landing page  :

Lebih Mudah Mendapatkan Data Pengunjung 

Ini merupakan salah satu metode yang efektif untuk mendapat data pengunjung atau user, karena biasanya di dalam landing page terdapat fitur untuk memasukkan email dengan tujuan registrasi, sehingga kedepannya kamu dapat mempromosikan produk atau layanan milikmu melalui email-email yang telah terdaftar.

Lebih Mudah Menyampaikan Informasi

Dengan menu terbatas yang hanya berisikan penawaran, informasi produk atau pelayanan, diskon dan hal-hal spesifik memungkinkan pengunjung untuk membeli dan melakukan pembayaran, sehingga dapat meningkatkan keuntungan berpromosi dan pemasaran dengan adanya landing page.

Promosi yang Lebih Murah

Pada umumnya perintis bisnis online banyak menguras biaya untuk membayar fitur-fitur pada media sosial, website orang lain bahkan endorse selebriti ternama untuk mempromosikan produknya. Sedangkan jika kamu memanfaatkan jaringan PPC (Pay Per Click) dan media sosial lainnya dengan menyertakan landing page milikmu, biaya promosi akan lebih murah dan dapat meningkatkan konversi kunjungan landing page.

Baca Juga : Cara Menjadi Front-End Developer

Beberapa Tools Untuk Membuat Landing Page 

Zyro Website Builder

Dengan Zyro kamu dapat membuat single landing page dengan mudah dan praktis karena tersedia template-template yang dapat dikostum sesuai dengan keinginan kamu. 

https://zyro.com/id?_ga=2.46578466.481215206.1637806068-1087990805.1636357941

GetShayna

Merupakan sebuah tools yang disediakan oleh https://buildwithangga.com/ dimana user dapat membuat landing page secara gratis. Di dalamnya kita dapat menambahkan element atau komponen yang sudah disediakan hanya dengan sekali 'klik'. Nantinya dari template yang sudah kita susun dapat diexport menjadi file Bootstrap maupun Tailwind. Lebih kerennya lagi template yang sudah kita buat/export dapat kita jual kembali secara bebas.

https://elements.buildwithangga.com/

WordPress

WordPress juga merupakan salah satu tools yang efektif, mudah dan sudah ternama. Dengan WordPress kamu tidak hanya dapat membuat landing page tetapi juga website pribadi kamu. Kunjungi https://wordpress.com/ lalu kustom landing page sesuka kamu. 

https://wordpress.com/

Jadi, apakah kamu tertarik untuk memiliki landing page milikmu sendiri? Semoga dengan informasi di atas mudah dimengerti dan dapat berguna untuk semestinya. 

 

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Yeni Solikah

Yeni Solikah

Kamis, 25 November 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI