BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Memahami Pentingnya Tipografi dalam Desain

Memahami Pentingnya Tipografi dalam Desain

Oleh Dea Vinta Permata Efendi | Rabu, 1 Desember 2021

Memahami Pentingnya Tipografi dalam Desain

Dibalik layar, desainer dari teks tertulis juga perlu meluangkan waktu untuk memikirkan hubungan antara tampilan teks dengan apa yang ingin disampaikan oleh teks tersebut. Oleh karena itu tipografi menjadi sangat penting untuk dipahami.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Tipografi pasti sudah tidak asing lagi di telinga seorang desainer grafis. Menata huruf dengan indah sehingga mudah dan enak untuk dilihat membutuhkan teknik yang satu ini. 

Selain digunakan dalam bidang desain grafis, tipografi juga banyak digunakan dalam bidang lain seperti sastra dan seni murni. Dalam bidang sastra, digunakan untuk memperindah tulisan dalam puisi. Sedangkan dalam seni murni, tipografi berfungsi mengubah huruf beserta fungsinya menjadi sebuah karya. 

Sebelum memahami lebih jauh pentingnya tipografi dalam sebuah desain, mari kita mulai dari dasarnya terlebih dahulu. 

Apa Itu Tipografi?

Tipografi merupakan sebuah seni mengatur huruf dan teks sedemikian rupa sehingga mudah untuk dibaca dengan jelas dan menarik pembaca secara visual. Tipografi melibatkan gaya font, tampilan serta struktur yang bertujuan untuk memperoleh emosi dan pesan tertentu di mata pembaca. Singkatnya, tipografi adalah sebuah teknik untuk menghidupkan teks. 

Sebelum era digital, tipografi merupakan sebuah seni khusus yang digunakan dalam buku bacaan, majalah dan berbagai teks yang ditampilkan di publik. Lalu seiring berjalannya modernisasi, tipografi kini sering dikaitkan dengan dunia digital dan cetak. Ditambah dengan munculnya internet yang membuat seni kreatif tipografi menjadi makin populer. Seketika para desainer web memiliki banyak pilihan dan jenis font yang membuat tipografi makin beragram dari waktu ke waktu.

Baca Juga : Mepertajam Ilmu Desain Grafis, SMK Ma'arif Sudimoro Melaksanakan UKK bersama Gamelab Indonesia

Mengapa Tipografi Itu Penting?

Tidak hanya sekedar memilih font yang bagus saja. Penggunaan tipografi yang baik akan membentuk sebuah hierarki visual yang kuat. Contohnya ketika membuat sebuah desain antarmuka sebuah website, tipografi akan memberikan keseimbangan grafis secara keseluruhan pada produk yang ditampilkan dalam sebuah website. Dengan teknik ini juga kamu dapat mengoptimalkan keterbacaan dan memberikan pengalaman yang baik kepada pengunjung websitemu. Lebih dalamnya adalah sebagai berikut:

1. Menarik Perhatian Pembaca

Ketika seseorang melihat sebuah iklan yang memuat teks didalamnya tipografi akan menarik perhatian pembaca dalam hal ini target audiens melalui font-font dan penempatan tulisan beserta visual yang bagus. 

Sama halnya untuk desain antarmuka sebuah website, tipografi akan membuat pengunjung betah untuk berlama-lama karena rangsangan visual yang mudah diingat. Oleh karena itu tipografi memiliki peran yang sangat penting dalam proses ini.

2. Membuat Teks Lebih Mudah Dipahami dan Dimengerti

Meskipun kadang terlihat ribet dan rumit, penggunaan tipografi justru akan membuat teks lebih mudah dipahami dan dimengerti. Bahkan bisa menciptakan kesan tersendiri baik dari segi bentuk atau yang lainnya.

3. Membangun Pengenalan Sebuah Merek

Setiap jenis font memiliki pengaruh pada kekuatan bisnis dengan caranya masing-masing. Penggunaan tipografi yang unik dan konsisten akan membuat sebuah merek punya kesan tersendiri di mata audiens. Oleh karena itu terdapat banyak jenis tipografi sebab masing-masing dari tipografi akan mewakili suasana dan memberikan kesan yang berbeda-beda melalui sebuah desain.

Ketika audiens melihat sebuah desain, maka ia akan berusaha memahami dengan menangkap pesannya. Jadi, desainer menggabungkan font dan gaya pada teks tersebut untuk mengatur sajian dalam menyampaikan pesan secara visual.

4. Mempengaruhi Pengambilan Keputusan

Tipografi memiliki efek yang mendalam kepada cara pengguna mencerna dan memahami informasi yang disampaikan oleh teks. Jenis tipografi yang bagus akan jauh lebih persuasif sehingga akan mempengaruhi pembaca untuk melakukan tindakan atas teks tersebut.

5. Menambah Nilai Estetika

Kesan keindahan dalam rangkaian huruf yang apik juga tak kalah pentingnya. Tujuannya adalah untuk menciptakan suasana yang indah, untuk mendukung sebuah teks.

Nah, sekarang sudah memahami pentingnya tipografi, bukan? Tipografi cenderung dibaikan fungsi dan kegunaannya meski sebenarnya menjadi salah satu komponen paling penting yang harus ada dalam desain. Kemampuan tipografi yang baik, akan membantumu jadi desainer profesional yang bisa dijadikan modal untuk berkarir di bidang desain.


Dea Vinta Permata Efendi

Dea Vinta Permata Efendi

Rabu, 1 Desember 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI