BERITA TEKNOLOGI Internet of Things (IoT) dan Implementasi dalam Perkembangan Sektor Industri

Internet of Things (IoT) dan Implementasi dalam Perkembangan Sektor Industri

Oleh Yemima Kristina Kolondam | Jumat, 10 Desember 2021

Internet of Things (IoT) dan Implementasi dalam Perkembangan Sektor Industri

Apa itu Internet of Things (IoT)? Bagaimana implementasi IoT dalam perkembangan sektor industri?

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Pengertian Internet of Things (IoT)

IoT atau Internet of Things didefinisikan ke dalam beberapa pengertian.

  • Pertama, IoT adalah semua perangkat fisik (smartphone, laptop, komputer, smartwatch, dsb) yang terhubung ke dalam internet dan saling berbagi dan memperoleh data.
  • IoT juga didefinisikan sebagai teknologi pada perangkat fisik atau kecerdasan digital, seperti sensor, software dan teknologi lainnya, yang memungkinkan perangkat terhubung dengan internet.
  • Secara fungsi, IoT adalah bagaimana menghubungkan perangkat dengan internet untuk menghasilkan komunikasi antara mesin dan jaringan, atau sering juga disebut M2M (Machine to Machine) untuk memperoleh data atau menjalankan fungsi tertentu.

Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Internet of Things (IoT) mencakup perangkat fisik, teknologi penghubung, jaringan internet, dan proses dalam jaringan yang bertujuan untuk memperoleh data atau menjalankan fungsi tertentu dengan lebih cepat dan efisien, karena berbasis internet yang dijalankan secara otomatis dan real-time oleh sistem dengan kecerdasan buatan.

Penerapan IoT tidak terbatas digunakan pada industri teknologi, melainkan juga dapat dan sudah diimplementasikan dalam sektor industri lain.

Implementasi Internet of Things (IoT)

Manufaktur

Dalam sektor manufaktur, penerapan IoT bermanfaat banyak dalam pemantauan produksi dan pemeliharaan produk (output). Misalnya, dengan adanya “sensor gangguan” sistem akan dengan cepat mendeteksi produk yang cacat atau gagal, sehingga meningkatkan performa perusahaan. Penerapan seperti ini juga meminimalisir biaya produksi dan meningkatkan efisiensi waktu.

Ritel

Penerapan IoT dalam sektor ritel dapat membantu mendata preferensi dan perilaku pelanggan, sehingga perusahaan dapat meningkatkan pengalaman belanja pelanggan dengan menyediakan layanan yang sesuai dengan data. Selain itu, perusahaan juga dapat dengan mudah melacak letak dan jumlah produk yang hampir habis, dsb.

Energi

Fasilitas pengolahan energi yang letaknya biasanya terpencil seperti ladang minyak/gas dapat menggunakan teknologi IoT untuk memudahkan pemantauan dan pemeliharaan fasilitas dengan menggunakan drone disertai kamera pengawas. IoT juga dapat menghasilkan teknologi dengan sensor cahaya sebagai sumber listrik atau koneksi internet.

Transportasi dan Komunikasi

Implementasi IoT dalam penyediaan transportasi misalnya seperti peneyediaan informasi ketersediaan alat transportasi dan pengemudi, atau navigasi rute perjalanan seperti traffic dan kondisi cuaca. Teknologi IoT juga dapat digunakan misalnya pada rel kereta api. Dengan adanya kamera dan sensor pengawasan, perusahaan dapat memantau apakah kereta ada pada jalur yang tepat dan memonitor kelayakan fasilitas apakah masih aman digunakan.

Sedangkan, dalam layanan komunikasi, penerapan IoT dapat membantu perusahaan mengetahui produk seperti apa yang dibutuhkan dan dinginkan konsumen berdasarkan data penggunaan. Sehingga perusahaan dapat membuat invoasi produk baru yang dapat bersaing dengan kompetitornya.

Pendidikan dan Kesehatan

Teknologi IoT dalam sektor pendidikan dan kesehatan dapat sangat membantu meningkatakn kualitas pembelajaran dan layanan kesehatan masyarakat. Dalam sektor pendidikan, penerapan IoT dapat menghasilkan teknologi dengan pembelajaran yang lebih interaktif, mempermudah presensi dengan penggunaan sensor, dan memberi akses monitoring yang mudah bagi guru bahkan orang tua.

Begitupun dalam sektor kesehatan. Teknologi IoT, memungkinkan akses layanan kesehatan dapat dijangkau dengan lebih mudah bagi lebih banyak orang. Seorang dapat menerima perawatan dari jarak jauh, sehingga penanganan dapat lebih cepat dan mengurangi biaya perjalanan/rawat inap. Selain itu, pengolahan data juga lebih akurat dibandingkan proses manual yang rawan keliru.

Layanan Publik dan Keamanan

Banyak layanan publik yang dapat dipermudah dengan implemetasi IoT. Beberapa diantarnya seperti, pemberitahuan pemadaman massal dan penyaluran sumber daya cadangan, pemberitahuan gangguan aliran air atau listrik, peringatan bencana alam, pelacakan pengiriman (paket), dsb.

Keamanan dalam masyarakat bahkan keamanan militer juga dapat ditingkatkan dengan adanya pengawasan CCTV serta radar dan satelit.

Komponen Internet of Things (IoT)

Berikut beberpa komponen penting dalam teknologi IoT.

1. Device

Device atau perangkat adalah semua alat elektronik yang bisa terkoneksi dengan jaringan internet. Ciri khas dari perangkat IoT adalah yang  berukuran kecil, portable dan canggih.

2. Konektivitas

Konektivitas adalah penghubung perangkat dengan jaringan seperti kabel, Bluetooth dan Wi-Fi.

3. Artificial Intelligence (AI)

AI adalah otak dari perangkat. AI berfungsi menerjemahkan data yang ditangkap sensor, memproses data tersebut dan menentukan hasil berupa data atau fungsi tertentu.

4. Sensor

Sensor adalah komponen yang menangkap objek (jaringan pasif) menjadi sistem aktif yang kemudian diolah menjadi data atau perintah. Sensor adalah yang mewujudkan komunikasi antara objek dengan sistem.

5. Aktuator

Berkebalikan dengan sensor yang menangkap data, aktuator berfungsi menjalankan perintah dalam bentuk tindakan.

Contoh alur kerja IoT:

Misalnya, sebuah Smart AC (perangkat yang suda terhubung dengan jaringan internet) akan mendeteksi suhu ruangan real-time dengan sensor. Data dari sensor kemudian diterjemahkan oleh AI secara spesifik berupa berapa suhu ruangan saat itu. Kemudian, data diolah lagi untuk menentukan berapa suhu AC yang sesuai dengan suhu ruangan. Setelah angka yang sesuai muncul, aktuator bertindak sesuai data perintah untuk menaikkan/menurunkkan suhu AC.

Baca Juga : SMK Negeri 2 Surabaya Raih Pengalaman Berharga dalam Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Penutup

Teknologi Internet of Things sudah cukup banyak digunakan dalam berbagai sektor industri. Dengan banyak manfaat dalam akses, kemudahan, dan akselerasi yang ditawarkan, IoT menjadi pilihan yang menguntungkan dalam mengembangkan produk maupun meningkatkan layanan dalam masyarakat. Apakah implementasi IoT akan lebih cepat diserap banyak sektor dengan teknologi yang makin canggih saat ini? Gimana menurut kalian?


Sumber Referensi:


Yemima Kristina Kolondam

Yemima Kristina Kolondam

Jumat, 10 Desember 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI