BERITA GAMIFICATION Gamifikasi Untuk Workshop Yang Lebih Menyenangkan

Gamifikasi Untuk Workshop Yang Lebih Menyenangkan

Gamifikasi Untuk Workshop Yang Lebih Menyenangkan

Gamifikasi dapat diterapkan pada workshop agar lebih menyenangkan dengan tingkat keberhasilan workshop semakin tinggi

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Tim GameLab Indonesia lagi-lagi membahas tentang gamifikasi. Lagi??? Eiits jangan salah, bab tentang gamifikasi tidak ada habisnya untuk dibahas lho.

Karena gamifikasi atau gamification bisa diterapkan pada berbagai macam hal, seperti yang akan kita bahas kali ini. Gamifikasi kali ini kami terapkan untuk menciptakan sebuah workshop yang lebih menyenangkan. Bagaimana bisa? Simak hingga selesai artikel ini.

Workshop secara singkat

Secara singkat workshop dapat diartikan sebagai tempat berkumpulnya para pelaku aktivitas tertentu yang mana dalam tempat ini, para pelaku melakukan interaksi saling bertukar pikiran yang ditujukan untuk memecahkan suatu permasalahan tertentu. 

Terkadang dalam sebuah workshop bisa sangat membosankan karena cara penyampainnya yang terlalu formal atau biasanya kaku. Itulah gunanya menerapkan gamifikasi untuk workshop agar workshop dapat berjalan dengan lebih menyenangkan.

Foto : Workshop penggunaan game sebagai media belajar Educa Studio bersama guru-guru MGMP Semarang

Gamification untuk workshop agar lebih menyenangkan

Bagaimana gamifikasi bisa diterapkan pada sebuah workshop? Mengulang sedikit tentang gamifikasi merupakan metode pembelajaran yang menggunakan elemen-elemen di dalam game atau video game dengan tujuan memotivasi para mahasiswa dalam proses pembelajaran dan memaksimalkan perasaan enjoy dan engagement terhadap proses pembelajaran tersebut. 

Foto : Penjelasan oleh Tim GameLab Indonesia tentang cara bermain board game

Contohnya seperti workshop yang baru saja dilakukan oleh Educa Studio bersama dengan guru-guru MGMP Fisika MA Se-Karesidenan Semarang. Workshop dengan tema pemanfaatan game sebagai media pembelajaran fisika ini telah menggunakan metode gamifikasi dalam pelaksanaannya.

Seperti workshop pada umumnya, awal acara dibuka dengan sambutan dan doa bersama, kemudian masuk ke dalam sesi materi yang dibawakan oleh CEO Educa Studio, Andi taru NNW.

Sesi selanjutnya adalah sesi penting dalam workshop ini. Seperti alur dalam sebuah game, selalu ada tantangan dan pencapaian di akhir game. Workshop ini pun juga seperti itu, memiliki tantangan dan peserta workshop memiliki target untuk menyelesaikannya diakhir workshop tersebut.

Foto : Workshop menyenangkan dengan dengan Gamifikasi


Baca juga : Gamifikasi Program Magang di Educa Studio


Tantangan dan pencapaian yang harus dicapai peserta workshop

Tantangan yang diberikan pada para peserta workshop adalah mendapatkan sebuah ide yang nantinya dapat mereka gunakan sebagai bahan pembelajaran fisika pada murid mereka.

Untuk menyelesaikan tantangan tersebut setiap perserta diwajibkan memainkan board game yang Tim GameLab Indonesia bawa sebagai bahan referensi, seperti board game The Heritage of BatikEmak-Emak Matic, dan Marbel Fire Fighter. Dari board game  tersebut para peserta workshop diminta untuk memainkan dan kemudian mengamati mekanisme pada board game tersebut.

Foto : Proses bermain board game sebagai sarana mencari ide mekanisme game

Dengan bermain board game dan mengamati mekanisme dari board game tersebut, para peserta mendapatkan banyak ide untuk membuat sebuah media pembelajaran yang menarik untuk muridnya.

Di akhir acarapun pada sesi tanya jawab dan penyampaian ide, banyak sekali peserta yang antusias dan bersemangat dengan ide-ide dan pertanyaan mereka.  Setiap peserta yang mengusulkan ide, maka peserta tersebut akan mendapatkan reward. Dan di akhir sesi, ide yang paling favorit akan mendapatkan reward utama yaitu... (rahasia). hehehe

Foto : Penjelasan cara permainan board game

Hasil Implementasi Gamification

Dengan menerapkan Gamifikasi pada workshop ini membawa dampak positif pada peserta workshop dan kami sebagai perusahaan pengembangan game.

Tingkat keberhasilan dalam pencapaian akhir dalam hal ini merupakan partisipasi ide dari para peserta workshop mencapai 100%, tingkat pertanyaan dari para peserta juga mencapai 75%, dan tingkat keberhasilan acara workshop mencapai 100%. Hal ini merupakan hasil yang sangat luar  biasa, sebagai contoh keberhasilan dari penerapan Ganifikasi pada workshop.

Foto : Sesi tanya jawab dan penyampaian ide

Bagi Anda yang tertarik untuk menerapkan gamifikasi atau membuat gamifikasi di perusahaan atau organisasi Anda atau tertarik untuk bekerja sama membuat workshop bersama kami. Silakan klik gambar di bawah ini. 

Kontak admin

 


 

Baca artikel menarik lainnya :

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

workshop mgmp gamification pelatihan educa studio game based learning
Febriani Sari

Febriani Sari

Jumat, 15 Februari 2019