BERITA GAMIFICATION Gamifikasi Program Magang di Educa Studio

Gamifikasi Program Magang di Educa Studio

Gamifikasi Program Magang di Educa Studio

Gamifikasi untuk program magang? Ya, kamu tidak salah dengar. Educa Studio membuat gamifikasi untuk program magang di Educa Studio. Wah seperti apa ya gamifikasi tersebut? Simak diartikel berikut ini.

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Gamifikasi atau Gamification merupakan metode pembelajaran yang menggunakan elemen-elemen di dalam game atau video game dengan tujuan memotivasi para mahasiswa dalam proses pembelajaran dan memaksimalkan perasaan enjoy dan engagement terhadap proses pembelajaran tersebut.

Engagement dapat diartikan sebagai kesediaan untuk berpartisipasi, sebagai tindakan metakonstruksi yang meliputi keterlibatan perilaku, emosi dan kognitif siswa dalam belajar. Salah satu metode pembelajaran yang mengambil konsep mekanisme game ini merupakan metode yang menyenangkan untuk diterapkan dalam pembelajaran di sekolah maupun di rumah.

Gambar : Logo GameLab Indonesia

Program magang di Educa Studio

Beberapa saat lalu kita pernah membahas tentang Gamifikasi di artikel sebelumnya. Ternyata Gamifikasi ini bisa diterapkan dalam berbagai subject pembelajaran. Metode ini bisa diterapkan bahkan untuk urusan program magang. Nah salah satu program magang yang menggunakan metode ini adalah Program magang di Educa Studio atau mungkin kalian lebih sering menyebutnya program magang Game Lab Indonesia.

"Program magang yang dijalankan oleh Educa Studio ini tidak hanya untuk mahasiswa saja, namun untuk siswa/siswi SMK, guru-guru, dan umum pun dapat mengikuti program magang ini."

Program magang di Educa Studio atau GameLab Indonesia ini merupakan program magang yang dilakukan secara online, jadi peserta program magang dapat mengikuti magang darimana pun ia berada, tidak terbatas pada jarak siapapun dapat ikut berpartisipasi dalam program magang ini.

Program magang ini bahkan sudah memiliki 2.000 lebih anggota sejak program magang ini dijalankan. Program magang ini merupakan program magang online di bidang game, pertama yang ada di Indonesia.

Peserta magang pada program magang ini tidak terbatas pada mahasiswa dan siswa-siswa saja, namun guru dan orang umum juga boleh lho ikutan magang disini, tentu saja dengan mengikuti syarat yang ada seperti menyerahkan data diri kepada admin untuk kemudian diproses.  

Ada pula kelas-kelas yang seru untuk diikuti seperti kelas belajar membuat game berbasis html 5 yang bisa kalian ikuti secara gratis hanya dengan registrasi di website https://www.gamelab.id.

Foto : Bimbingan Langsung di Kantor Educa Studio

Gamifikasi  Program magang di Educa Studio

Implementasi gamifikasi akan mulai terasa semenjak peserta memulai kerja praktek. Pertama, peserta akan mendapatkan tantangan untuk menyelesaikan kelas akademi. Kelas tersebut dibagi-bagi menjadi beberapa modul dan peserta akan secara mandiri menyelesaikan kelas akademi.

Kelas akademi juga sesuai dengan peminatan peserta seperti Programming, 2D Artwork, 3D Artwork, Game Design, QA & Testing dan Analisis Bisnis. Kelas Akademi dapat diakses dari mana saja, dan setiap peserta dapat mengetahui progress belajar mereka secara jelas. Progress Bar dan persentase penting untuk memacu para peserta kerja praktek untuk segera menyelesaikan kelas akademi. 

Foto : Kunjungan peserta magang


Baca juga : Gamifikasi Program Pemerintah Untuk Generasi Remaja Berencana


Setelah peserta kerja praktek menyelesaikan kelas akademi, maka langkah berikutnya adalah menyelesaikan studi kasus. Studi kasus yang diberikan akan berbeda-beda tergantung pada placement test. Selama mengikuti kerja praktek atau magang ini peserta juga akan mendapatkan poin harian yang nantinya bisa menambah penilaian akhir mereka.

Poin harian ini berdasarkan ketepatan, kerapian, tingkah laku, keaktifan, dan penyelesaian tugas harian yang mereka lakukan. Poin tersebut diberikan oleh trainer masing-masing peserta tiap harinya. Semua progress dan laporan tertata secara rapi dan dapat dilihat kapan saja oleh peserta. Proses gamifikasi ini memang memiliki tujuan untuk memicu proses belajar secara mandiri yang lebih efektif dan efisien. Foto : Progress para peserta magang Kelas 2D Artist

Nah seperti itu salah satu contoh penerapan gamifikasi pada program magang yang dilakukan oleh Educa Studio. Dengan menggunakan metode gamifikasi ini diharapkan semua peserta yang mengikuti magang dapat tetap menikmati magangnya dan memberikan kemudahan akses dimanapun mereka berada namun juga ada mengikat dengan kewajiban yang harus peserta magang laksanakan seperti harus absensi datang setiap jam 8 pagi dan absensi pulang jam 5 sore, mengirim laporan harian progress pekerjaan peserta magang, izin untuk tidak mengikuti magang minimal 3 hari sebelum hari H, dan aturan-aturan lainnya yang memang ditujukan agar peserta magang tetap tertib dan merasa mempunyai tanggung jawab dan kewajiban yang harus dijalankan, mengingat sistem magang di Game Lab Indonesia dilakukan secara online.

"Bagi kalian yang penasaran dengan program magang online Educa Studio, kalian bisa langsung cek dengan mengakses website Game Lab Indonesia dan langsung registrasi untuk memilih kelas yang kalian sukai."

Bagi kalian yang menginginkan kerjasama dengan Educa Studio untuk membuat gamifikasi terhadap konten yang kalian miliki atau mengimplementasikan gamifikasi di perusahaan atau instanasi, dapat menghubungi kontak admin berikut ini. Silakan menghubungi admin saat hari kerja pukul 08.00-17.00 WIB. 

Foto : Diskusi para peserta magang setiap hari Jumat

Hasil Implementasi Gamification

Gamifikasi ini telah membawa dampak positif di dalam perusahaan dalam hal ini Educa Studio maupun peserta magang. Tingkat keberhasilan penyelesaian kelas akademi mencapai 100%, dan tingkat keberhasilan penyelesaian studi kasus dan proyek oleh peserta magang mencapai 91%. Ini sungguh hasil yang luar biasa, contoh keberhasilan dari penerapan Gamifikasi di perusahaan. 

Bagi Anda yang tertarik untuk menerapkan gamifikasi atau membuat game-based learning di perusahaan atau organisasi Anda. Silakan klik gambar di bawah ini. 
Kontak admin GameLab Indonesia

 


Baca juga artikel menarik lainnya : 

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

gamification gamelab internship educa studio
Febriani Sari

Febriani Sari

Rabu, 13 Februari 2019