BERITA GAMIFICATION Gamifikasi Program Pemerintah Untuk Generasi Remaja Berencana

Gamifikasi Program Pemerintah Untuk Generasi Remaja Berencana

Oleh Gamelab Indonesia | Senin, 4 Februari 2019

Gamifikasi Program Pemerintah Untuk Generasi Remaja Berencana

Pemerintah sudah mulai melakukan kegiatan untuk mengukur tingkat kematangan dan pemahaman remaja tentang pendidikan dan pekerjaan yang terencana melalui gamifikasi.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Pada tahun 2018 lalu Pemerintah Indonesia mulai berupaya untuk mengukur tingkat kematangan dan pemahaman remaja di Indonesia tentang pendidikan dan pekerjaan yang terencana. Tindakan tersebut diperlukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kesiapan remaja di Indonesia untuk menghadapi dunia kerja maupun kehidupan setelah mereka lulus dari sekolahnya untuk menjadi generasi remaja berencana yang berkualitas.

Upaya tersebut direalisasikan oleh pemerintah melalui BKKBN dan Komunitas GenRe yang bekerja sama dengan developer kota Salatiga, Educa Studio untuk membuat sebuah produk kreatif berupa game digital untuk mobile. BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) bersama dengan Komunitas GenRe (Generasi Remaja) dan Educa Studio membuat gamifikasi program Generasi Remaja Berencana yang bertujuan mengukur tingkat kematangan  para remaja di Indonesia. 

BKKBN bekerja sama dengan Educa Studio

Jika kalian belum mengerti dengan gamifikasi, gamifikasi adalah penggunaan teknik desain permainan, permainan berpikir dan mekanik permainan untuk meningkatkan konteks non-game, yang biasanya untuk mendorong orang menggunakan metode tersebut atau mempengaruhi  bagaimana mereka digunakan.

Sebagai contoh seperti gamifikasi dengan tema kebersihan, biasanya ditujukan untuk anak-anak dengan permaianan interaktif dalam game agar anak-anak semakin sadar dengan kebersihan. Begitu pula gamifikasi pada generasi muda berencana ini, diharapkan setelah bermain game dengan tema generasi muda berencana ini, para remaja di Indonesia akan lebih tanggap dan memiliki pola pikir yang lebih matang.

Hasil dari kerjasama BKKBN dan Educa Studio tersebut melahirkan sebuah game yang berjudul Zeen - Generasi Muda Berencana atau yang lebih sering disebut Zeen merupakan sebuah game simulasi dan visual novel tentang kehidupan remaja di SMA, tentang generasi muda berencana.

Game yang dibuat dan dikembang oleh Educa Studio yang bekerjasama dengan BKKBN tersebut dapat kalian download di play store dengan klik tautan berikut ini, Zeen. Kalian bisa memainkannya secara gratis dan uji kematangan pola pikir kalian.


Baca juga : Dasar Membangun Brand yang Kuat untuk Produk


Baca Juga : Mengungkap Rahasia Gamifikasi: Definisi, Tujuan, dan Ide Kreatif yang Memukau!

Apa itu ZEEN?

Zeen - Generasi Muda Berencana

Zeen - Generasi Muda Berencana, sebuah game simulasi dan visual novel dengan tema kehidupan remaja SMA. Dalam permainan Zeen ini pemain dapat mengukur tingkat kematangan dan pemahaman tentang masa depannya. Pemain juga dapat melihat seberapa siap dan matang ia dalam merencanakan masa depannya, pemahaman tentang hal-hal setelah ia lulus dari sekolah, prioritas apa yang akan ia ambil, dan lain sebagainya.

Seperti game visual novel pada umumnya, pemain dapat memilih beberapa tokoh yang akan ia mainkan. Pemain juga dapat memilih aksesoris dan karakteristik tokoh sesuai dengan keinginannya. Hal yang seru disini adalah setiap tokoh yang dipilih akan memiliki jalan cerita yang berbeda, sehingga pemain dapat mencoba beberapa alternatif jalan cerita yang mereka inginkan.

Selain itu diakhir permainan, para pemain dapat mengetahui seberapa tinggi tingkat pemahaman pemain tentang pemahaman dan kematangan dalam merencanakan masa depan.

Game Zeen - Generasi Muda Berencana

Sebagai hasil kerjasama Educa Studio dengan BKKBN,  Zeen dibuat dengan detail dan sudah menggunakan sistem pakar, sehingga kalian dapat melihat skor kematangan kalian diakhir babak pada game simulasi tersebut. Coba mainkan gamenya, kalian akan terkejut dengan hasil yang akan kalian dapatkan.

Dengan adanya kerja sama tersebut diharapkan program pemerintah ini akan berjalan lancar dan tujuan utamanya untuk mengukur tingkat kematangan para remaja dapat tercapai dan menjadi generasi remaja yang berkualitas. Selain mengukur tingkat kematangan dan pemahaman para remaja tentang rencana masa depannya, gamifikasi generasi muda berencana ini juga mendidik remaja dengan memperlihatkan skor kematangannya. Dengan demikian para remaja yang memainkan game tersebut akan menjadi sadar akan kematangan dan pemahamannya terhadap perencanaan masa depannya.

Berkolaborasi dengan BKKBN dan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia membuat Educa Studio semakin berusaha memberikan yang terbaik dan berkontribusi terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Bagi Anda yang menginginkan kerjasama dengan Educa Studio untuk membuat gamifikasi terhadap konten yang Anda miliki dapat menghubungi Kontak admin berikut ini. Silakan menghubungi admin saat hari kerja pukul 08.00-17.00 WIB. 

Itu tadi program pemerintah melalui BKKBN yang menyasar para remaja, dimana pemerintah melalui BKKBN bekerja sama dengan Educa Studio untuk merealisasikan program Generasi Muda Berencana. Semoga kedepan program pemerintah untuk anak-anak dan remaja di Indonesia bisa semakin banyak dan bisa berjalan dengan lancar.

Karena generasi muda merupakan pilar-pilar untuk negara. Sebagai developer yang bergerak dibidang pendidikan, kami juga ingin berkontribusi lebih untuk pendidikan generasi muda di Indonesia ini dan semoga kedepan kami selalu bisa selalu memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia.

 


 

Baca juga artikel manrik lainnya :


Gamelab Indonesia

Gamelab Indonesia

Senin, 4 Februari 2019

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI