BERITA KARIR Cara Menyampaikan Aspirasi di Kantor, Fresh Graduate Wajib Tahu!

Cara Menyampaikan Aspirasi di Kantor, Fresh Graduate Wajib Tahu!

Oleh Dea Vinta Permata Efendi | Selasa, 28 Desember 2021

Cara Menyampaikan Aspirasi di Kantor, Fresh Graduate Wajib Tahu!

Sebagai seorang lulusan baru yang pertama kalinya diterima kerja, kamu harus belajar cara untuk menyampaikan aspirasimu kepada atasanmu di kantor nanti. Berikut adalah pembahasan tentang teknik Bottom-Up Communication yang bisa kamu pakai.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Generasi millenial dan generasi Z kini menjadi mayoritas tenaga kerja yang mengharapkan budaya perusahaan yang lebih reponsif, terbuka dan apresiatif.

Dilansir dari smarp.com, sejumlah 81% karyawan mengatakan bahwa mereka lebih suka kepada perusahaan yang mendorong keterbukaan dalam komunikasi daripada perusahaan yang memiliki fasilitas bagus seperti tunjangan kesehatan, makan gratis dan keanggotaan gym.

Sebagai seorang yang baru pertama kali bekerja di sebuah perusahaan, apakah kamu pernah bertanya-tanya bahwa bolehkah seorang karyawan memberikan pendapat kepada atasannya? Kalaupun boleh, bagaimanakah cara yang paling tepat dan efektif?

Mari kita bahas bersama-sama mengenai salah satu teknik komunikasi yang bisa kamu pakai dalam kasus ini, yaitu bottom-up communication.

Apa Itu Bottom-Up Communication?

Bottom-up communication merupakan sebuah teknik komunikasi yang berfokus pada penyetaraan seluruh karyawan dalam sebuah perusahaan untuk menampung ide-ide dan presepsi mereka dalam menciptakan sebuah keputusan yang paling tepat.

Teknik ini biasa diciptakan untuk tujuan adanya umpan balik atau respon karyawan ke atasan. Oleh karena itu banyak perusahaan yang berjuang menciptakan budaya ini.

Bentuk informasi lainnya yang bisa menggunakan teknik ini diantaranya berupa laporan, pengaduan, hingga pengajuan usul tertentu.

Untuk mencapai sebuah keberhasilan bottom-up communication, memerlukan adanya peningkatan tingkat kepercayaan kepada karyawan. 

Ide-ide kecil yang tumbuh dari karyawan akan tumbuh menjadi tujuan organik yang kompleks dimana pada akhirnya akan mencapai tujuan kesuksesan perusahaan.

Manfaat Bottom-Up Communication

1. Meningkatkan Hubungan Komunikasi Antar-Karyawan 

Ketika setiap karyawan aktif untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan, penyaluran ide dan pendapat, maka secara tidak langsung komunikasi secara keseluruhan akan meningkat

2. Membangun Semangat

Dengan menggunakan teknik ini, seluruh anggota dalam organisasi dalam hal ini karyawan akan merasa disertakan dan dihargai. Ini juga akan meciptaikan sebuah lingkungan komunikatif dimana seluruh karyawan akan berkembang dan tumbuh bersama beriringan.

3. Berbagi Solusi

Dengan kekuatan banyak otak yang bekerjasama untuk masuk ke dalam suatu masalah, maka akan berpotensi untuk menghasilkan pemecahan masalah denga tepat dan lebih efisien.

4. Peningkatan Kolaborasi Antar-Karyawan

Di semua tingkatan tanpa terkecuali, seluruh karyawan akan berkesempatan untuk berdiskusi, saling bertukar ide, sehingga akan terbangun kerjasama dan kepercayaan antar-departemen. Tentunya hal ini akan berdampak positif bagi keberlangsungan perusahaan.

Baca Juga : 4 Langkah Selanjutnya, Setelah Kamu Ikut Program MSIB

Kelemahan Bottom-Up Communication

1. Menghambat Karyawan

Meskipun ada sisi positif dimana kita semua sebagai karyawan bisa mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan pendapat, namun ketika semua karyawan berpartisipasi dalam keputusan yang lebih besar, hal ini akan menyebabkan hilangnya waktu untuk menyelesaikan pekerjaan utama.

2. Waktu yang Tidak Efisien 

Maksudnya adalah dalam pembuatan rencana dan proses pengambilan keputusan utuk mencapai tujuan, tidak efisien sebab pasti akan ada kemungkinan munculnya konflik dan ketidaksepakatan. Hal inilah yang membuat keterlambatan terjadi.

3. Refleksi Data yang Tidak Akurat

Dengan terlibatnya terlalu banyak orang dalam sebuah proyek yang sama, maka sekaligus dapat memungkinkan terciptanya hasil yang tidak tepat dan keputusan yang tidak akurat.

Demikian pembahasan mengenai bottom-up communication, ada juga teknik komunikasi lainnya yang bisa dipakai menyesuaikan dengan konteks, yaitu top-down communication


Referensi : 

https://www.smartsheet.com/top-down-bottom-up-approach#what-is-bottom-up-communication

https://blog.smarp.com/manager-communication-the-power-of-bottom-up-feedback


Dea Vinta Permata Efendi

Dea Vinta Permata Efendi

Selasa, 28 Desember 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI