BERITA MSIB 4 Langkah Selanjutnya, Setelah Kamu Ikut Program MSIB

4 Langkah Selanjutnya, Setelah Kamu Ikut Program MSIB

Oleh Vincentius Dimas | Kamis, 23 November 2023

4 Langkah Selanjutnya, Setelah Kamu Ikut Program MSIB

Setelah mengikuti MSIB, ada baiknya kamu merencanakan beberapa strategi agar kamu bisa dilirik oleh perusahaan besar. Penasaran strateginya? Langsung saja simak artikel di bawah ini.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) adalah program pendidikan yang terintegrasi langsung dengan kebutuhan industri. Program tersebut diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui inisiatif Kampus Merdeka. Oleh karena itu, MSIB tentunya sudah diakui sebagai bagian dari kurikulum perguruan tinggi.

Sumber: Freepik - MSIB Banyak Mengembangkan Keterampilan

Tujuan MSIB

Teruntuk mahasiswa, MSIB ini bisa menjadi kesempatan yang bagus buat kalian. Secara khusus, program ini memang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan pengalam praktis dalam dunia industri. Sementera untuk mitra industri, bisa membangun kemitraan, melibatkan karyawan dalam mentorship mahasiswa, dan memungkinkan adanya rekrutmen dini.

Siapa yang Bisa Ikut MSIB?

Sebagai informasi tambahan, bahwasanya program ini terbuka untuk mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia, baik negeri maupun swasta. Sebagian besar program MSIB memang terbuka untuk mahasiswa perguruan tinggi. Berikut persyaratan tertentunya:

Status Mahasiswa

  • Aktif pada jenjang D2/D3/D4/S1.
  • Menyertakan bukti status mahasiswa yang diakui secara resmi.

Tingkat Semester

  • D2: Minimal semester 3.
  • D3: Minimal semester 4.
  • D4/S1: Minimal semester 4 saat program MSIB dimulai.

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)

  • Memenuhi IPK minimum yang ditetapkan oleh program MSIB atau perguruan tinggi.
  • Menyertakan transkrip nilai resmi sebagai bukti.

Kemampuan Bahasa Inggris

  • Mampu berkomunikasi secara baik dalam bahasa Inggris.
  • Kemampuan bahasa Inggris dapat diuji melalui tes atau sertifikat yang diakui.

Motivasi dan Komitmen

  • Menyertakan surat motivasi yang menunjukkan minat dan keinginan untuk mengembangkan keterampilan.
  • Bukti komitmen terhadap pembelajaran dan perkembangan pribadi.

Syarat Khusus

  • Memenuhi persyaratan khusus yang mungkin diberlakukan untuk program MSIB tertentu, seperti persyaratan teknis atau akademik.
  • Menyertakan dokumen atau sertifikat yang mendukung syarat khusus yang diberlakukan.

Sebelum mendaftar, calon peserta disarankan untuk secara teliti memeriksa persyaratan yang ditetapkan oleh program MSIB yang diminati untuk memastikan bahwa semua kriteria terpenuhi. Ini akan memastikan pendaftaran yang sukses dan partisipasi yang maksimal dalam program tersebut.

Sumber: Freepik - Akan Ada Banyak Keuntungan Mengikuti MSIB di Gamelab Indonesia

Keuntungan MSIB di Gamelab Indonesia

Ketika kamu memilih Gamelab Indonesia sebagai tempat Magang Studi Industri Bidang (MSIB). kamu akan memperoleh enam keterampilan kunci yang bernilai. Berikut adalah daftar keterampilan yang dapat kamu peroleh:

Critical Thinking

Critical thinking adalah kemampuan untuk mengevaluasi, menganalisis, dan menginterpretasikan informasi secara objektif, rasional, dan reflektif. Hal ini dapat melibatkan kemampuan untuk mempertanyakan asumsi. Sehingga kamu mampu mengidentifikasi kelemahan dalam argumen dan mengambil keputusan berdasarkan bukti yang kuat.

Umumnya, orang yang memiliki kemampuan critical thinking cenderung lebih terampil dalam memecahkan masalah. Sehingga kamu akan mampu membuat keputusan yang baik, serta dapat menghadapi tantangan kompleks dengan cara yang sistematis dan efektif. Dengan demikian, critical thinking merupakan keterampilan yang dapat memberdayakan kita untuk berhasil menghadapi kompleksitas dunia modern.

Komunikasi

Dalam dunia kerja, komunikasi yang efisien bukan hanya sebatas proses pertukaran informasi antara dua orang atau lebih. Melainkan mencangkup kemampuan untuk merespons, memahami, dan berinteraksi secara produktif. Sebagai contoh, ketika kedua belah pihak mampu mendengarkan pernyataan satu sama lain dan memberikan tanggapan, entah dalam bentuk pertanyaan, kritik, atau saran. Hal ini justru terbilang mencerminkan kesepahaman dan keterlibatan yang positif. Dengan demikian, komunikasi yang efektif di tempat kerja dapat memperkuat hubungan, meningkatkan produktivitas, serta menciptakan lingkungan kerja yang positif.

Kolaboratif

Mengapa kolabortif? Karena, nantinya saat kamu mengikuti MSIB akan diberikan proyek riil yang dikerjakan bersama. Jadi, Gamelab Indonesia percaya dengan metode pembelajaran kolaboratif dapat menciptakan interaksi dan diskusi antar peserta. Harapannya, para peserta dapat memecahkan masalah, menyelesaikan proyek, atau mengembangkan pemahaman konsep secara bersama. Dari situ, akan terbentuknya sikap saling mendukung, berbagi pengetahuan, dan mau belajar guna mencapai hasil yang terbaik.

Kreatif

Mampu berpikir kreatif akan membantumu untuk menyelesaikan tugas dengan baik. Jika kamu bisa merealisasikan keterampilan ini, kamu akan mendapatkan banyak manfaat. Misalnya, meningkatkan daya tarik dan retensi, meningkatan kerja tim dan kolaborasi, serta meningkatkan produktivitas.

Problem Solving

Seperti apa yang telah disampaikan sebelumnya. Ketika kamu mengikuti program MSIB di Gamelab Indonesia, nantinya kamu akan diberikan proyek rill. Oleh karena itu, secara tidak langsung keterampilan problem solving atau pemecahan masalah menjadi terasah. Adapun manfaat dari keterampilan ini. Yakni, kamu bisa memperoleh kecerdasan emosional, lihai mengembil keputusan dengan logis, dan tentunya menjadi kreatif dan kritis.

Sumber: Freepik - Jaring Koneksi dengan Orang Industri

Baca Juga : SIB Gamelab Indonesia: Mengubah Mindset, Membangun Skill

Strategi Selanjutnya Setelah MSIB

Ada beberapa stretegi yang sebaiknya kamu lakukan setelah mengikuti program MSIB. Hal ini wajib kamu ketahui agar pengalaman MSIB tidak menjadi kenangan saja tapi bisa bermakna dan bermanfaat. Berikut beberapa strategi ampuhnya:

Mencatat Ketrampilan

Setelah melewati masa MSIB yang cukup panjang. Ada kalanya kamu mencoba untuk merefleksikan sejenak terkait apa saja yang sudah dilalui. Langkah awalnya, kamu bisa melemparkan pertanyaan kepada diri sendiri. Misalnya, apa saja yang disukai, apa yang menjadi hambatan selama magang, atau pembelajaran baru apa saja yang didapatkan.

Setelah kamu selesai merefleksikan, kamu bisa mencatat juga tentang keterampilan teknis dan non teknis yang didapatkan. Maka dengan begitu, kamu bisa mengetahu hal-hal apa saja yang perlu dikembangkan dan diperbaiki.

Tetap Membangun Koneksi dengan Perusahaan/Industri

Manfaat dari pengalaman MSIB ini tentunya juga membuka peluang untuk membangun jaringan profesional yang kuat. Artinya, kamu bisa memiliki pengetahuan dan keterampilan baru. Selain itu, juga berkesempatan untuk meninggalkan kesan positif pada berbagai pihak, termasuk pemilik perusahaan, rekan kerja, klien, mitra bisnis, dan sesama rekan magang.

Selanjutnya, kamu bisa mencoba membuat daftar orang-orang yang berpengaruh dalam perjalananmu selama MSIB, serta merencanakan cara untuk menjaga hubungan relasi. Dengan kata lain, hubungan relasi ini tidak hanya sebatas sekadar pertemanan, melainkan bisa menjadi sumber dukungan dalam pencarian pekerjaan, atau bahkan mentor yang berharga. Selain itu, hal terpenting lainnya lagi adalah, menjalin hubungan dengan cara yang autentik dan berkelanjutan. Harapannya, kamu bisa menjadi rekan kerjanya di masa depan nanti setelah kamu lulus kuliah.

Meminta Feedback

Meminta feedback dari atasan perusahaan merupakan langkah yang sangat penting, terutama untuk pengembangan pribadi dan profesionalmu. Sebab atasan memiliki wawasan yang berharga mengenai kelebihan dan kekuranganmu, yang mungkin tidak terlihat dari sudut pandang pribadi. Lewat mendengarkan penjelasan atasan tentang performamu selama MSIB berlangsung, kamu dapat memahami lebih dalam tentang bidang yang sudah dikuasai dan aspek yang perlu diperbaiki.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang perkembangan kemampuanmu. Selain itu, membantu dalam menyusun langkah-langkah untuk karir ke depannya nanti. Jangan lupa juga, catat dengan baik setiap masukan dan saran yang diberikan, serta pastikan untuk meminta pandangan atasan mengenai langkah-langkah konkret yang dapat kamu ambil untuk selanjutnya. Alhasil, melalui strategi ini, pastinya kamu akan mendapatkan semacam panduan berharga dalam menuju profesionalisme yang lebih matang.

Perbarui CV & Portofolio

Waktu terbaik untuk memperbarui CV dan portfolio adalah setelah menyelesaikan program magang, karena ingantanmu tentang ilmu dan keterampilan yang baru saja dikuasai dari proyek-proyek yang telah dijalani masih segar. Melalui deskripsi pekerjaan yang detail dalam CV, pastinya perusahaan akan dapat memahami kontribusi konkret yang telah kamu berikan dan keterampilan yang diperoleh.

Sementara itu, portfolio yang kreatif dan terstruktur dengan baik nantinya akan memberikan gambaran visual tentang kemampuan dan pencapaianmu. Ceritakan pula tentang pengalaman terbaik dan pencapaianmu. Hal ini agar kamu mendapat pusat perhatian perusahaan terkait kemampuan unik yang kamu miliki.

Dalam dunia kerja yang kompetitif saat ini, memiliki pengalaman kerja sebelum lulus adalah hak istimewa yang mungkin tidak diperoleh banyak mahasiswa. Adanya program MSIB, harapannya dapat menjadi wadah pembelajaran untuk meningkatkan keterampilanmu, baik itu teknis maupun non teknis. Menariknya, program ini juga memberikan sertifikat resmi yang sudah diakui.

Bagi kamu yang masih bingung mau ikut program MSIB di mana, kamu bisa langsung ikuti program tersebut di Gamelab Indonesia. Di sini, nantinya kamu akan diajarkan oleh mentor atau trainer yang sudah expert. Ditambah, kamu akan mendapatkan pengalaman nyata di industri yang bergerak di bidang teknologi. Yuk, buruan hubungi Gamelab Indonesia!

 


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Kamis, 23 November 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI