BERITA SMK Agar Cepat Dapat Kerja, Yuk Ikuti Tips Melamar Kerja Berikut Ini!

Agar Cepat Dapat Kerja, Yuk Ikuti Tips Melamar Kerja Berikut Ini!

Agar Cepat Dapat Kerja, Yuk Ikuti Tips Melamar Kerja Berikut Ini!

Baru lulus dari SMK dan ingin bekerja? Atau merasa kesulitan mendapatkan pekerjaan yang diimpikan? Yuk ikuti beberapa tips melamar kerja berikut ini.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Setelah lulus SMK, apa rencana kalian ke depannya? Untuk kalian yang memutuskan untuk bekerja, tentu kalian sudah mulai melirik beberapa iklan lowongan pekerjaan, bukan?!

Sayangnya, di zaman sekarang ini, terutama pasca pandemi, banyaknya tenaga kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia. Peluang kerja semakin terbatas, khususnya untuk para lulusan SMK. Tidak hanya itu, persaingan juga semakin ketat. Mendapatkan pekerjaan dengan berbekal ijazah SMK bisa dibilang sulit.

Walau begitu, kalian tidak boleh berkecil hati. Selalu ada jalan bagi siapapun yang mau berusaha dengan tekun. Nah, kali ini kami akan membagikan tips melamar kerja bagi siswa SMK agar mudah mendapatkan pekerjaan. Yuk simak baik-baik!

Baca Juga : Kolaborasi Seru Setitik Cultureware dan Gamelab Indonesia

Tips Melamar Kerja untuk Para Lulusan SMK

Mengikuti Job Fair

Bagi kalian yang ingin segera bekerja, tidak ada salahnya mengikuti acara job fair. Job fair merupakan acara di mana kalian bisa menemukan banyak perusahaan yang sedang menyediakan lowongan pekerjaan. Nah, momen ini bisa kalian manfaatkan untuk mencari tahu berbagai lowongan yang ada bahkan dari beberapa perusahaan sekaligus.

Perhatikan setiap lowongan yang ada dan pilihlah lowongan yang sekiranya sesuai dengan keahlian dan minat kalian. Tidak ada salahnya kamu membawa surat lamaran saat mendatangi acara job fair. Siapa tahu, ada lowongan yang tepat dan kalian bisa segera melamar pekerjaan tersebut.

Memanfaatkan Lowongan Kerja di Berbagai Situs Daring

Tips melamar kerja yang selanjutnya adalah memanfaatkan lowongan di situs-situs daring. Semakin majunya perkembangan teknologi membuat semua informasi mengenai lowongan pekerjaan makin mudah didapatkan. Banyak sekali situs yang menyediakan informasi mengenai lowongan pekerjaan secara daring. Bahkan, kalian juga dapat melamar pekerjaan secara langsung di situs tersebut.

Ada baiknya kalian melamar pekerjaan di situs lowongan pekerjaan yang terpercaya agar tetap aman. Misalnya seperti Gamelab, situs yang menyediakan lowongan pekerjaan secara aman dan terpercaya. Dengan melamar pekerjaan di situs yang dapat dipercaya, kalian dapat terhindar dari berbagai hal yang merugikan seperti lowongan pekerjaan palsu dan kebocoran informasi pribadi.

Mengikuti Walk in Interview

Pasti banyak di antara kalian yang sudah pernah mendengar istilah walk in interview. Apa sih maksud dari istilah tersebut? Nah, walk in interview merupakan metode rekruitmen karyawan di mana sebuah perusahaan menyediakan pekerjaan dengan metode wawancara secara langsung. Jadi, kalian bisa melamar kerja langsung ke tahap wawancara pada hari itu juga.

Masih bingung mengenai tipe rekruitmen yang satu ini? Nah, contohnya begini. Perusahaan B sedang menyediakan lowongan walk in interview pada 16 Januari 2021. Maka, jika kalian ingin mengikuti walk in interview tersebut, kalian harus datang pada jadwal tersebut.

Lalu, apa yang perlu disiapkan untuk mengikuti walk in interview? Kalian perlu membawa berkas-berkas yang diperlukan untuk melamar pekerjaan tersebut. Pastikan semua berkas sudah disiapkan secara lengkap.

Selain itu, jangan sampai terlambat datang dari waktu dan jam yang telah ditentukan. Dengan begitu, pihak pewawancara bisa menilai kedisiplinan kalian. Menjadi kandidat yang disiplin tentu akan menjadi nilai plus bagi kalian di mata para pewawancara.

Mengasah Keterampilan

Walaupun ijazah SMK sudah di tangan, kalian tetap perlu untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan sesuai dengan bidang yang kalian kuasai dan kalian minati. Tidak ada salahnya juga untuk mempelajari hal-hal yang sebelumnya belum kalian pelajari di saat sekolah. Kemampuan dan keterampilan yang terasah dengan baik tentu akan menjadi keuntungan tersendiri bagi kalian saat melamar sebuah pekerjaan.

Nah, salah satu cara jitu untuk mengasah kemampuan dan keterampilan kalian adalah dengan mengikuti kegiatan magang di gamelab.id. Tidak hanya itu, Gamelab juga menyediakan berbagai kelas dan pelatihan untuk mengoptimalkan keterampilan digital yang akan sangat dibutuhkan di dunia kerja untuk saat ini.

Dengan harga yang terbilang terjangkau, kalian bisa mendapatkan ilmu dan keahlian bersertifikasi. Sistem pembelajarannya pun juga fleksibel dan menyenangkan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk ikuti kelas menarik dan magang di Gamelab supaya bisa dapat kerja segera! 


Referensi:
https://www.cermati.com/artikel/cara-cepat-dapat-kerja-setelah-lulus-smasmk 
https://www.renesia.com/cara-cepat-dapat-kerja-setelah-lulus/ 
https://www.gamelab.id/academy/ 
https://www.kitalulus.com/seputar-kerja/dear-jobseeker-ikuti-tips-cari-kerja-ini-agar-bisa-menemukan-pekerjaan-secepatnya 
https://edukasi.kompas.com/read/2020/09/09/122801671/bingung-melangkah-usai-lulus-smk-ini-6-peluang-buat-kamu?page=all 
https://smk.kemdikbud.go.id/konten/2012/simak-inilah-7-tips-buat-lulusan-smk-agar-mendapatkan-karier-sebagus-lulusan-sarjana 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Kamis, 6 Januari 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI