BERITA PROGRAMMING Terbilang Menjanjikan, Berikut Prospek Kerja Web Developer

Terbilang Menjanjikan, Berikut Prospek Kerja Web Developer

Oleh Ayu Larasati | Rabu, 2 Februari 2022

Terbilang Menjanjikan, Berikut Prospek Kerja Web Developer

Web developer terbilang memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Tidak ada salahnya kamu mencoba untuk menggeluti bidang ini. Lalu, apa sajakah prospek kerjanya?

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Tertarik buat jadi seorang web developer? Pekerjaan ini banyak diminati mengingat kebutuhan membuat web sedang meningkat sehingga banyak membutuhkan web delevoper. Apa sih sebetulnya profesi web developer itu? Lalu, apa saja prospek kerjanya? Yuk simak penjelasannya!

Apa Itu Web Developer?

Web developer merupakan seorang programer yang bertugas untuk menciptakan program dan aplikasi untuk world wide web. Seorang web developer mengetahui bagaimana membuat sebuah website dari nol, mulai dari layout,  dan menentukan fitur serta pembagian website.  Dia  juga bertugas untuk menulis kode jika dibutuhkan.

Selain itu, web developer juga bertugas untuk membuat pengunjung lebih mudah dalam menemukan informasi yang ingin mereka dapatkan atau produk yang mereka cari pada sebuah situs. Keamanan dalam transaksi keuangan di dalam sebuah website juga menjadi tugas seorang web developer. 

Terdapat tiga ruang kerja bagi web developer: front end developer, back end developer, dan full stack developer. Membangun interface dari sisi user merupakan tanggung jawab dari seorang front end developer. Sedangkan back end developer bertugas untuk mengurus seluruh kebutuhan di dalam server serta bertugas pada proses pengolahan data. Yang terakhir, full stack developer merupakan orang yang bertanggung jawab dari sisi user interface sekaligus sisi server secara bersamaan. Dengan kata lain, full stack developer adalah gabungan dari front end developer dan back end developer

Bagaimana Prospek Kerja Web Developer?

Prospek kerja web delepor terbilang menjanjikan karena tingkat kebutuhan terhadap website terus meningkat. Dahulu, seorang web developer hanya dibutuhkan dalam perusahaan informatika atau perusahaan IT saja. Namun, sekarang hampir semua perusahaan membutuhkan web developer. Hal tersebut dikarenakan promosi bisnis yang merambah ke ranah digital. Sehingga, hampir semua lini bisnis membutuhkan website untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. 

Lalu, apa saja prospek kerja web developer?

Bekerja di Start Up

Saat ini, bekerja di sebuah start up terbilang menjanjikan. Perusahaan start up terus bermunculan, khususnya di bidang teknologi digital. Banyak juga start up yang bergerak pada bidang jasa pembuatan website. Tentu, ini dapat menjadi peluang yang besar bagi kamu yang ahli dalam pengembangan web. Tidak hanya mendapatkan gaji yang lumayan, kamu juga bisa mendapatkan ilmu baru, relasi, dan networking. 

Bekerja Sebagai Freelancer

Kamu nggak suka bekerja di kantor tapi tetap ingin jadi seorang web developer? Nah, untungnya, web developer juga dapat bekerja secara lepas waktu atau freelance. Dengan menjadi seorang freelancer, kamu bisa bebas mengatur waktu kerjamu. Kamu juga bisa bekerja secara remote dan cenderung tidak terikat oleh waktu. 

Walaupun tidak terikat dengan sebuah perusahaan, kamu tetap bisa mendapatkan pekerjaan yang bagus. Saat ini, banyak situs yang menyediakan lowongan untuk para pekerja freelance, terutama untuk pekerjaan web developer. Tertarik mencoba?

Mendirikan Start Up

Dengan skill web developing, kamu juga bisa membangun start up-mu sendiri, lho! Bahkan, William Tanuwijaya selaku pendiri Tokopedia, dulunya merintis perusahannya dari bawah hingga sekarang beliau berhasil membuat Tokopedia menjadi salah satu Start Up Unicorn dan marketplace terbesar di Indonesia.

Untuk memulainya, kamu bisa  merekrut tim yang akan diajak bekerja sama untuk mengembangkan bisnismu.

Membuat Jasa Pembuatan Website

Kamu juga bisa membuka usaha jasa pembuatan website dengan skill web developer-mu. Terlebih, jika kamu sudah membuat banyak website dan sudah dipercaya banyak orang. Kamu bisa mematok harga yang sesuai dengan tingkat kerumitan website yang akan dibuat.

Rate Gaji Web Developer

Sebagai seorang web developer pemula, tentu wajar bertanya-tanya mengenai gaji.  Gaji untuk posisi web developer sendiri bergantung pada kondisi keuangan tiap perusahaan, dan bisa berbeda-beda di setiap kota. Nah, dilansir dari berbagai sumber, gaji untuk web developer pemula berkisar dari 3 juta rupiah hingga 4 juta rupiah. Sedangkan untuk senior web developer, gaji rata-ratanya sebesar 12 juta rupiah.

Baca Juga : SIB Gamelab Indonesia: Mengubah Mindset, Membangun Skill

Bagaimana Mendapatkan Skill dalam Web Development?

Tertarik untuk menjadi seorang web developer? Ingin meningkatkan skill-mu di bidang ini? Kamu bisa mengikuti kelas coding dan programming yang membuat keahlianmu makin meningkat! 

Buat kamu yang tertarik mengikuti kelas coding dan programming yang seru dan berkualitas, kamu bisa ikutan berbagai kelas menarik di Gamelab! Dengan fasilitator yang kompeten di bidangnya serta materi yang komprehensif, dijamin bakalan worth it!

Yuk, daftar kelasnya sekarang juga!


Referensi:

https://glints.com/id/lowongan/pekerjaan-web-developer/#.YfpGA-pBxPY

https://www.gramedia.com/pendidikan/profesi-web-developer/

https://www.dewaweb.com/blog/web-developer/

https://febritanaya.com/ragam-pekerjaan-web-developer/

https://alfabankjogja.com/2021/12/02/melihat-prospek-kerja-web-developer-yang-menggiurkan/

https://swa.co.id/swa/profile/jalan-panjang-tokopedia-menjadi-unicorn-indonesia/3

https://id.indeed.com/career/web-developer/salaries

https://id.indeed.com/career/senior-web-developer/salaries

 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Rabu, 2 Februari 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI