BERITA PROGRAMMING Istilah-istilah dalam Dunia Per-Codingan Yang Wajib Diketahui Pemula

Istilah-istilah dalam Dunia Per-Codingan Yang Wajib Diketahui Pemula


#coding #pemrograman #istilah
Istilah-istilah dalam Dunia Per-Codingan Yang Wajib Diketahui Pemula

Pemula dalam dunia pemrograman perlu mengetahui beberapa istilah-istilah yang sering digunakan dalam dunia pemrograman. Memahami istilah-istilah terebut akan mempermudah pemula dalam mempelajari coding.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Apa itu Pemrograman atau Coding?

Pemrograman atau yang biasa disebut dengan coding secara umum adalah proses kreatif baik itu menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang menginstruksikan komputer tentang bagaimana melakukan sebuah tugas. Orang yang melakukan coding atau pemrograman disebut dengan programmer.

Coding ditulis dalam bahasa pemrograman, proses pemrograman membutuhkan keahlian dalam algoritma, logika, dan beberapa keahlian matematika lainnya. Saat ini bidang pemrograman sangat banyak diminati karena banyaknya permintaan tenaga ahli pemrograman pada industri digital maupun instansi lainnya. Hal tersebut sebagai dampak berkembangnya dunia kearah industry 4.0 yang berkiblat pada kecerdasan buatan, IoT, dan penyimpanan data awan yang memerlukan tenaga ahli dalam bidang pemrograman.

Ini adalah pilihan yang tepat jika kamu adalah seseorang yang ingin mempelajari atau memperdalam skill pada bidang pemrograman ini. Tentunya skill atau kemampuanmu ini akan terus dipakai dan dicari oleh industri-industri diluar sana meskipun untuk mempelajari bukanlah hal yang bisa dilakukan secara instan. Sebelum mempelajari pemrograman lebih lanjut, kamu harus mengerti istilah-istilah  yang sering digunakan saat melakukan pemrograman atau coding.


Istilah dalam dunia coding

Jika kamu ingin mulai mempelajari coding atau pemrograman, beberapa istilah harus kamu ketahui terlebih dahulu, untuk mempermudah saat sudah melakukan coding nantinya. Dari beberapa istilah ini mungkin sebgaian sudah tidak asing lagi bagi kalian yang sudah sering menggunakan internet atau sering berselancar di mesin pencari, untuk mempersingkat waktu mari kita mulai dari istilah yang pertama.

1. Agile atau Agile Software Development

Agile adalah sebuah metode development software baik itu website, web application, ataupun mobile application yang fokus untuk menghasilkan secara terus-menerus sebuah software berkualitas tinggi dengan konsisten sehingga dapat meminimalisir biaya proyek dan meningkatkan nilai jual bisnis.

2. AJAX (Asynchronous JavaScript and XML)

Sebuah teknik yang dapat dimungkinkan untuk membuat sebuah aplikasi website dalam interaktif. Jika kita lihat mulai dari pemanfaatan AJAX pada aplikasi website dimana ini dapat berkomunikasi dengan server pada latar belakang. Dengan begitu ini tidak akan mempengaruhi sebuah halaman web secara keseluruhannya.

3. Algorithm

Algotithm atau algoritma merupakan sebuah kumpulan perintah atau langkah-langkah yang di gunakan oleh programer untuk menjalankan sebuah perintah. Semakin efisien algoritma yang dibuat oleh seorang programmer maka semakin cepat program yang akan dijalankan.

4.API (Application Programming Interface)

API atau Application Programming Interface adalah sebuah sistem atau protokol dan tool yang membanungun aplikasi perangkat lunak yang berjalan di balik layar. API bertugas untuk menyampaikan perintah dari pengguna kepada sistem atau program untuk memberitahukan respon apa yang akan dilakukan atas perintah tersebut.

Cara kerjanya yaitu dengan berperan sebagai kontrak yang menetapkan bagaimana sebuah program meminta program lain untuk layanan yang lebih detil.

5. Back-End Developer

Back-End Developer adalah programer yang bertanggung jawab untuk mengurus sisi bagian belakang atau “sisi server” karena berjalan di server situs web dan bukan di komputer pengguna.

Setiap back end dari situs web terdiri dari tiga bagian: server, database, dan aplikasi. Pengembang back end menulis kode yang memungkinkan ketiga komponen ini berinteraksi dan bekerja sama untuk melakukan fungsi dan menyampaikan informasi kepada pengguna akhir.

6. Bug

Bug bisa disebut sebagai sebuah program cacat atau kesalahan  dalam kode,  sehingga menyebabkan tampilan, grafis, karakter, sistem dan lainnya membuat sebuah website atau program tidak bekerja seperti seharusnya. Dengan adanya bug dapat menimbulkan celah bagi para hacker untuk memanipulasi atau sengaja menjebol keamanan sistem tersebut yang dapat merugikan developer.

7. Code

Code merupakan sebuah bahasa sederhana yang mempunyai syntax dan aturan (rule) sangat ketat. Digunakan oleh manusia untuk membuat komputer melakukan apa yang mereka inginkan.

8. Coding Language

Coding Language merupakan sebuah aturan dan syntax yang spesifik sehingga memungkinkan pengguna komputer membuat program yang dapat dijalankan dengan menggunakan aturan tersebut. 

Hal ini juga termasuk programming, assembly, dan bahasa markup seperti Ruby, PHP, dan HTML.

9. CSS (Cascading Style Sheets)

CSS atau Cascading Style Sheets merupakan salah satu bahasa desain web yang mengontrol format atau menentukan style seperti mengontrol jenis font dan warna pada sebuah halaman web yang ditulis dengan menggunakan sebuah bahasa penanda khusus (markup language).

10. Data Base

Data Base adalah sekumpulan data atau informasi elekstronik yang sudah disusun sedemikan rupa di dalam web server dengan ketentuan atau aturan tertentu yang saling berelasi sehingga memudahkan pengguna dalam mengelolanya juga memudahkan memperoleh informasi.

11. Front-End Developer

Front-End Developer adalah kebalikan dari Back-End Developer. Jika Back-End Developer bertanggung jawab pada sisi belakang atau server maka untuk Front-End Developer bertanggung jawab pada "sisi klien", karena melibatkan semua hal yang terjadi di komputer klien.

Dalam hal ini Front-End Developer, bertanggung jawab untuk menyesuaikan tampilan, nuansa, perilaku situs web, hingga antar muka pengguna yang meliputi mepilihan warna, font, hinggan bentuk dropdown. Pengalaman front-end yang sangat baik sangat penting untuk menarik dan mempertahankan pengunjung.

12. Full-Stack Developer

Jika ada Front-End Developer yang mengurusi sisi klien dan Back-End Developer yang mengurusi sisi dalam maka ada satu tempat diantara Front-End Developer dan Back-End Developer yaitu Full Stack Developer

Full-Stack Developer bekerja di zona abu-abu dimana dapat bekerja lintas-fungsional pada dua teknologi yang berbeda, yaitu front-end dan back-end, dan Full-Stack Developer menawarkan sebuah paket yang lengkap.

13. HTML

HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language. Disebut hypertext karena di dalam HTML sebuah text biasa dapat berfungsi lain, kita dapat membuatnya menjadi link yang dapat berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya hanya dengan meng-klik text tersebut.


Baca artikel lainnya : 8 Software Yang Paling Mudah Digunakan Untuk Mengembangkan Website


14. JavaScript

JavaScript merupakan suatu bahasa pemrograman yang bersifat Client Side Programming Language yang dapat berjalan pada semua web browser. Pengertian dari Client Side Programming Language sendiri merupakan tipe bahasa pemrograman, dan prosesnya dilakukan oleh client. JavaScript banyak digunakan untuk membuat sebuah halaman pada website agar menjadi lebih menarik dan lebih cepat di dalam browser. 

15. jQuery

jQuery adalah kumpulan fungsi-fungsi JavaScript yang memudahkan penulisan kode JavaScript atau sebuah library JavaScript. Dalam dunia coding, library merupakan sebuah kumpulan fungsi yang dapat digunakan untuk memudahkan pembuatan sebuah aplikasi.

16. Minimum Viabel Product (MVP)

MVP merupakan sebuah produk yang dibuat dengan fitur minimal dengan waktu pembuatan yang secepat mungkin, namun mampu memberikan kebutuhan inti penggunaa semaksimal mungkin. MVP sering digunakan untuk melakukan test oleh user experience designer terhadap konsep atau ide tanpa menggunakan sumber daya yang besar  sehingga dapat membaca arah pasar produk yang sedang dikembangkannya.

17. Mood Board

Mood Board merupakan kumpulan atau koleksi konten yang memperlihatkan bentuk visual dari website seperti warna, gambar, icon, font dan objek lain yang diperlukan.

18. Methods/Functions

Method atau Function merupakan sebuah kode blok yang sering digunakan kembali dalam sebuah proses tertentu pada sebuah program yang dibuat. Untuk lebih jelasnya Method adalah sebuah blok program terpisah (diluar program utama) yang kita gunakan untuk menyelesaikan masalah khusus. Sedangkan Function adalah sebuah struktur, pengelompokan yang terdapat sekolompok pernyataan yang akan dilakukan oleh CPU jika nama function tersebut dipanggil untuk eksekusi.

19. Native Ads

Native ads adalah salah satu format iklan yang biasanya muncul pada sebuah aplikasi atau game. Native ads ini tampil seolah - olah menjadi bagian dari konten website itu sendiri, sehingga pengguna tidak akan terlalu terganggu dengan adanya iklan tersebut. Iklan jenis ini menjadi salah satu iklan yang disukai oleh para publisher.

20. Pair Programming

Seperti arti dalam bahasa Indonesia nya, Pair Programming merupakan sebuah teknik pemrograman yang dilakukan oleh 2 orang programmer secara bersamaan, di mana seorang programer menjadi "pengemudi" kodenya dan programer satunya menjadi "navigator" kode tersebut.

21. Programming Language

Sebuah bahasa pemrograman adalah seperangkat perintah, instruksi, dan sintaks lain yang digunakan untuk membuat program perangkat lunak. Bahasa yang digunakan pemrogram untuk menulis kode disebut "bahasa tingkat tinggi". Kode ini dapat dikompilasi ke dalam "bahasa tingkat rendah ", yang diakui secara langsung oleh perangkat keras komputer.

22. Recursion

Recursion merupakan sebuah perintah pada yang dapat memerintahkan code itu untuk mengulang sebuah proses sampai proses tersebut dihentikan oleh kondisi semula. Hal ini membuat recoursion menjadi sebuah metode yang dianggap penting dalam dunia pemrograman.

Pada saat-saat tertentu, konsep ini dapat digunakan untuk mendefinisikan sebuah permasalahan dengan konsisten dan sederhana. Selain itu Recursion juga dapat membantu untuk mengekspresikan algoritma dalam sebuah rumusan yang menjadikan tampilam algoritma tersebut mudah untuk dianalisa.

23. Responsive Design & Development

Hal ini menjadi salah satu hal yang penting dalam membuat sebuah aplikasi maupun website. Dimana keadaan sebuah halaman website atau aplikasi tampilanya akan rapi dan tetap enak untuk dilihat walaupun diakses dari berbagai perangkat yang memiliki resolusi layar yang berbeda.

Misalnya ketika mengakses sebuah blog melalui PC maka tampilannya akan berbeda dengan tampilan pada smartphone maupun tablet. Hal tersebut dikarenakan menyesuaikan dengan keadaan layar sehingga akan meningkatkan user experience.

24. SDK (Software Development Kit)

SDK merupakan seperangkat alat dan program perangkat lunak yang digunakan oleh developer untuk membuat sebuah aplikasi atau platform tertentu. Tools SDK akan mencakup berbagai hal, termasuk library, dokumentasi, contoh kode, proses, dan panduan yang dapat digunakan dan diintegrasikan oleh developer ke dalam aplikasi mereka sendiri.

25. Sitemap

Sitemap atau Peta Situs merupakan sebuah model atau kerangka konten  pada sebuah situs web yang dirancang untuk membantu penggunan dan mesin pencari menavigasi situs tersebut. Biasanya, Sitemap berupa daftar halaman yang disusun berdasarkan topik, bagan organisasi, dokumen XML yang menyediakan instruksi untuk bot mesin pencari.

26. Structured Query Language (SQL)

Structured Query Language (SQL) merukan sebuha sistem manajemen database relasional yang dirancang  untuk aplikasi arsitektur klien / server. Istilah client, server, dan client / server dapat digunakan untuk merujuk kepada konsep yang sangat umum atau hal yang spesifik dari perangkat keras atau perangkat lunak.

27. Text Editor

Text Editor merupakan sebutan untuk software atau program komputer yang memungkinkan kita untuk membuat, mengubah atau mengedit file teks yang ada ke dalam bentuk plain text. Software text editor dapat diperoleh secara gratis meupun berbayar, beberapa contoh dari text editor seperti Notepad ++, Visual Code Studio, Sublime Text, Atom, dll.

28. UI (User Interface)

UI atau User Interface merupakan sebuah bentuk tampilan grafis dibuat sedemikian rupa yang berhubungan langsung dengan pengguna dan berfungsi sebagai penghubung antara pengguna dengan sistem operasi sehingga aplikasi atau program dapat beroperasi sebagaimana mestinya. 

29. User Flow

User Flow merupakan alur yang diambil oleh pengguna dari awal memasuki aplikasi atau website hingga keluar dari aplikasi atau website tersebut. Alur pengguna tersebut membawa mereka masuk melalui serangkaian langkah menuju hasil dan tindakan akhir, seperti membeli produk ataupun melakukan subscribe atau tindak sukses bagi pengembang lainnya.

30. UX (User Experience)

User Experience merupakan sebuah proses meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung website) dalam meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk.

Secara umum, User Experience merupakan suatu proses membuat sebuah website atau aplikasi menjadi lebih mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan ketika digunakan oleh pengguna atau biasa disebut dengan user friendly.

31. Web Application Framework

Web Application Framework adalah sebuah software tertentu yang digunakan untuk memudahkan programmer utnuk membuat sebuah aplikasi atau web. Dalam software ini berisi berbagai fungsi, plugin, dan konsep sehingga membentuk suatu sistem tertentu.

Dengan menggunakan framework, sebuah aplikasi akan tersusun dan terstruktur dengan rapi. Sebuah pre-written code (kode yang sudah ditulis sebelumnya) yang digunakan oleh developer sebagai dasar untuk membangun aplikasi web.

32. Web Server

Secara umum Web Server merupakan sebuah software yang memberikan layanan khusus berbasis data dan berfungsi menerima permintaan  dari HTTP atau HTTPS pada klien yang kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.

33. Wireframe

Wireframe atau disebut juga dengan Mockup merupakan rancangan awal sebuah desain web atau protoype secara full dan detail yang dibuat secara manual menggunakan software editing gambar seperti Photoshop. Wireframe biasanya disimpan dalam bentuk .PSD.

 


Sumber :

  • www.thoughtco.com
  • www.medium.com

 

Baca artikel tentang coding menarik lainnya :


Kamis, 12 Desember 2019