BERITA BISNIS & ADMINISTRASI Mengapa Website Penting untuk Kemajuan UMKM?

Mengapa Website Penting untuk Kemajuan UMKM?

Oleh Ayu Larasati | Jumat, 18 Februari 2022

Mengapa Website Penting untuk Kemajuan UMKM?

Mengapa UMKM perlu sebuah website? Berikut penjelasan lengkapnya untukmu.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

UMKM kan “cuma” usaha kecil dan menengah. Masa sih perlu website?

Eits, jangan salah. UMKM juga butuh digitalisasi agar usahanya makin maju.  

Dengan perkembangan teknologi dan transformasi digital yang makin canggih, mau tak mau pelaku bisnis UMKM harus ikut berkembang. Salah satunya adalah dengan membuat website toko online.

Lalu, apa saja sih pentingnya website untuk kemajuan UMKM? Berikut penjelasan lengkapnya untukmu.

Pentingnya Website untuk UMKM

Meningkatkan Kredibilitas UMKM

Saat ini, hampir semua orang mencari apa yang mereka inginkan dan butuhkan melalui internet. Pencarian informasi tersebut mulai dari membandingkan harga, hingga untuk memperoleh informasi restoran, toko, atau bisnis sebelum mereka memutuskan untuk membeli barang yang mereka inginkan.

Apabila kamu tidak memiliki situs website untuk pelanggan yang potensial, maka calon pelanggan akan mendatangi kompetitormu yang sudah mempunyai sebuah website. Apalagi, jika UMKM-mu belum memiliki media sosial.

Tidak hanya memudahkan pembeli untuk memperoleh informasi, sebuah website juga bisa memberi kredibilitas untuk bisnismu. Tentunya, kamu perlu membuat website yang direncanakan dengan matang, memenuhi kebutuhan pelanggan, dan didesain secara responsif, maka website-mu akan memberikan citra profesional. Dengan begitu, pelanggan akan lebih nyaman saat mencari informasi mengenai produkmu dan bisa berujung pada pembelian.

Secara Langsung Terhubung dengan Pelanggan

Dengan membuat website untuk bisnismu, maka pelanggan jadi lebih mudah untuk berkomunikasi dengan toko/bisnismu. Apalagi, jika ditambah dengan adanya layanan customer service. Jadi, pelanggan bisa langsung mendapatkan informasi atau jawaban atas pertanyaan yang berhubungan dengan produk atau yang lainnya.

Pelanggan Lebih Mudah Mencari Produk

Di sebuah website untuk bisnis, biasanya juga terdapat katalog produk. Katalog tersebut berfungsi untuk memberikan informasi produk meliputi foto dan detail produk.

Dengan begitu, calon pelangganmu akan lebih mudah melihat dan mendapatkan produk yang mereka inginkan. Mereka cukup berkunjung ke website jualanmu dan memesan barang. Kemudian, tinggal menunggu barang yang dipesan diterima.

Menghemat Biaya Iklan

Ternyata, membuat website untuk UMKM juga dapat menghemat biaya pemasaran, lho. Memasarkan produk UMKM dengan cara menyebarkan brosur sudah tidak lagi efektif. Alih-alih menggunakan cara yang kuno, kamu bisa menggunakan website untuk mempromosikan lewat website bisnismu.

Apalagi, kamu bisa menghubungkan website-mu dengan IG Shopping sebagai katalog barang. Caranya, kamu bisa menambahkan URL website UMKM-mu. Simpel, kan?

Mengumpulkan Data Pelanggan

Tidak hanya untuk berjualan dan promosi, kamu juga dapat mengumpulkan data para calon pelanggan kamu. Umumnya, informasi yang bisa didapatkan berupa nama, e-mail, dan nomor telepon.

Nah, dari informasi tersebut, kamu bisa memanfaatkannya untuk tetap terhubung dengan mereka. Contohnya, dengan memberikan informasi mengenai produk terbaru atau promo produk melalui newsletter.

Lebih Mudah Diakses

Berbeda dengan toko di dunia nyata yang mempunyai jam buka terbatas, website bisa diakses 24 jam sehari. Kamu bisa menciptakan kenyamanan berbelanja bagi pelanggan ataupun calon pelanggan untuk melihat dan membeli produk kapanpun, bahkan saat toko offline-mu sedang tutup. Apalagi, jika ditambah dengan berbagai fitur interaktif yang bisa membuat pengunjung website dapat menghubungimu.

Baca Juga : Tips dan Trik Membuat Landing Page yang Tidak Hanya Menarik tapi juga Menghasilkan!

Contoh Website untuk UMKM Magani Craft oleh Gamelab

Salah satu contoh UMKM yang sudah menggunakan website untuk bisnisnya adalah Magani Craft. UMKM yang satu ini menawarkan produk-produk kerajinan tradisional yang unik dan menarik.

Bekerja sama dengan Gamelab Indonesia, mereka membuat website yang interaktif dengan desain yang simpel dan modern. Dengan adanya website tersebut, pelanggan Magani Craft menjadi lebih mudah dalam mendapatkan informasi dan melakukan pembelian produk.

Jika kamu ingin bisa membuat website sendiri, kamu bisa mengikuti magang atau kelas online di Gamelab. Dengan materi yang komprehensif dan trainer yang kompeten, kamu bisa meningkatkan skill-mu dengan optimal. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

 


Referensi:

https://idwebhost.com/blog/5-alasan-umkm-harus-mempunyai-website/ 

https://jubelio.com/2021/mengapa-umkm-perlu-bikin-website-toko-online-sendiri/ 

 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Jumat, 18 Februari 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI