BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Mengenal Mock Up, Bagian Penting dalam Desain Produk

Mengenal Mock Up, Bagian Penting dalam Desain Produk

Oleh Ayu Larasati | Senin, 21 Februari 2022

Mengenal Mock Up, Bagian Penting dalam Desain Produk

Dalam desain produk atau karya, mock up sangat dibutuhkan untuk memberikan gambaran detail. Lalu, apa itu mock up?

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Buat kamu yang tertarik atau sudah bekerja di bidang desain, tentunya tidak asing dengan istilah mock up. Singkatnya, mock up adalah visualisasi atau gambaran nyata tentang konsep yang sedang dikerjakan.

Ingin tahu lebih banyak soal mock up? Berikut penjelasan lengkapnya untukmu.

Pengertian Mock Up

Mock up mempunyai hubungan yang erat dalam desain dan memiliki peran penting dalam sebuah pengembangan desain/produk. Umumnya, para desainer membuat desain mock up untuk memberikan perspektif dan gambaran yang lebih realistis mengenai sebuah produk atau karya.

Jadi, secara sederhana, mock up merupakan preview atau gambaran yang menyerupai wujud nyata atau hasil final yang ingin dicapai. Desain mock up juga merupakan gambaran paling realistis dari hasil final sebuah konsep desain. Biasanya, mock up ditunjukkan atau diberikan setelah tahap perumusan dan perancangan konsep sudah terselesaikan, atau saat akan masuk ke eksekusi terakhir.

Fungsi Mock Up

Jika kita lihat dari pengertian mock up, bisa kita simpulkan bahwa fungsi inti mock up adalah untuk membuat proses eksekusi sebuah rancangan karya atau produk menjadi lebih mudah. Walaupun sebuah desain sederhana mungkin sudah cukup membantu untuk memberikan informasi mengenai ide desain, tetapi mock up memberikan gambaran yang lebih nyata dan menyerupai produk akhir.

Selain itu, berikut beberapa fungsi mock up yang perlu kamu tahu:

Memberikan Gambaran Nyata dari Sebuah Karya atau Produk

Mengingat bahwa desain mock up adalah gambaran nyata dari sebuah karya atau produk, maka hal ini akan membantu berbagai pihak yang berkaitan. Misalnya, seperti desainer UI dan UX untuk mengobservasi setiap elemen pada karya/produk.

Nah, desain mock up ini dapat menjadi rujukan untuk memperoleh hasil yang tepat dan sesuai. Tidak hanya itu, desain mock up juga lebih mudah untuk dipresentasikan dibandingkan dengan tampilan desain biasa atau hanya sekadar tulisan.

Menghemat Waktu

Fungsi mock up yang lain adalah untuk membuat waktu pengerjaan lebih efektif. Pada tahap perancangan mock up, kesalahan yang terjadi bisa diminimalisir. Sehingga, waktu yang diperlukan untuk memperbaiki juga lebih cepat.

Hal ini tentu berbeda jika misal terjadi kesalahan pada produk atau karya final. Mau tidak mau, harus membuat ulang dari awal. Membuat mock up hanya membutuhkan waktu yang lebih singkat. Jika terdapat kesalahan yang perlu diperbaiki, tentu dengan mock up akan lebih singkat dan efektif dibanding membuat ulang sebuah karya atau produk jadi.

Menghemat Biaya

Selain menghemat waktu, membuat desain mock up juga dapat menghemat biaya produksi. Pasalnya, setiap kesalahan dan kekurangan yang bisa terjadi dapat diminimalisir dan diantisipasi di proses penyampaian informasi mock up. Umumnya, desainer akan merepresentasikan desain mock up ke orang lain seperti klien. Kemudian, orang lain akan memberikan umpan balik berupa saran, pendapat, atau kritik.

Maka dari itu, anggaran bisa diminimalisir karena revisi proses pembuatan karya atau produk jadi juga dapat diminimalisir. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika terdapat kesalahan yang harus diperbaiki, maka tidak perlu adanya tambahan anggaran untuk membuat karya atau produk serupa.

Media untuk Presentasi

Mock up juga berfungsi sebagai media visualisasi yang berguna untuk mempresentasikan rancangan desain mereka. Jika tidak ada mock up, presentasi informasi atau ide akan menjadi lebih sulit karena bisa terjadi penggambaran yang berbeda-beda di tiap orang.

Mengapa Mock Up Penting?

Mengacu pada beberapa fungsi mock up di atas, bisa dibilang mock up sangat penting. Apa saja alasannya?

Meyakinkan Investor

Karena memiliki fungsi untuk memberikan gambaran sebuah karya atau produk, mock up juga bermanfaat untuk meyakinkan orang lain, termasuk investor. Desain mock up mampu memberikan gambaran yang menjanjikan dan jelas, sehingga bisa menarik perhatian investor.

Investor tentu tidak akan memberikan investasi pada sesuatu yang tidak jelas. Maka, dengan adanya mock up, kamu bisa memberikan gambaran desain secara menarik, detail, dan rinci.

Memberikan Estimasi Waktu dengan Jelas

Desain mock up juga dapat menjadi referensi yang diperlukan untuk memberikan estimasi waktu pengerjaan, pengembangan, dan penyelesaian sebuah karya atau produk. Walaupun hanya berwujud desain dua dimensi, tetapi mock up bisa menampilkan gambaran realistis dan detail setiap elemen. Maka, hal tersebut berarti memudahkan pihak pengembang untuk mengestimasikan bagian mana yang perlu dikerjakan dan juga rentang waktunya.

Membuat Proses Coding Lebih Mudah

Apabila desain mock up berkaitan dengan website atau aplikasi, maka desain ini bisa membuat para developer atau pengembang untuk mempersiapkan berbagai elemen yang diperlukan. Hal itu dikarenakan alur kerja aplikasi atau website sudah digambarkan dalam desain sehingga dapat membuat proses coding menjadi lebih mudah.

Aplikasi untuk Membuat Mock Up

Beberapa aplikasi bisa kamu gunakan untuk membuat mock up. Berikut di antaranya.

Canva

Bisa dibilang, Canva adalah salah satu aplikasi mock up yang paling terkenal. Hal itu dikarenakan aplikasi ini mudah untuk digunakan. Terdapat macam-macam template yang ada di aplikasi ini. Tentunya, berbagai template tersebut dapat kamu gunakan untuk membuat prototipe sebuah produk atau website. Sementara itu, beberapa aset yang tersedia di aplikasi ini bisa dipakai secara gratis dan berbayar.

Figma

Buat kamu yang mau melakukan wireframing, aplikasi mock up Figma bisa sangat membantu. Bisa diakses secara gratis, aplikasi ini menyediakan berbagai kemudahan dan berbagai fitur untuk para desainer web untuk mendesain mock up. Aplikasi ini juga mempunyai fitur dan tampilan yang terbilang sederhana, jadi cocok untuk dipakai pemula.

Proto.io

Buat kamu yang ingin membuat mock up aplikasi  mobile, Proto.io bisa jadi tool yang cocok untukmu. Pasalnya, berbagai fitur yang diusung di platform prototyping ini sangat mendukung proses pembuatan mock up, bahkan untuk desain yang kompleks sekalipun.

Mockflow

Aplikasi mock up yang selanjutnya adalah Mockflow. Aplikasi yang satu ini bisa membantumu membuat prototipe UI dan wireframes interaktif. Bahkan, kamu juga dapat saling berkolaborasi dengan pengguna lain dalam proses pengerjaan.

Wirefy

Mau bikin mock up untuk web dan pengembangan alat? Nah, kamu bisa pakai Wirefy. Tool yang satu ini bisa kamu gunakan untuk mempercepat proses desain. Pasalnya, Wirefy mampu membuat transisi yang lebih halus antara rancangan/sketsa awal dan hasil final.

Baca Juga : Hobi Desain? Berikut Peluang Kerja Lulusan Desain Grafis yang Kompetitornya Sedikit!

Penutup

Itu dia penjelasan mengenai mock up yang memiliki peran penting mock up di dalam perancangan karya atau produk. Ingin tahu lebih banyak soal desain? Atau ingin meningkatkan skill di bidang desain? Yuk ikuti kelas desain di Gamelab!

Di Gamelab, kamu bisa belajar secara fleksibel dengan materi yang komprehensif dan trainer yang sangat kompeten. Tertarik ikutan? Daftar kelasnya di sini.

 


Referensi:

https://www.tokopedia.com/blog/pengertian-manfaat-dan-contoh-mockup-krj/ 

https://sekawanstudio.com/blog/apa-itu-mockup/ 

https://www.jagodesain.com/2016/09/apa-itu-mockup.html 

https://www.jagoanhosting.com/blog/mockup-adalah/ 

https://www.foxlen.com/software-mockup/#8_Wirefy 

 

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Senin, 21 Februari 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI