BERITA BERITA GAME Kamu Suka Nge-Game? Ini Daftar Profesi yang Cocok untuk Pecinta Game

Kamu Suka Nge-Game? Ini Daftar Profesi yang Cocok untuk Pecinta Game

Oleh Ayu Larasati | Selasa, 1 Maret 2022

Kamu Suka Nge-Game? Ini Daftar Profesi yang Cocok untuk Pecinta Game

Kamu suka nge-game? Ini 7 profesi yang cocok banget buat gamers!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

"Main game mulu! Gimana bisa dapet kerjaan?”

Eits, tunggu dulu. Main game tidak selamanya buruk. Bahkan, ada profesi-profesi tertentu yang berkutat dengan game setiap hari dan digaji juga!

Bidang pekerjaan yang berkaitan dengan game sendiri terbilang sangat beragam. Selain itu, tidak hanya diisi oleh orang dengan latar belakang pendidikan berbau teknologi saja.

Lalu, apa saja sih profesi yang cocok untuk orang-orang yang suka dengan dunia game? Berikut ulasan lengkapnya untukmu!

Profesi yang Cocok untuk Para Pecinta Game

Game Designer

Suka main game dan bisa desain? Pekerjaan ini bisa cocok untukmu!

Tugas dari desainer game sendiri mencakup perancangan sebuah game. Mulai dari konsep dan alur game, apa saja tantangan yang dihadapi dalam game tersebut, serta berbagai elemen lainnya.

Orang yang ingin bekerja di bidang ini tentu harus mempunyai kreativitas tinggi. Selain itu, dia juga harus suka bermain game dan juga gemar eksplorasi berbagai game. Dengan eksplorasi berbagai jenis game, kamu jadi tahu apa saja yang bisa dikembangkan dari sebuah game.

Creative Director

Creative Director atau direktur kreatif memiliki tugas dan tanggung jawab atas produk game yang sedang diciptakan. Mulai dari konten, tampilan, artistik, kualitas audio visual, dan berbagai aspek lainnya.

Dengan kata lain, Creative Director  bertanggung jawab sebagai pemimpin tim produksi. Tidak hanya bekerja memproduksi game, Creative Director juga perlu memantau dan memastikan jika proses produksi game berjalan sesuai dengan budget dan jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya.

Pekerjaan ini tentu memerlukan orang yang memiliki pengalaman yang mumpuni. Untuk latar belakang sendiri, tidak ada jurusan kuliah yang spesifik. Walau begitu, ada baiknya orang yang menjadi seorang Creative Director adalah orang yang mengerti seni dan desain.

Copywriter

Umumnya, setiap game memiliki berbagai petunjuk dan narasi. Hal ini bertujuan agar game bisa dimengerti oleh pemain. Selain itu, agar informasi dan pesan di dalam game bisa disampaikan dengan baik.

Orang yang bertugas menyampaikan pesan dari desainer game dan creative director ke dalam narasi atau teks yang mudah dipahami adalah copywriter. Ia juga bertugas untuk menyampaikan narasi yang engaging, menarik, dan sesuai dengan game.

Software Developer dan Game Programmer

Profesi yang penting di industri game adalah software developer dan game programmer. Mereka bertugas menransfer rancangan game yang sudah dibuat oleh desainer dan tim lain ke dalam bahasa komputer agar dapat dimainkan.

Dengan kata lain, mereka membangun game sebagai “tukang”. Tidak hanya membangun, mereka juga bertugas melakukan maintain berkala, mengawasi kinerja secara keseluruhan, hingga menjamin keamanan dan ketahanan game yang sedang dikembangkan. Kalau kamu suka main game dan sekolah atau kuliah di bidang IT, pekerjaan ini bakalan cocok untukmu.

Audio Engineer

Sesuai dengan namanya, pekerjaan yang satu ini bertugas soal audio. Misalnya seperti audio dialog (apabila ada), musik latar belakang, dan efek suara dalam game.

Pekerjaan ini sangat penting mengingat audio juga memiliki peran penting dalam keseluruhan game. Audio bisa membuat game makin intens dan seru. Namun, jika audio-nya salah, suara dalam game bisa jadi mengganggu dan tidak nyambung.

Animator dan Multimedia

Animator dan seniman multimedia memiliki tanggung jawab untuk menciptakan tampilan animasi game. Pekerjaan ini cukup menantang dan juga membutuhkan kreativitas, mengingat tampilan game semakin canggih seiring berjalannya waktu.

Sebagai animator, kamu harus membuat animasi yang oke agar game yang dikembangkan diminati oleh para gamers. Selain itu, animasi yang kamu buat juga harus cocok dengan konsep dan gaya yang diusung dalam game yang sedang dibuat.

Quality Assurance dan Testers

Saat game yang dikembangkan sudah selesai, maka game tersebut perlu dites dulu kualitas dan kelayakannya sebelum dipasarkan. QA game bertugas untuk mendeteksi apakah ada error, apakah game tersebut dapat dimainkan dengan baik, dan apakah kualitas game-nya sudah sesuai dengan indikator yang sudah ditentukan.

Orang yang di posisi ini tentu harus bisa bermain game dengan sungguh-sungguh. Dengan begitu, mereka bisa memeriksa dan memberikan umpan balik pada game dengan maksimal.

Selain itu, mereka juga harus punya pengetahuan yang cukup mengenai berbagai game yang beredar. Jadi, mereka bisa melakukan perbandingan antara game yang dikembangkan dengan produk game dari pesaing.

Baca Juga : Toge Productions dan Mojiken Studio: Kisah Kesuksesan Studio Game Indonesia yang Menggebrak Dunia!

Tips Agar Makin Mudah Dapat Pekerjaan

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk bekerja di bidang game?

Industri game sendiri mempunyai prospek yang terbilang cerah mengingat banyak sekali peminatnya. Jika kamu ingin berkecimpung di industri game, hobi main game saja tidaklah cukup.

Kamu juga harus punya skill yang tepat dan mumpuni agar kamu makin mudah mendapatkan pekerjaan. Baik itu skill dalam desain, coding, hingga wawasan seputar game.

Nah, buat kamu yang ingin upgrade skill, kamu bisa ikut berbagai program menarik di Gamelab. Mulai dari magang online, kelas online, dan masih banyak lagi. Tidak hanya bisa mengembangkan skill, kamu juga bisa dapat pengalaman seru dan sertifikat keahlian.

Tertarik mencoba? Klik di sini.

 

 


Referensi:

https://rencanamu.id/post/dunia-kerja/karier/industri-game-makin-menjanjikan-inilah-pilihan-profesi-untuk-para-pecinta-game 

https://inet.detik.com/games-news/d-5312238/8-pekerjaan-yang-cocok-untuk-gamer-sejati 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Selasa, 1 Maret 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI