Yuk, Intip Berbagai Pekerjaan di Studio Game

BERITA BERITA GAME Yuk, Intip Berbagai Pekerjaan di Studio Game

Yuk, Intip Berbagai Pekerjaan di Studio Game

Kalian pasti suka banget dengan yang namanya game? Yeaah, siapa sih yang enggak suka game? game sudah seperti hiburan yang wajib ada di gadget, yang akan kalian mainkan dikala senggang atau jika sedang suntuk.

Namun apakah kalian pernah berfikir dibalik game tersebut gimana sih proses pembuatannya, atau seperti apa sih studio tempat pembuatan game tersebut?

Naaah sekarang saatnya kita mengintip seperti apa sih pekerjaan para pembuat game di Studio Game. Kita pasti sepakat bahwa memainkan game memang mudah, tapi untuk membuat sebuah game membutuhkan ketekunan, keuletan dan ketelitian lho. Dan ternyata dalam proses pembuatan game dilakukan secara kerjasama dengan beberapa orang atau biasanya disebut dengan team.

Kali ini kita intip Educa Studio yuk, menurut pengakuan dari team Educa Studio meskipun proses pembuatannya rumit, namun membuat game jauh lebih memuaskan karna dapat membuat orang yang memainkan merasa senang. Nah untuk kalian yang kreatif dan ingin membuat game yang menarik, profesi ini bisa menjadi pilihan untuk kalian. Berikut adalah bidang profesi yang ada di dalam team:

1. Game Designer
Game designer bertanggung jawab mendesign suatu game dengan memastikan bahwa nantinya pemain dapat menikmati game yang dimainkan dengan memperhatikan secara alur cerita, genre, dan tampilan visulanya.

 

2. Game Artist 2D
Dalam bidang ini, seorang yang berprofesi sebagai Game Artist 2D bertanggung jawab membuat sebuat tampilan atau visual bentuk suatu karakter, background, dan masih banyak lainnya yang nantinya digunakan untuk kebutuhan pembuatan game.

 

3. Game Artist 3D
Untuk Game Art 3D, hampir sama dengan Game Art 2D, yaitu bertanggung jawab membuat sebuat tampilan atau visual bentuk suatu karakter, background, dan asset-asset lainnya untuk keperluan game, namun berbentuk 3D.

 

4. Game Animator
Game animator bertanggung jawab untuk menganimasikan karakter, benda-benda ataupun asset yang ada didalam game. Mulai dari proses layout asset yang akan dianimasikan, pemberian bone, hingga memberikan gerakan sesuai yang dibutuhkan atau sesui storyboardnya.

 

5. Game Programmer
Nah pasti udah gak asing lagi kan denger perofesi yang satu ini, yups disini programmer merupakan pekerjaan yang sangat penting dalam pembuatan game. Biasanya programmer harus menguasai salah satu atau bahkan lebih bahasa pemrogramman. Taggung jawab programer meliputi gameplay, lancarnya grafis saat gimainkan, artificial intelligence, dan juga engine yang bisa mewujudkan game tersebut.

 

6. Audio Engineer
Dalam sebuah game, tentunya suara sangatlah penting karena suara mendukung alur cerita menjadi lebih real, dengan suara yang pas pula membuat game akan terasa lebih menarik saat dimainkan. Maka setiap studio game pasti memiliki seseorang yang ahli dalam bidang Audio Engineer , yaitu bidang skill yang berhubungan dengan penggunaan mesin dan equipment untuk rekaman, audio editing, mixing, mastering dan reproduksi suara. Bidang ini mengacu pada audio, termasuk elektronik, akustik, psychoacoustics, dan musik. Seorang Audio engineer mahir dengan berbagai jenis media perekaman, seperti tape analog, multitrack recorder, digital audio workstation, dan pengetahuan komputer.

 

7. Tester Game & QA/QC.
Waaauuu ini dia, siapa sih yang gak suka main game? nah ini nih jika kalian pada hobby banget main game, mungkin ini cocok banget buat kalian. Tester game bertugas untuk mengetes game yang sudah jadi, namun tak sembarantgan orang lho bisa jadi game tester karena seorang game tester haruslah sangat teliti dan pastinya handal dalam melewati level permainan. Game tester harus mampu menemukan sebanyak mungkin kesalahan, bugs, dan celah dalam game tersebut. Game tester juga harus mereview tentang game yang ditest tersebut, intinya game tester sebagai staff quality control untuk game mengenai kualitas mutu, termasuk reliabilitinya.

 

8. Game Publisher.
Game publisher ini bertanggung jawab untuk mempublish game yang sudah siap rilis, publisher dibutuhkan untuk memanufaktur dan mendistribusikan game yang dikembangkan oleh studio game yang independen atau yang hanya berfokus untuk membuat game. Tanpa publisher, banyak game studio sulit untuk merilis gamenya. 

Nah bagaimana? sudah tau sekarang gambaran tentang pembuatan game yang dilakukan di studio game. Menarik sekali ya, makin semangat pastinya untuk menjadi salah satu bagian dari team pembuat game. Yuk share artikel ini keteman-teman sebanyak mungkin agar artikel ini bermanfaat.

Terima kasih.

 

Baca artikel lainnya5 Perangkat Lunak Untuk Membuat 2D Art Game

job pekerjaan studio game developer
Septi Yuliana

Septi Yuliana

Rabu, 25 Juli 2018