BERITA PRESS RELEASE Kerja Sama Gamelab Indonesia dan SMKS NU 05 Kaliwungu Selatan dalam Uji Kompetensi Keahlian (UKK)

Kerja Sama Gamelab Indonesia dan SMKS NU 05 Kaliwungu Selatan dalam Uji Kompetensi Keahlian (UKK)

Oleh Ayu Larasati | Senin, 28 Maret 2022

Kerja Sama Gamelab Indonesia dan SMKS NU 05 Kaliwungu Selatan dalam Uji Kompetensi Keahlian (UKK)

SMKS NU 05 Kaliwungu Selatan bekerja sama dengan Gamelab Indonesia dalam rangka menguji kompetensi siswa melalui Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Seperti apa keseruannya?

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) telah dilaksanakan di SMKS NU 05 Kaliwungu Selatan pada Jumat (25/03/2022). Dengan menghadirkan dua trainer Gamelab Indonesia sebagai asesor eksternal, kegiatan ini berjalan dengan lancar. Sebetulnya apa itu UKK? Apa manfaatnya? Dan bagaimana UKK di SMKS NU 05 Kaliwungu Selatan berlangsung?

Simak artikelnya sampai habis ya!

Definisi Uji Kompetensi Keahlian (UKK)

Gambar: Kegiatan UKK di SMKS NU 05 Kaliwungu Selatan

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan cara penjaminan mutu pendidikan dan kompetensi yang biasanya dilaksanakan di satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kegiatan ini berbentuk ujian praktik kejuruan wajib yang bermanfaat untuk mengukur kemampuan dan kompetensi siswa selama menempuh pendidikan.

Tentu, ujian ini dilaksanakan sesuai dengan bidang yang sesuai dengan para siswa tempuh di pendidikan kejuruan. Selain itu, UKK dapat diselenggarakan oleh setiap SMK sesuai dengan peraturan Undang-Undang.

Materi uji yang diberikan pada kegiatan ini biasanya menggunakan standar yang sudah ditetapkan oleh industri atau LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi). Pihak sekolah bisa bekerja sama dengan LSP atau dengan pihak Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) untuk melaksanakan UKK.

Pelaksanaan UKK di SMKS NU 05 Kaliwungu Selatan

Gambar: Kegiatan UKK di SMKS NU 05 Kaliwungu Selatan

Kegiatan UKK diikuti oleh para siswa kelas 12 SMKS NU 05 Kaliwungu Selatan jurusan RPL. Ujian ini berjalan lancar dan seluruh siswa peserta dapat mengikutinya dengan baik.

Bekerja sama dengan Gamelab Indonesia, sekolah ini memberikan materi uji yang efektif untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa SMK. Dalam UKK ini, siswa peserta membuat website Sistem Informasi Pemesanan Hotel.

Semua peserta berhasil melaksanakan tugas tersebut dengan baik dan berhak mendapatkan sertifikat digital dari Gamelab.

Baca Juga : Mendapatkan Pemahaman Proses Karya Kreatif, SMKN 1 Ketapang Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bersama Gamelab

Sekolah yang menyelenggarakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bersama Gamelab akan mendapatkan keuntungan dan manfaat sebagai berikut:

  • Mengukur pencapaian kompetensi siswa SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh
  • Memfasilitasi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya untuk mendapatkan sertifikat yang telah terverifikasi secara Nasional
  • Mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi yang berorientasi pada capaian kompetensi lulusan SMK sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
  • Memfasilitasi kerja sama SMK dengan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA) dalam rangka pelaksanaan Uji Kompetensi sesuai kebutuhan DUDIKA
  • Materi UKK disusun berdasarkan skema sertifikasi sesuai dengan jenjang kualifikasi peserta uji/asesi yang memuat kemampuan melaksanakan pekerjaan spesifik, operasional, dan/atau penjaminan mutu
  • Ujian dilaksanakan berbasis komputer melalui LMS Gamelab Indonesia dan sertikat kompetensi didapatkan dalam bentuk digital

Tertarik untuk melaksanakan UKK bersama Gamelab seperti SMKS NU 05 Kaliwungu Selatan? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut ya!

 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Senin, 28 Maret 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI