BERITA SMK Mengenal SMK Pusat Keunggulan, Program Unggulan Ditjen Pendidikan Vokasi

Mengenal SMK Pusat Keunggulan, Program Unggulan Ditjen Pendidikan Vokasi

Mengenal SMK Pusat Keunggulan, Program Unggulan Ditjen Pendidikan Vokasi

Apa itu SMK Pusat Keunggulan? Berikut penjelasan lengkapnya untukmu!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Pernah mendengar mengenai program SMK Pusat Keunggulan? Jika belum, yuk simak penjelasan lengkap mengenai program ini selengkapnya di artikel ini!

Pengertian SMK Pusat Keunggulan

Sumber gambar: Vokasi Kemendikbud

Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) adalah salah satu program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud pada tahun 2021. Tujuan dari lahirnya program ini adalah mewujudkan pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu. Sehingga, terdapat peningkatan kualitas dan kinerja.

Pencapaian tersebut harus didukung dan diperkuat dengan adanya kerja sama dan kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Selain itu, juga hadirnya dukungan dari pemerintah daerah setempat dan perguruan tinggi vokasi sebagai pendamping.

Dilansir dari laman Kemendikbud, Dirjen Pendidikan Vokasi menggarisbawahi bahwa program SMK Pusat Keunggulan bukanlah untuk membentuk “menara gading” atau sekolah favorit dibandingkan sekolah-sekolah lainnya. Melainkan, sekolah yang menjadi SMK PK diharapkan menjadi sekolah rujukan dan pusat peningkatan kinerja dan kualitas sekolah-sekolah di sekitarnya. Sehingga, semakin relevan dengan kebutuhan industri dan dunia kerja.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, menjelaskan bahwa SMK PK merupakan salah satu program unggulan yang akan menjadi ‘Merdeka Belajar’ yang ke-8. Proses persiapan pada program ini juga sangat detail, mengingat program ini berkaitan dengan 1,5 juta lulusan SMK di Indonesia. Baik lulusan yang bekerja, wirausaha, ataupun melanjutkan ke perguruan tinggi, semuanya harus ‘link and match’ dengan dunia usaha dan dunia industri.

Dari Revitalisasi Hingga Pusat Keunggulan

Sumber gambar: Vokasi Kemendikbud

SMK PK hadir sebagai kelanjutan dari program sebelumnya, yaitu SMK Center of Excellence (CoE) dan Revitalisasi SMK. Program Revitalisasi SMK hadir melalui Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang  Revitalisasi SMK. Sedangkan program SMK Center of Excellence (CoE) hadir pada Juli 2020.

Program Revitalisasi SMK fokus pada insentif bantuan fisik bagi SMK. Program ini dilaksanakan melalui 5 sektor prioritas: pariwisata, maritim, industri kreatif, pertanian, dan teknologi dengan melibatkan peran pemerintah daerah setempat. Sementara itu, SMK Center of Excellence (CoE) fokus pada pengembangan SDM pada Sekolah Menengah Kejuruan yang berdampak pada sekolah lain melalui insentif bantuan fisik dan non-fisik.

Program SMK CoE juga memberikan pelatihan kepala sekolah dan guru kejuruan dengan 4 sektor prioritas utama. Sektor-sektor tersebut meliputi ekonomi kreatif, pemesinan dan konstruksi, care services, hospitality, dan prioritas lain (kerja sama luar negeri). Tidak hanya harus berkoordinasi dengan pemerintah daerah, kemampuan SDM—yakni kapasitas kepala sekolah dan guru yang bersertifikat—turut menjadi salah satu patokan seleksi program ini.

Sedangkan SMK Pusat Keunggulan fokus pada SDM SMK dengan paradigma baru. Yakni adanya integrasi untuk bisa berdampak ke sekolah lain melalui insentif bantuan fisik dan non-fisik. Tidak hanya itu, program ini juga meliputi pelatihan kepala sekolah, guru kejuruan, digitalisasi sekolah, dan kurikulum melalui pembelajaran dengan paradigma baru.

Program SMK Pusat Keunggulan mempunyai empat sektor prioritas utama:

  • Permesinan dan konstruksi
  • Ekonomi kreatif
  • Hospitality
  • Care services
  • Prioritas lain (kerja sama luar negeri, KEK, maritim, dan pertanian).

Program ini tidak hanya melibatkan pemerintah daerah, tetapi juga berkoordinasi dengan perguruan tinggi vokasi sebagai pendamping.

Terdapat beberapa langkah yang dilakukan pada program SMK Pusat Keunggulan. Yang pertama, akselerasi pelatihan upskilling and reskilling guru berbasis DUDI. Pelatihan ini berguna untuk memastikan kompetensi guru kejuruan meningkat sesuai standar DUDI. Yang kedua, berlatih kurikulum dengan menekankan PBL dan soft skills, termasuk mengembangkan mata pelajaran bersama DUDI.

Mengenai pelatihan kepala sekolah, dilaksanakan mulai dari pembelajaran paradigma baru, pemanfaatan platform teknologi dan perencanaan dengan basis refleksi diri sekolah, hingga ke pendampingan. Tujuan dari hal tersebut adalah untuk memastikan jika kepala sekolah bisa memimpin perubahan di sekolah, mempunyai kapasitas dalam mengelola kerja sama dengan DUDI, serta dapat mengembangkan dan mengatur road map pengembangan SMK PK.

Sedangkan pendampingan dalam pengembangan ruang lingkup kerja sama dengan DUDI mencakup:

  • Pembelajaran berbasis proyek/industri
  • Pengembangan kurikulum
  • Teaching factory
  • Pengajar dari DUDI, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, terdapat pula pengembangan sarana dan prasarana yang dilaksanakan untuk mendukung pembelajaran berbasis industri. SMK PK mempunyai banyak manfaat. Salah satunya adalah dengan menjalin kerja sama dengan DUDI untuk melahirkan lulusan yang berkualitas.

Baca Juga : Kegiatan Visitasi Tim Gamelab Indonesia ke SMK Bhakti Persada Patebon Kendal

Penutup

Itu dia penjelasan lengkap mengenai program SMK Pusat Keunggulan yang perlu kamu tahu. Ingin bekerja sama dengan mitra industri untuk melahirkan lulusan SMK yang berkualitas dan siap kerja?

Yuk ikuti program unggulan Gamelab agar SIAP KERJA dan SIAP WIRAUSAHA!

Terdapat berbagai program keren untuk upskilling:

  • Akademi Belajar
  • Magang Online Bersertifikat
  • Kelas Industri
  • Program Kelas Prakerja
  • Job Matching
  • Teaching Factory
  • UKK
  • Gamifikasi

Dengan kurikulum berbasis industri dan pengajar dari industri, kamu bisa belajar dari mana saja dan kapan saja agar siap kerja. Yuk gabung dengan program unggulan Gamelab sekarang juga!

 

 

 


Referensi:

https://vokasi.kemdikbud.go.id/read/yuk-mengenal-smk-pk 

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/03/smk-pusat-keunggulan-jadi-daya-dorong-penciptaan-lulusan-unggul-dan-kompeten 

https://kabarbanten.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-593433424/mengenal-smk-pusat-keunggulan-program-prioritas-kemendikbudristek?page=2 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Senin, 25 April 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI