BERITA PERGURUAN TINGGI Sarjana Terapan Vs Sarjana Akademik, Pilih yang Mana?

Sarjana Terapan Vs Sarjana Akademik, Pilih yang Mana?

Oleh Ayu Larasati | Kamis, 12 Mei 2022

Sarjana Terapan Vs Sarjana Akademik, Pilih yang Mana?

Masih bimbang memilih kuliah di S1 akademik atau D4 vokasi (sarjana terapan)? Yuk simak perbedaannya berikut ini untuk jadi bahan pertimbanganmu!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Kamu pasti pernah mendengar istilah sarjana terapan. Walaupun gelar dan durasi belajar mirip dengan program sarjana akademik, tetapi keduanya berbeda, lho. Lalu, apa sih bedanya sarjana terapan dan sarjana?

Yuk simak artikelnya sampai akhir biar paham!

Pengertian Sarjana Terapan (D4) dan Sarjana Akademik (S1)

Gambar: Pexels

Sarjana terapan adalah jenjang pendidikan diploma dan setara dengan jenjang sarjana akademik (S1). Jenjang pendidikan sarjana terapan ini mempunyai nama lain D4 atau Diploma 4. Dengan kata lain, sarjana terapan adalah jenjang pendidikan vokasi. Sedangkan sarjana S1 adalah jenjang pendidikan akademik.

Perbedaan Sarjana Terapan (D4) dan Sarjana Akademik (S1)

Praktik Perkuliahan

Perbedaan sarjana terapan dan sarjana akademik terletak pada praktik perkuliahannya. Walaupun sama-sama menempuh pendidikan selama empat tahun atau delapan semester, tetapi sarjana akademik fokus pada teori. Sedangkan sarjana terapan lebih banyak praktik dibandingkan teori.

Jika kamu tipe orang yang senang memahami teori dan menganalisis sebuah masalah, kamu bisa memilih S1. Tetapi, apabila kamu termasuk yang suka terjun ke lapangan dan menyelesaikan masalah, tidak ada salahnya kamu memilih jenjang D4. Bisa jadi lebih seru dan menantang!

Tujuan Program Pendidikan

Perbedaan selanjutnya dari sarjana terapan dan sarjana akademik adalah tujuan program pendidikannya. Pada sarjana akademik, tujuan pendidikan berfokus pada berbagai materi yang diajarkan. Sementara di program sarjana terapan, mahasiswa fokus pada peningkatan skill sesuai dengan bidang studi yang dipilih.

Tahapan Kelulusan

Walaupun sama-sama menempuh durasi pendidikan selama empat tahun lamanya, tetapi terdapat perbedaan pada tahapan kelulusannya. Di sarjana akademik, mahasiswa harus menempuh kuliah teori, menjalani KKN, magang, dan langsung skripsi.

Sedangkan di sarjana terapan, mahasiswa harus mengikuti kerja praktik. Tujuannya adalah untuk mengasah kemampuan dan keterampilan agar nantinya siap kerja.

Tugas Akhir

Di sarjana akademik, mahasiswa harus mengerjakan skripsi sebagai tugas akhir dan syarat kelulusan. Sedangkan sarjana terapan harus mengerjakan skripsi beserta praktik dan laporan ilmiah.

Jenjang Pendidikan Lanjutan

Untuk lulusan sarjana akademik, bisa meneruskan kuliah ke jenjang S2 dan S3. Pendidikan vokasi juga tidak kalah. Sarjana terapan bisa melanjutkan pendidikan ke magister dan doktor terapan.

Pilihan Jurusan

Sama halnya dengan pilihan jurusan di sarjana akademik, kamu juga bisa memilih jurusan sesuai passion di sarjana terapan. Jurusan-jurusan di sarjana terapan/D4 juga memiliki peminat yang banyak mengingat di sarjana terapan, mahasiswa bisa meningkatkan skill dengan porsi praktik yang banyak sebagai salah satu ciri khas dari pendidikan vokasi.

Gelar yang Diperoleh

Perbedaan lain antara sarjana terapan dan sarjana akademik adalah gelar lulusan yang diperoleh. Umumnya, gelar sarjana akademisi terdiri dari sarjana diikuti dengan singkatan jurusan atau program studi yang diambil. Misal Sarjana Teknik (S.T.).

Sedangkan gelar lulusan D4 adalah Sarjana Terapan (S Tr.) diikuti dengan bidang studi yang diambil. Contoh: Sarjana Terapan Teknik (S Tr.T.).

Mengapa Sarjana Terapan?

Jika kamu lebih suka praktik dibandingkan teori, tidak ada salahnya memilih D4 atau sarjana terapan. Program sarjana terapan berfokus untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan terampil agar siap masuk ke dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Apabila kamu ingin fokus dalam mencari pekerjaan dengan keahlian dan kompetensi khusus, program sarjana terapan bisa menjadi pilihan terbaik untukmu. Karena kamu mempunyai kemampuan praktik yang diperlukan di dunia kerja. Selain itu, kamu juga bisa memperoleh pengetahuan yang lebih lengkap dibandingkan dengan jenjang diploma di bawah sarjana terapan.

Baca Juga : Perbedaan Vokasi dan Sarjana, Kamu Sudah Tahu?

Penutup

Itu dia penjelasan mengenai perbedaan antara sarjana terapan dan sarjana akademik yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih jurusan yang tepat. Kedua program tersebut tentu mempunyai kelebihan dan keuntungan masing-masing.

Ingin makin siap untuk masuk ke dunia usaha dan dunia industri? Yuk bekali dirimu dengan skill yang cukup agar bisa cepat kerja!

Caranya, ikut salah satu program unggulan dari Gamelab yang cocok untukmu. Bisa pilih kelas industri, magang online bersertifikat, intensive bootcamp, hingga akademi belajar.

Yuk optimasi skill digital-mu di Gamelab sekarang juga!

 

 


Referensi:

https://www.poltekindonusa.ac.id/perbedaan-program-sarjana-s1-dan-sarjana-terapan-d4/ 

https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5582056/lebih-baik-sarjana-terapan-atau-sarjana-ini-pertimbangan-kuliah-d4-dan-s1 

https://edukasi.kompas.com/read/2020/02/12/16022411/mengenal-perbedaan-program-s1-dan-d4 

https://edukasi.okezone.com/read/2021/07/06/65/2436506/7-perbedaan-sarjana-akademik-terapan 

 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Kamis, 12 Mei 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI