BERITA PROGRAMMING Ingin Segera Dapat Kerja Tapi Masih Minim Skill? Ikut Program Bootcamp Bisa Jadi Solusinya!

Ingin Segera Dapat Kerja Tapi Masih Minim Skill? Ikut Program Bootcamp Bisa Jadi Solusinya!

Oleh Ayu Larasati | Kamis, 2 Juni 2022

Ingin Segera Dapat Kerja Tapi Masih Minim Skill? Ikut Program Bootcamp Bisa Jadi Solusinya!

Ingin segera mendapatkan pekerjaan tapi masih belum memiliki skill yang mumpuni? Mengikuti program bootcamp bisa menjadi solusi terbaik lho!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Indonesia membutuhkan 17 juta talenta digital yang cakap, begitu menurut Menteri BUMN, Erick Thohir dikutip dari website Radio Edukasi Kemendikbud. Salah satu sektor pekerjaan yang paling dibutuhkan di era ekonomi digital adalah Programming. Hal ini dapat menjadi peluang besar lho!

Apalagi, talenta digital yang mumpuni di bidang programming sangat berharga bagi banyak perusahaan. Menjadi talenta digital yang handal di bidang programming tentu membuatmu bisa mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah. Lantas, bagaimana caranya agar mengembangkan skill ke arah tren tersebut?

Nah, program bootcamp bisa menjadi jawabannya! Kali ini, Gamelab akan mengajakmu untuk mengenal lebih dekat mengenai program bootcamp. Simak sampai akhir ya agar tahu!

Pengertian Bootcamp

Bootcamp adalah program pelatihan yang biasanya berisi materi dan praktik terkait teknologi. Topik pembahasan yang sering dibahas dan dipelajari adalah programming. Nah, program bootcamp ini biasanya diselenggarakan secara intensif dalam kurun waktu yang relatif singkat.

Di dalam bootcamp, kamu akan mempelajari materi yang relevan dengan dunia kerja. Itulah mengapa, pemateri di bootcamp biasanya adalah mereka yang profesional di bidangnya dengan jam terbang tinggi dan pengalaman yang sudah mumpuni.

Setelah berhasil mengikuti dan menyelesaikan pelatihan bootcamp, kamu akan memperoleh kesempatan untuk melakukan wawancara kerja dengan beberapa perusahaan yang bekerja sama dengan pihak penyelenggara bootcamp. Jadi, bisa dibilang program bootcamp cocok untukmu yang ingin mendalami skill dan segera mendapatkan pekerjaan.

Karakter Program Bootcamp

Berikut beberapa karakter program bootcamp yang perlu kamu ketahui:

Diselenggarakan dalam waktu relatif singkat

Umumnya, bootcamp diselenggarakan dalam waktu yang relatif singkat. Umumnya, 3 hingga 6 bulan. Hal ini bertujuan agar peserta bootcamp dapat belajar seefisien mungkin. Selain itu, agar para perusahaan dapat segera menyerap para peserta bootcamp yang sudah berhasil menyelesaikan program tersebut dan mempunyai skill yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Intensif

Hal ini menjadi salah satu keunggulan bootcamp. Diselenggarakan secara intensif, pelatihan di bootcamp dirancang sedemikian rupa agar efisien dan padat. Apalagi, ditambah dengan trainer atau mentor yang profesional yang siap membantu pembelajaran dan menjawab pertanyaan dari para peserta.

Fokus pada skill yang dibutuhkan industri

Bootcamp memang bertujuan sebagai link and match antara calon pekerja dan dunia kerja/industri, maka program ini biasanya berfokus pada skill yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh industri. Submateri-submateri yang disajikan hanya terbatas pada yang mempunyai nilai praktikal tinggi di dunia industri.

Manfaat Mengikuti Program Bootcamp

Berbicara mengenai manfaat mengikuti program Bootcamp, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat di dalamnya.

Pertama, kamu akan lebih mudah dalam mencari pekerjaan. Mengingat biasanya, setelah selesai program bootcamp, kamu akan disalurkan kerja ke perusahaan yang menjadi mitra pihak penyelanggara bootcamp. Apalagi, jika terdapat fasilitas link and match dengan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan talenta digital dari program bootcamp tersebut.

Kedua, bootcamp menjadi solusi bagi kamu yang ingin menguasai bidang IT seperti programming, tapi tidak bisa kuliah di bidang tersebut.

Ketiga, bootcamp sangat cocok untuk kamu yang ingin optimasi skill. Dengan menambah skill di program bootcamp, kamu bisa mendapatkan kesempatan karir yang lebih baik.

Baca Juga : 4 Langkah Selanjutnya, Setelah Kamu Ikut Program MSIB

Program Bootcamp Intensif Gamelab Indonesia

Itu dia penjelasan mengenai bootcamp yang perlu kamu tahu. Untukmu yang ingin cepat mendapatkan kerja, tidak ada salahnya untuk mengikuti program bootcamp untuk meningkatkan skill secara mendalam.

Nah, salah satu program bootcamp rekomended yang perlu kamu ikuti adalah program Bootcamp Intensif Full Stack Web Developer dari Gamelab Indonesia. Melalui program ini, kamu bisa meraih impianmu untuk mendapatkan pekerjaan sebagai Full Stack Web Developer.

Full Stack Web Development Bootcamp Gamelab adalah program pelatihan intensif mengenai web development sebagai 3 bulan secara OFFLINE dan intensif di kantor Gamelab. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan talenta digital yang dibutuhkan industri. Diselenggarakan secara optimal, kamu juga akan dibantu terkait PENYALURAN KERJA.

Tertarik untuk bergabung dengan program Bootcamp Intensif Full Stack Web Developer? Daftar di sini sekarang juga sebelum kehabisan slotnya!

 

 


Referensi:

https://radioedukasi.kemdikbud.go.id/read/3322/menteri-bumn-sebut-indonesia-butuh-17-juta-tenaga-kerja-cakap-digital.html 

https://www.gapintelligence.com/blog/5-reasons-to-enroll-in-a-coding-bootcamp/ 

https://glints.com/id/lowongan/bootcamp-adalah/#.YpgUE2hBxPY

https://www.iberdrola.com/talent/what-is-bootcamp 

https://www.gamelab.id/bootcamp 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Kamis, 2 Juni 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI