BERITA GAME-BASED LEARNING Ternyata, Ini 5 Manfaat Game Edukasi Digital untuk Anak

Ternyata, Ini 5 Manfaat Game Edukasi Digital untuk Anak

Oleh Ayu Larasati | Selasa, 7 Juni 2022

Ternyata, Ini 5 Manfaat Game Edukasi Digital untuk Anak

Game edukasi digital punya banyak manfaat lho untuk perkembangan anak. Apa sajakah itu?

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Bermain merupakan aktivitas yang penting untuk proses tumbuh kembang anak. Tidak hanya menjadi sumber kebahagiaan, bermain juga memiliki peran yang penting untuk berbagai aspek perkembangan anak.

Seiring berkembangnya teknologi, kegiatan bermain berpindah ke ranah digital. Ditandai dengan hadirnya berbagai games digital. Bermain game digital tidak selalu buruk, mengingat banyak sekali game-game edukasi yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan dan potensi anak.

Lalu, apa saja sih manfaat game edukasi untuk anak? Simak penjelasan dari Gamelab yuk!

Manfaat Game Digital Edukasi Untuk Anak

Berikut beberapa manfaat game edukasi bagi anak.

Memperkuat Memori Anak

Game digital didesain dengan prinsip yang mendorong pemain untuk terus mengulangi permainan sampai tujuan permainan bisa tercapai. Tindakan pengulangan yang dilakukan ketika bermain bisa membantu terbentuknya memori yang kuat di dalam otak anak.

Dengan begitu, pemahaman yang berhubungan dengan konsep didapat oleh anak selama bermain bisa bertahan di dalam memori anak.

Menstimulasi Motivasi Belajar Anak

Game digital yang menyajikan materi pembelajaran bisa menumbuhkan motivasi dan ketertarikan anak untuk belajar. Umumnya, game digital disajikan dalam bentuk animasi interaktif dan berbagai fitur yang menarik seperti umpan balik dan efek suara dari karakter. Jadi, anak bisa belajar dengan cara yang menyenangkan.

Mendukung Personalized Learning (Pembelajaran yang Bersifat Personal)

Bermain game digital juga bisa membantu anak untuk belajar secara mandiri. Anak bisa bermain game edukasi digital yang sesuai dengan minat dan ketertarikannya. Selain itu, sistem mencatat minat anak secara real-time berdasarkan jenis permainan yang sering dimainkan. Data ini lalu diolah dan sistem bisa memberikan rekomendasi game yang bisa dipilih sesuai dengan ketertarikan. Inilah yang bisa mendorong kemandirian anak dalam belajar.

Melatih Kemampuan Multibahasa

Manfaat game edukasi digital untuk anak adalah juga dapat melatih kemampuan anak dalam berbahasa—selain bahasa ibu. Apalagi, jika game digital yang sering dimainkan dalam bahasa Inggris, maka game tersebut akan membantu anak mengenal berbagai kosa kata baru seiring ia sering memainkan game tersebut. Dengan begitu, anak bisa belajar bahasa baru dari game yang dia mainkan.

Melatih Kemampuan dalam Berpikir

Manfaat yang tak kalah penting dari game edukasi digital adalah meningkatkan kemampuan berpikir strategis, terutama dalam menyelesaikan masalah. Ketika bermain game, anak akan menghadapi berbagai tantangan yang harus dia selesaikan sebelum beranjak ke level lebih tinggi. Kondisi inilah yang bisa membuat anak terbiasa berpikir kreatif dan kritis dengan cepat. Tentunya, kemampuan ini juga berguna untuknya saat menghadapi masalah di kehidupan sehari-hari.

Tips Memberikan Game Digital untuk Anak Secara Aman

Walaupun game digital memang memiliki banyak manfaat, tetapi tidak berarti anak bisa bermain game digital dengan bebas tanpa ada batasan. Orang tua dan guru tetap harus mengawasi penggunaan game digital dan memilihkan game digital yang dimainkan anak.

Pertama, pelajari konten di dalam digital game sebelum memberikannya pada anak. Pastikan konten dalam game digital tersebut dapat bermanfaat untuk memfasilitasi tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Kedua, pendampingan orang tua atau guru tetaplah penting walaupun anak bermain secara mandiri.

Ketiga, jangan lupa cek rentang usia. Sebelum mengunduh sebuah permainan digital, periksa terlebih dahulu ulasan dan rentang usia yang ditujukan pada game tersebut.

Keempat, perhatikan batasan screen time. Pilihlah game digital yang bisa dimainkan dalam waktu singkat, sehingga potensi kecanduan gawai pada anak dapat diminimalisir.

Baca Juga : CEO Educa Studio Mendemokan Marbel dan Platform Gamelab ke Sandiaga Uno

Penutup

Itu dia manfaat game edukasi digital untuk anak. Tak hanya menjadi pihak konsumen game, sekarang anak-anak juga dapat menjadi kreator game-nya sendiri!

Lalu bagaimana cara agar anak bisa menciptakan game-nya sendiri? Nah, Gamelab Indonesia menghadirkan program CODING CAMP yang sangat cocok untuk diikuti oleh siswa SMP kelas 8-9.

CODING CAMP merupakan program pelatihan coding yang seru dan menyenangkan untuk siswa SMP. Tidak hanya dapat mengasah keterampilan, pelatihan ini juga dapat meningkatkan daya pikir kritis dan logis.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk manfaatkan liburanmu dengan lebih menyenangkan dengan kegiatan CODING CAMP bersama Gamelab!

Klik di sini ya untuk mendaftar programnya!

 

 


Referensi:

https://www.gamelab.id/e/1540 

https://gamelearning.co/why-educational-video-games-are-so-helpful-to-parents-teachers-and-students-5-reasons-to-embrace-game-based-learning/ 

https://bigdata-madesimple.com/benefits-eduction-games-mental-abilities/  


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Selasa, 7 Juni 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI