BERITA PROGRAMMING Yuk Kenalan dengan 4 Fungsi JavaScript dalam Pemrograman

Yuk Kenalan dengan 4 Fungsi JavaScript dalam Pemrograman

Yuk Kenalan dengan 4 Fungsi JavaScript dalam Pemrograman

Kamu tertarik dengan pengembangan web? Tentu sudah familiar dengan bahasa pemrograman JavaScript. Apa saja sih fungsi JavaScript dalam pemrograman?

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Buat kamu yang tertarik dengan bidang web development, tentu sudah tidak asing dengan penggunaan CSS, HTML, dan JavaScript. Nah, JavaScript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang terkenal di kalangan para pengembang karena sering digunakan. Apakah kamu sudah tahu apa itu JavaScript dan apa saja fungsinya?

Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Definisi JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang biasanya digunakan untuk pengembangan web supaya lebih dinamis. Bisa dibilang, bahasa pemrograman inilah yang memberikan “kehidupan” pada website. Dengan begitu, halaman web menjadi lebih menarik karena adanya interaksi antara pengunjung dengan website tersebut.

Dengan elemen dan konten web yang interaktif dan dinamis, maka dapat meningkatkan interaksi pengunjung situs dengan halaman web. Sehingga, pengembang dapat meningkatkan user experience.

Tidak hanya untuk membuat website saja, tetapi JavaScript juga dapat digunakan untuk membangun server, aplikasi, atau bahkan game. Bahkan, skrip pemrograman ini juga digunakan oleh perusahaan aplikasi terkenal seperti Amazon, Google, Facebook, dan Twitter.

Untuk membangun website, JavaScript juga membutuhkan bantuan CSS dan HTML. HTML berfungsi membangun struktur dan layout sebuah website. Sedangkan CSS memiliki fungsi untuk memberikan style dan mengatur tampilan pada website. Maka, penggunaan kedua bahasa ini selalu beriringan dengan JavaScript guna memberikan elemen interaktif yang dapat menarik pengguna.

Fungsi JavaScript

Setelah mengetahui definisinya, mari kita beranjak ke fungsi JavaScript. Ini nih berbagai fungsi dari JavaScript yang perlu kamu tahu.

Membuat Website Interaktif dan Dinamis

Tampilan website yang terlalu kaku tentu akan membuat pengguna kurang nyaman saat menggunakan website tersebut. Di sinilah peran JavaScript untuk membuat website memiliki tampilan yang lebih menarik dan dinamis. Salah satu contoh pengaplikasian JavaScript adalah konten website yang dapat bergerak secara otomatis tanpa di-load berkali-kali.

Membuat Game Berbasis Web

Kamu pasti pernah bermain game online dari browser. Nah, tahukah kamu? JavaScript juga digunakan dalam game berbasis web lho!

Mengingat salah satu fungsi JavaScript adalah membuat konten yang dinamis, maka dengan bahasa pemrograman ini juga kamu bisa membuat game berbasis web. Pengembangan game menggunakan JavaScript juga didukung dengan framework khusus seperti Playground.js dan Panda.js.

Mengembangkan Aplikasi Mobile

Tidak hanya berfungsi untuk mengembangkan web, JavaScript juga banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi di HP. Dengan adanya framework JavaScript khusus untuk aplikasi mobile seperti React Nativer, developer menjadi lebih mudah untuk membuat aplikasi mobile untuk dua sistem operasi sekaligus (iOS dan Android).

Menjalankan Web Server

JavaScript tidak hanya berfungsi dari sisi browser atau frontend saja. Namun, bahasa pemrograman ini juga bisa dijalankan di sisi server dengan bantuan framework Node.js.

Dengan adanya framework ini, JavaScript dapat digunakan untuk mengembangkan sisi back-end (server), console, program desktop, game, mobile, console, dan lain-lain.

Baca Juga : Yuk Intip Serunya Karir Bootcamp Intensif Full Stack Web Developer di Gamelab

Penutup

Itu dia penjelasan lengkap mengenai JavaScript, mulai dari definisi hingga fungsi utamanya dalam pemrograman. Buat kamu yang ingin jago programming, khususnya di bidang web development bisa ikutan program Bootcamp Full-Stack Web Developer dari Gamelab.

Fullstack Web Development Bootcamp Gamelab merupakan program pelatihan intensif mengenai web development selama 3 bulan yang dilaksanakan secara Offline dan Intensive di kantor Gamelab untuk mempersiapkan Talenta Digital yang dibutuhkan secara optimal dan DIBANTU PENYALURAN KERJA.

Apa saja sih yang bisa kamu dapatkan dari Bootcamp ini?

Project-based on real problems. Belajar berbasis project dan proyek nyata sehingga lebih cepat dan tepat.

Punya portofolio menarik. Project dari Bootcamp dapat memperbanyak portofolio kamu dan dilirik industri.

Dibimbing trainer berpengalaman. Kamu akan dibimbing secara langsung oleh trainer yang berpengalaman di bidangnya.

Disediakan tempat dan perangkat. Tinggal berangkat Bootcamp, sudah kami siapkan tempat dan perangkat yang dibutuhkan.

Materi sesuai dengan kebutuhan industri. Kurikulum materi disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan industri terkini.

Dapat sertifikat kelulusan Bootcamp. Setelah lulus, kamu akan mendapat sertifikat kelulusan Bootcamp dari Gamelab.

Lulus Bootcamp disalurkan kerja. Nantinya, kamu akan disalurkan kepada Hiring Partner Gamelab agar bisa langsung bekerja.

Tertarik untuk bergabung dengan Bootcamp Gamelab? Klik di sini ya untuk informasi selengkapnya.

 


Referensi:

https://www.dewaweb.com/blog/mengenal-javascript/ 
https://glints.com/id/lowongan/javascript-adalah/#.YqAHqOxBxPY 

https://www.gamelab.id/news/419-pemrograman-javascript 

 

 

 

 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Rabu, 8 Juni 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI