BERITA TEKNOLOGI Rahasia JavaScript Terungkap! Kehebatannya dan Tips Optimalisasi Super Praktis

Rahasia JavaScript Terungkap! Kehebatannya dan Tips Optimalisasi Super Praktis

Oleh Vincentius Dimas | Senin, 27 November 2023

Rahasia JavaScript Terungkap! Kehebatannya dan Tips Optimalisasi Super Praktis

JavaScript bukan sekadar bahasa pemrograman yang kuat. Melainkan pondasi tak tergantikan dalam menciptakan keajaiban situs web modern. Mengapa begitu? Yuk, simak artikel ini sampai tuntas.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Tahukah kamu betapa pentingnya mengenal istilah JavaScript? Di dalam artikel ini, kita akan menjelajahi keunikan dan keunggulan yang dimiliki oleh JavaScript. Mengapa harus memberikan perhatian khusus pada JavaScript? Jawabannya sederhana: JavaScript bukan sekadar bahasa pemrograman, tapi pondasi dasar yang tak terhindarkan bagi mereka yang bercita-cita menjadi seorang programmer.

Maka dengan memahami dasar-dasar JavaScript, kamu tidak hanya mempelajari sebuah bahasa pemrograman, tapi juga membuka peluang untuk menciptakan situs web interaktif, aplikasi canggih, dan menggali potensi tanpa batas dalam karir sebagai seorang developer. Lantas, apa itu JavaScript?

Sumber: Freepik - Mengenal JavaScript

Mengenal JavaScript

JavaScript (biasa dikenal dengan JS) memiliki peran yang sangat penting dalam menjadikan web lebih interaktif dan dinamis. Dalam pengembangan web, JavaScript seringkali digunakan bersama dengan HTML (Hyper Text, Markup, Language) dan CSS (Cascading Style Sheets). Di sini, HTML bertanggung jawab atas struktur dan markup halaman web. Sedangkan, CSS bertanggung jawab untuk mengelola tampilan dan gaya. Maka dengan sinergi ketiganya, pengembang web dapat menciptakan pengalaman pengguna yang menarik, efisien, dan responsif, menjadikan tampilan website lebih menarik dan fungsional.

Perlu diketahui, JavaScript dikembangkan oleh Brendan Eich di Netscape Communications Corporation, sejak tahun 1995. Kala itu, tujuan hadirnya JavaScript  memang untuk pengembangan dan membuat halaman website lebih interaktif dengan cara yang mudah dan sampai sekarang.

Keunggulan JavaScript

Ada banyak kegunaan dan keunggulan JavaScript. Oleh sebab itu, belajar JavaScript menjadi penting bagi seseorang yang ingin menjadi pengembang website atau pengembang perangkat lunak. Berikut keunggulan dari JavaScript:

Peningkatan Interaktivitas

JavaScript dapat digunakan untuk menghadirkan unsur dinamis pada halaman website. Misalnya seperti efek animasi, dropdown menus, slide show, dan lain-lain. Oleh karena itu, hal ini dapat memudahkan pengguna untuk berinteraksi langsung dengan website tersebut.

Pengaturan Fungsi dan Fitur Website

JavaScript memungkinkan juga untuk mengatur fungsi dan fitur website. Misalnya, JavaScript dapat digunakan untuk membuat validasi input pada form, serta menambahkan tombol atau link yang bisa di-klik.

Pembuatan Game Berbasis Web

Menariknya lagi, JavaScript juga dapat digunakan untuk menciptakan game berbasis website. Namun, dengan dukungan teknologi seperti HTML 5 dan WebGL. Lewat keungulan ini, JavaScript bisa dikatakan juga mampu menciptakan pengalaman bermain yang menarik dan unik.

Pemanfaatan Framework dan Library

JavaScript memiliki banyak framework dan library yang bisa digunakan untuk mempermudah pengembangan aplikasi website. Contohnya ada React, Angular, dan Vue. Alhasil, framework dan library ini berperan untuk membantu pengembangan guna membuat aplikasi website secara cepat dan efisien.

Keterbukaan dan Dukungan Komunitas

Sebagai bahasa pemrograman yang open source. JavaScript didukung oleh komunitas pengembang yang kuat. Dengan begitu, ini akan memudahkan pengembang mendapat dukungan, tutorial, dan dokumentasi untuk memfasilitasi pengembangan aplikasi website.

Sumber: Freepik - JavaScript Pemrograman Dasar

Baca Juga : Mengintip Dunia Programmer, Apa yang Tidak Dikatakan di Kampus!

Mengoptimalkan JavaScript

Setelah menggali keunggulan yang dimiliki dari JavaScript. Mari kita temukan rahasia cara mengoptimalkan kinerja JavaScript agar dapat beroperasi secara maksimal. Jangan lewatkan tips dan triknya yang akan diuraikan di bawah ini:

Pengelolaan File JavaScript

Pengelolaan file JavaScript sangat penting untuk meningkatkan kinerja situs web. Hal ini bertujuan untuk mencegah pengunduhan file yang berlebihan. Selain itu, sebagai langkah proaktif, kamu dapat menggunakan alat seperti PageSpeed Insight. Alat tersebut berguna untuk mengevaluasi jumlah file JavaScript di situs web dan menerima rekomendasi optimalisasi yang dapat meningkatkan efisiensi.

Optimasi DNS Lookup

Optimalkan penggunaan JavaScript eksternal dengan membatasi DNS lookup berlebihan. Gunakan fitur "Reduce JavaScript execution time" di tab PageSpeed Insight untuk optimalisasi waktu pemuatan pertama pengguna. Dengan begitu, akan menjamin performa dan responsivitas yang maksimal.

Penghapusan Kode JavaScript Tidak Terpakai

Optimalkan kinerja situs web dengan mengidentifikasi dan menghapus JavaScript yang tidak digunakan, karena ini membantu mengurangi beban yang tidak perlu. Lalu, manfaatkan fitur "Reduce unused JavaScript" di PageSpeed Insight untuk mendapatkan saran optimalisasi yang lebih detail. Dengan langkah-langkah ini, kamu dapat meningkatkan efisiensi dan responsivitas situs web dan menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Kompresi File JavaScript

Kurangi beban CPU peramban dengan mengompres file JavaScript berukuran besar. Caranya, gunakan fitur "Enable text compression" di PageSpeed Insight untuk mengidentifikasi file yang perlu dikompres. Dengan langkah ini, kamu tidak hanya meningkatkan efisiensi situs web, tetapi juga mengoptimalkan pengalaman pengguna dalam menjelajahi halaman web.

Optimasi Kualitas JavaScript

Perbaiki kualitas JavaScript dengan memeriksa dan mengidentifikasi kode yang kurang efisien. Jangan lupa juga, gunakan tab "Reduce JavaScript execution time" di PageSpeed Insight untuk mengevaluasi penggunaan CPU. Dengan begitu, kamu dapat meningkatkan performa JavaScript pada situs web dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Pengaturan Cache yang Tepat

Atur durasi cache yang sesuai untuk kode JavaScript dengan memanfaatkan Chrome Developers Tools. Lalu, buka tab Networking untuk memeriksa header HTTP respons dan memastikan optimalisasi cache berfungsi dengan baik. Dengan tindakan ini, kamu dapat meningkatkan efisiensi penyimpanan cache, mendukung kinerja situs web, dan mengurangi waktu pemuatan konten JavaScript.

Sebagai penutup, JavaScript tidak hanya sebuah bahasa pemrograman yang kuat, tetapi juga menjadi pondasi utama dalam pengembangan website modern. Keunggulannya dalam mendukung pengalaman pengguna yang dinamis dan interaktif menjadikannya pilihan utama para pengembang.

Gamelab Indonesia saat ini membuka pelatihan model pembelajaran mandiri (self-paced learning), sehingga kamu bisa belajar dengan fleksibel. Kabar baiknya, Gamelab Indonesia juga menyediakan pelatihan yang berhubungan dengan programmer tingkat pemula. Yuk, langsung saja ikuti kelas Pemrograman Dasar JavaScript.


Sumber Referensi

Hanif, Naufal. (2023). Apa Itu JavaScript? Keunggulan, Kegunaan, dan Cara Kerjanya. Crocodic.

Aryash. (2023). History of JavaScript. GeeksforGeeks.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Senin, 27 November 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI