BERITA UMUM Ini Lho 7 Keuntungan Bisa Typing Skill 10 Jari!

Ini Lho 7 Keuntungan Bisa Typing Skill 10 Jari!

Oleh Ayu Larasati | Kamis, 9 Juni 2022

Ini Lho 7 Keuntungan Bisa Typing Skill 10 Jari!

Mengetik pasti sudah jadi rutinitas sehari-hari, apalagi di era serba digital seperti ini. Kamu perlu menguasai typing skill dengan teknik 10 jari agar pekerjaan makin cepat selesai dengan efisien.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Di era digital, mengetik sudah menjadi bagian dari rutinitas. Hampir semua orang dapat mengetik, tetapi belum tentu semua dapat mengetik secara cepat. Agar dapat  mengetik dengan cepat, kamu bisa menggunakan teknik mengetik dengan 10 jari.

Apa saja sih keuntungan dari kemampuan mengetik 10 jari? Berikut ulasannya untukmu. Simak baik-baik ya!

Apa Itu Typing Skill?

Typing Skill adalah sebuah keahlian mengetik pada keyboard menggunakan 10 jari tangan secara cepat dan benar. Kemampuan ini sangat dibutuhkan dalam pekerjaan yang membutuhkan komputer. Khususnya, pekerjaan yang membutuhkan skill mengetik cepat seperti programmer. Jika kamu bisa menguasai Typing Skill, maka kamu bisa bekerja lebih cepat dan efisien.

Keuntungan Menguasai Typing Skill 10 Jari

Menghemat Waktu

Sekarang, mengetik merupakan kegiatan yang kita lakukan di banyak pekerjaan. Semua pekerjaan yang berkaitan dengan mengetik dapat terselesaikan dengan cepat dan efektif saat kamu memiliki skill mengetik 10 jari.

Semakin cepat kamu mengetik, maka semakin banyak waktu yang dapat kamu hemat.

Lebih Produktif

Tidak hanya menghemat waktu, typing skill dengan 10 jari juga membuatmu lebih produktif. Dengan kemampuan mengetik cepat, pekerjaan atau tugas menjadi lebih cepat selesai dan meningkatkan produktivitas karena pekerjaan bisa diselesaikan secara efisien.

Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Dengan keahlian mengetik 10 jari, membuat kita jadi lebih fokus pada kegiatan mengetik saja. Saat mengetik dan menyelesaikan pekerjaan, mata hanya fokus melihat pada layar laptop. Mengingat jari kita sudah tahu tata letak huruf dan simbol keyboard.

Nah, dengan fokus pada layar laptop, maka membuat kita mencurahkan perhatian kita sepenuhnya ke pekerjaan. Kita juga jadi tidak mudah teralihkan ke hal-hal yang dapat menjadi distraksi seperti membuka situs hiburan atau bermain game.

Melatih Daya Pikir

Mempunyai keahlian mengetik cepat bisa melatih daya pikirmu, lho. Karena, kamu harus menghafal tata letak huruf dan juga simbol pada keyboard. Tentu saja, proses menghafal ini tidak bisa dilakukan secara instan dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Semua proses tersebut bisa kamu selesaikan dengan berlatih typing skill secara konsisten.

Semakin sering kamu mengetik, maka semakin baik juga akurasi dan kecepatan mengetikmu. Tidak hanya itu, dengan terus berlatih typing skill dan konsisten mengetik, maka kamu bisa meningkatkan daya pikirmu dan menambah kosa kata.

Mengurangi Kelelahan

Mengetik dengan waktu yang lama dan harus sesekali mengoreksi kesalahan pengetikan tentu dapat membuatmu lebih mudah lelah. Dengan menguasai teknik mengetik 10 jari dengan cepat dan tepat, kamu bisa meminimalisir kelelahan saat mengetik.

Selain itu, mempunyai typing skill yang mumpuni juga dapat membantumu untuk beristirahat. Mengingat pekerjaan jadi lebih cepat selesai.

Meningkatkan Kecepatan Coding

Untukmu yang berprofesi sebagai programmer atau tengah belajar programming, akan sangat terbantu dengan kemampuan mengetik 10 jari. Dengan skill tersebut, kecepatan coding-mu akan meningkat.

Menjaga Postur Tubuh

Dengan mengetik secara tepat dan cepat, kamu jadi tidak perlu duduk terlalu lama untuk memperbaiki kesalahan pengetikan. Kamu bisa sesekali berdiri dan stretching. Tidak hanya itu, mengetik dengan 10 jari juga mengurangi risiko repetitive stress injuries (RSI) yang biasanya ditandai dengan rasa nyeri dan pegal pada tangan dan pergelangan tangan.

Baca Juga : Tingkatkan Kecepatan Coding-mu Menggunakan GameLab Typing Skill

Cara Melatih Typing Skill

Melihat berbagai manfaat dan keuntungan dari kemampuan mengetik 10 jari, tentu ada baiknya kamu menguasai skill ini. Lalu, bagaimana cara agar bisa menguasai skill ini?

Nah, kamu bisa menggunakan fitur “Typing Skill” di Gamelab untuk menguji dan membantu meningkatkan kemampuanmu dalam mengetik 10 jari dengan cepat dan benar.

Di sini, terdapat dua kategori yang bisa kamu pilih. Kamu bisa optimasi skill mengetikmu di kategori Bahasa Pemrograman (berisi latihan mengetik bahasa pemrograman) atau kategori Standar (berisi kata-kata umum yang bisa dijumpai di kehidupan sehari-hari).

Terdapat beberapa fitur canggih yang dapat kamu temukan di sini. Kamu bisa mengatur waktu test sesukamu, memilih tema sesuai keinginan, dan juga membagikan pencapaianmu di sosial media.

Yuk uji kecepatan mengetikmu sekarang di sini! GRATIS lho!

 


Referensi:

https://www.gamelab.id/typingskill 

https://www.fathurhoho.id/2016/04/manfaat-dan-cara-mengetik-cepat-10-jari.html 

https://www.syberscribe.com.au/blog/6-benefits-of-learning-how-to-type-quickly-and-accurately/ 

https://www.skillsyouneed.com/rhubarb/benefits-of-typing.html 

https://yoursay.suara.com/lifestyle/2022/03/19/192035/5-manfaat-bisa-mengetik-cepat-dari-pekerjaan-hingga-percintaan 

 

 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Kamis, 9 Juni 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI