BERITA BISNIS & ADMINISTRASI Masih Bingung Bedanya Copywriter dan Content Writer? Begini Penjelasannya

Masih Bingung Bedanya Copywriter dan Content Writer? Begini Penjelasannya

Oleh Ayu Larasati | Selasa, 28 Juni 2022

Masih Bingung Bedanya Copywriter dan Content Writer? Begini Penjelasannya

Copy writer dan content writer memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Bagaimana perbedaannya?

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Profesi penulis punya prospek yang cukup cerah. Bidang kepenulisan sendiri memiliki beberapa jenis, misalnya seperti copy writer dan content writer. Walaupun sekilas terlihat sama, tetapi terdapat perbedaan yang signifikan di antara keduanya.

Lalu, apa sih perbedaan copy writer dan content writer? Berikut penjelasannya untukmu. Simak baik-baik ya.

Definisi Copy Writer dan Content Writer

Copy writer dan content writer saat ini menjadi profesi yang banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Walaupun sama-sama menulis, tetapi terdapat perbedaan di antara keduanya.

Definisi Copy writer

Copy writer adalah profesi orang-orang yang menulis konten atau artikel untuk keperluan komersil. Arti komersil dapat bermaksud untuk mempromosikan sebuah jasa atau produk. Tidak hanya itu, keperluan komersil di sini juga dapat berarti untuk branding.

Dengan kata lain, copy writer adalah orang yang menulis untuk materi iklan dan pemasaran.

Sekarang, copy writer tidak hanya dibutuhkan oleh industri kreatif saja. Hampir semua perusahaan membutuhkan jasa copy writer untuk mempromosikan perusahaan atau menjual produk/jasa.

Biasanya, hasil tulisan copy writer dapat ditemui di berbagai platform seperti media sosial, website perusahaan, hingga iklan televisi. Berbagai iklan yang sering kamu lihat di televisi itu adalah hasil tulisan seorang copy writer juga lho! Tidak hanya itu, slogan di iklan komersil atau perusahaan juga dibuat oleh seorang copy writer.

Definisi Content Writer

Content writer merupakan profesi yang memiliki tugas menulis konten untuk sebuah website klien atau perusahaan. Konten yang ditulis harus relevan, dan membuat website dapat terlihat dengan mudah di mesin pencari.

Artikel yang ditulis umumnya lebih detail dan panjang. Tidak hanya itu, artikel tersebut juga dioptimalkan menggunakan kata kunci/keyword. Maka, seorang content writer biasanya juga mumpuni dalam bidang SEO.

Seorang content writer umumnya ditempatkan di corporate secretary atau di divisi marketing. Tujuannya adalah untuk membuat website atau produk perusahaan muncul di urutan teratas di mesin pencari.

Tugas Copy Writer dan Content Writer

Berikut perbedaan tugas antara copy writer dan content writer yang perlu kamu tahu, sebelum kamu memutuskan untuk terjun ke pekerjaan tersebut.

Tugas Copy Writer

Seorang copy writer memiliki tugas menulis naskah yang persuasif dengan efektif. Dengan begitu, masyarakat jadi tertarik dengan jasa atau produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan.

Inilah mengapa kebanyakan copy writer bekerja di perusahan periklanan. Hasil tulisan dari seorang copy writer dapat diunggah ke berbagai platform, tidak hanya sebatas website perusahaan. Dapat diunggah juga di radio, televisi, billboard, iklan dan media sosial.

Skill yang dibutuhkan oleh seorang copy writer adalah harus dapat menghasilkan kata-kata yang mudah diingat oleh orang-orang. Dengan begitu, seorang copy writer harus mempunyai pengetahuan yang luas dan harus kreatif.

Tidak hanya itu, seorang copy writer juga perlu memahami target audiens atau untuk siapa konten tersebut dibuat. Sehingga, untuk menjadi seorang copy writer, kamu juga harus memiliki perspektif yang luas.

Tugas Content Writer

Tugas seorang content writer adalah bertanggung jawab pada isi konten tulisan pada website klien atau website perusahaan. Hal itu berarti seorang content writer juga akan memperbaharui atau menulis artikel secara rutin di website tersebut.

Tulisan tersebut wajib menggunakan keyword supaya website tersebut bisa ditemukan di search engine seperti Google.

Tidak hanya itu, content writer juga memiliki tugas mengelola berbagai konten media sosial perusahaan. Umumnya, content writer juga berkolaborasi dengan bagian desain grafis untuk pengelolaan sosial media ini.

Seorang content writer juga bertanggung jawab atas kualitas SEO dari website perusahaan. Maka dari itu, content writer harus mempunyai keahlian dan kemampuan di bidang SEO.

Berbagai artikel yang dibuat juga harus dimonitor statistiknya. Tujuannya, supaya terlihat bagaimana performa dari setiap artikel yang sudah diterbitkan. Artikel yang dipublikasikan harus meningkatkan kepercayaan dan awareness publik.

Baca Juga : Sering Dikira Sama, Perbedaan Content Writer dan Copywriter

Penutup

Itu dia penjelasan mengenai perbedaan copy writer dan content writer yang perlu kamu tahu. Punya skill copy writing bisa berguna banget buat karirmu lho!

Tertarik menjadi seorang copy writer? Atau ingin jago copy writing? Yuk gabung kelas baru “Teknik Dasar Copywriting” di Gamelab!

Kelas ini dapat diikuti oleh peserta Kelas Industri jurusan BDP (Bisnis Daring dan Pemasaran).

Yuk gabung kelasnya sekarang juga!

 

 


Referensi:

https://money.kompas.com/read/2021/11/28/200756726/sama-sama-menulis-apa-beda-copywriter-dan-content-writer?page=all#:~:text=Meski%20keduanya%20memiliki%20tujuan%20untuk,citra%20sebuah%20produk%20atau%20perusahaan 

https://glints.com/id/lowongan/perbedaan-content-writer-dan-copywriter/#.YrpdN3ZBxPY 

https://crafters.getcraft.com/id-articles/apa-sih-bedanya-content-writer-dan-copywriter 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Selasa, 28 Juni 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI