BERITA PRAKERJA Sering Dikira Sama, Perbedaan Content Writer dan Copywriter

Sering Dikira Sama, Perbedaan Content Writer dan Copywriter

Oleh Rifka Amalia | Rabu, 16 Agustus 2023

Sering Dikira Sama, Perbedaan Content Writer dan Copywriter

Perbedaan Content Writer dan Copywriter yang perlu diketahui. Meski sama-sama berkaitan dengan penulisan konten, namun dua profesi ini memiliki pendekatan dan tujuan penulisan yang berbeda.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Dalam dunia pemasaran dan konten digital, dua peran yang seringkali disalahartikan atau bahkan dianggap sama adalah Content Writer dan Copywriter. Meskipun sama-sama berkaitan dengan penulisan konten, namun keduanya memiliki perbedaan, mulai dari definisi, tugas, hingga jenis tulisan.

Memahami Content dan Copy

Sebelum mengurai lebih lanjut tentang perbedaan content writer dan copywriter, sebaiknya kamu memahami terlebih dulu tentang apa itu content dan copy.

Content atau konten adalah informasi yang disampaikan melalui tulisan, gambar, audio, atau video. Konten ini dapat berkisar dari artikel blog, infografik, podcast, hingga video tutorial.

Selain memberikan informasi kepada audiens, konten juga bertujuan untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas website. Saat menyajikan konten yang berkualitas, audiens akan meyakini konten tersebut sebagai informasi yang valid. Saat itu lah kredibilitas terbentuk.

Copy adalah tulisan yang merujuk pada teks pendek yang digunakan untuk mempromosikan atau mengajak tindakan. Tulisan dalam copy bertujuan untuk mengajak/mempersuasi/membujuk audiens untuk melakukan sesuatu. Tulisan copy bisa berupa teks iklan, slogan, atau kalimat pemicu yang dimaksudkan untuk mempengaruhi audiens.

Perbedaan Content Writer dan Copywriter - GAMELAB.ID

Perbedaan Content Writer dan Copywriter

Berikut merupakan perbedaan antara content writer dan copywriter:

1. Pengertian

Content Writer adalah seorang profesional atau penulis yang fokus pada pembuatan konten yang memberikan informasi yang bermanfaat dan menjawab pertanyaan audiens (informatif dan edukatif).

Di sisi lain, Copywriter adalah profesional yang bertugas membuat kata-kata atau menciptakan copy yang persuasif, memikat, dan meyakinkan audiens.

2. Tugas

Salah satu perbedaan utama antara Content Writer dan Copywriter adalah tugas mereka. Content Writer fokus pada menyampaikan informasi yang bermanfaat dan edukatif kepada audiens. Mereka memahami topik secara mendalam dan membantu audiens memahami hal-hal yang kompleks melalui tulisan.

Sedangkan Copywriter fokus pada membuat teks yang merangsang tindakan. Mereka menciptakan teks yang menarik perhatian, menciptakan rasa urgensi, dan mengajak audiens untuk melakukan sebuah tindakan.

3. Tujuan

Tujuan dari pekerjaan Content Writer adalah memberikan informasi yang bernilai dan mengedukasi audiens. Mereka ingin membantu audiens memahami suatu topik atau konsep dengan lebih baik.

Di sisi lain, tujuan utama Copywriter adalah untuk mempengaruhi/membujuk audiens agar melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk, mendaftar newsletter, atau mengunjungi situs web. Tulisan copy biasanya diakhiri dengan call to action (CTA).

4. Panjang Kata

Konten yang dibuat oleh Content Writer cenderung lebih panjang karena mereka memiliki ruang untuk menjelaskan topik dengan detail. Biasanya, seorang content writer bekerja pada proyek-proyek seperti artikel blog, panduan, ulasan produk, e-mail news letter, konten pendidikan, dan lainnya.

Sebaliknya, Copywriter cenderung membuat teks yang lebih singkat dan padat. Mereka berusaha untuk membuat kata-kata yang menginspirasi reaksi dari audiens. Meskipun tidak mengurai kalimat panjang, tulisan copy harus efektif merangkul audiens dalam waktu singkat. Proyek-proyek yang biasanya dikerjakan Copywriter yakni iklan, tagline merek, dan lainnya.

5. Media

Content Writer sering bekerja dengan media yang lebih panjang dan lebih mendalam, seperti artikel blog, e-book, atau video tutorial. Mereka memiliki waktu dan ruang untuk menjelaskan topik tulisan dengan rinci, sehingga informasi yang ditulis sampai kepada audiens.

Di sisi lain, Copywriter sering bekerja dengan media yang lebih singkat dan padat, seperti teks iklan, slogan, tagline, caption Instagram, dan lainnya. Media-media yang digunakan Copywriter harus mampu menarik perhatian dan merangsang reaksi audiens.

Perbedaan Content Writer dan Copywriter - GAMELAB.ID

Baca Juga : Tips Menjadi Master Copywriter, Berikut Cara Praktisnya!

Penutup

Content Writer dan Copywriter adalah dua profesi yang lekat dengan penulisan konten dan pemasaran. Dalam dunia konten yang semakin kompleks, keduanya memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan dan informasi kepada audiens dengan cara yang efektif. Meski demikian, pendekatan yang digunakan oleh Content Writer dan Copywriter dalam mencapai tujuannya tidak lah sama.

Dewasa ini, peran Copywriter banyak dibutuhkan di dunia pemasaran digital karena fokus pada membuat teks yang persuasif untuk menggerakkan audiens melakukan tindakan tertentu, dalam hal ini adalah pembelian produk/jasa.

Oleh karenanya, jika kamu ingin belajar lebih lanjut tentang pemasaran digital, akan lebih baik jika kamu memahami terlebih dulu teknik dasar copywriting. Kamu bisa mengikuti kelas Menguasai Teknik Copywriting untuk Pemasaran Digital di GAMELAB.ID untuk meningkatkan skills copywriting-mu. Yuk, daftarkan dirimu melalui link ini.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Rabu, 16 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI