BERITA SELF DEVELOPMENT Game Asah Otak Untuk Meningkatkan Logika Codingmu

Game Asah Otak Untuk Meningkatkan Logika Codingmu


#game logika #game asah otak #programmer
Game Asah Otak Untuk Meningkatkan Logika Codingmu

Logika bagi seorang programmer adalah hal yang harus dimiliki. Seorang programmer bisa dengan baik mengerjakan coding dengan logika yang terus terasah. Untuk mengasah logika kalian bisa juga melalui permainan game lho.

Yuk, belajar di GAME LAB ACADEMY harga lebih murah, bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Kelas ditulis oleh professional dari industri berkolaborasi dengan praktisi pendidikan. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Seorang programmer tentunya akan lebih banyak mengandalkan logikanya untuk mejalankan fungsi pada program yang sedang ia kerjakan. Bagi programmer, logika adalah hal utama yang menjadi kunci utama utnuk menjadi seorang programmer yang baik. 

Seorang programer akan lebih banyak memnafaatkan algoritma dibandingkan dengan yang lainnya, meskipun porsinya dan kerumitan algoritma tidak sama satu programmer dengan programmer lainnya. Seperti seorang web designer tidak akan terlalu banyak berurusan dengan algoritma, namun berbeda dengan front-end atau back-end developer yang akan lebih banyak berurusan dengan algoritma.

Lalu bagaimana caranya meningkatkan logika bagi seorang programmer yang membutuhkan banyak logika untuk menjalankan program yang ia buat? Tentunya ada banyak cara untuk meningkatkan logika bagi programmer, salah satunya adalah dengan bermain game puzzleatau asah otak.

Game puzzle atau Asah otak bisa meningkatkan logika?

Gambar : Freepik.comBanyak sumber mengatakan game asah otak atau puzzle bisa meningkatkan logika dari pemainnya, bukan hanya programmer namun semua pemain secara keseluruhan meskipun dengan peningkatan yang berbeda-beda setiap orang. Hal ini tentunya menjadi berita yang baik bagi kita yang ingin meningkatkan logika. Namun benarkah hal itu?

Pada tahun 2004, sebuah studi oleh Tisa Lach dan Lynae Sakshaug menunjukkan bahwa siswa sekolah menengah membuat peningkatan yang signifikan dalam pelajaran penalaran aljabar, spasial, dan kemampuan memecahkan masalah meningkat setelah bermain Connect Four, Mastermind, Rush Jam, dan Guess Who setiap dua minggu sekali.

Studi lain juga dilakukan pada tahun 2014 oleh para ilmuwan dari Nanyang Technological Univercity yang menunjukkan bahwa orang dewasa yang memainkan video game puzzle berbasis fisika seperti Cut The Rope secara teratur, minimla satu jam sehari, akan meningkatkan fungsi ekskutif. Fungsi ekskutif ini sangat penting bagian kalian untuk membuat keputusan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini akan berguna ketika kalian dihadapkan pada situasi yang secara tiba-tiba berubah di lingkunganmu, contohnya saat kalian berada dipersimpangan dan lampu tiba-tiba berubah menjadi kuning dan kalian harus memutuskan untuk berhenti agar lebih aman atau terus melaju karena terburu-buru.

Permainan-permainan game  seperti itu terbukti dapat meningkatkan logika kita pada sesuatu disekitar kita. Lalu bagaimana dengan logika untuk pemrograman? Tentu hal ini tidak akan jauh berbeda dengan kedua hal diatas, dengan memainkan jenis game puzzle yang tepat maka akan meningkatkan logika kalian dengan baik.

Spesifikasi game asah otak yang baik

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, untuk jenis game yang berbeda dapat menimbulkan efek yang berbeda pula pada pemainnya. Jadi jenis game puzzle atau asah otak seperti apa yang sebaiknya di mainkan untuk bisa meningkatkan logika kita? Secara umum, berikut ini adalah beberapa hal ayang haris di cari ketika kita mengindentifikasi game puzzle atau asah otak yang bagus untuk meningkatkan logika : 

1. Konsep game yang mendasari

Gambar : CatsSebuah game yang logika atau puzzle yang paling efektif adalah yang memiliki struktur matematika yang kaya atau bermacam-macam dibaliknya. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan logika pemain dalam sebuah game asah otak atau logika perlu adanya struktur perhitungan matematika, meskipun dari sisi pemain tidak menyadarinya secara langsung konsep tersebut, namun dengan berjalannya waktu maka pemain akan menyadari hal tersebut. Jadi carilah game yang memasukkan struktur perhitungan matematika di dalamnya.

2. Game Interaktif dan Ramah

Bermain game asah otak atau logika beberapa ada yang tidak bisa dibuat secara interaktif. Banyak game asahotak yang statis dan tidak lebih dari susunan papan-papan angka. Tentunya dengan bermain game kita tidak mau menemukan hal yang membosankan dan membuat kita pusing saat memainkannya, karena salah satu unsur dalam sebuah game adalah kesenangan atau menghibur bagi pemainnya.

Jadi carilah sebuah game yang interaktif dan tidak membosankan meskipun game yang  kita cari adalah game asah otak yang biasanya identik dengan 'pusing' dan 'bingung', namun dengan adanya interaksi dan game yang interaktif akan sedikti mengurangi rasa 'pusing' dan 'bingung' tersebut.

3. User interface dan Visual yang menarik

Gambar : Monster PuddingSatu hal yang patut menjadi pertimbangan saat memilih game logika mana yang baik adalah dari segi visualnya. Carilah game logika dengan user interface yang jelas dan visual yang jelas dan menarik. Visual yang jelas akan membantu kalian lebih mudah memahami game tersebut dan tentu saja lebih terasa segar saat dimainkan. Selain itu user interface yang jelas dan tidak berbelit-belit juga bisa menjadi satu pertimbangan saat memainkannya. 

4. Game Flow dan leveling yang seimbang

Hal lain yang bisa menjadi pertimbangan saat utnuk mencari game puzzle atau asah otak yang baik adalah dari segi game flow. Pilihlah game yang memiliki alur yang jelas dengan tingkat kesulitan yang merata dari mulai mudah hingga ketingkat kesulitan yang lebih tinggi. Sehingga hal ini akan memungkinkan pemain cepat dalam mencapai kemahiran karen akan terbiasa mengikuti flownya.

Dengan adanya level yang adil dan seimbang hal i tu akan menantang para pemain utnuk menerapkan keterampilan yang ia punya untuk menyelesaikan level yang lebih sulit dari masalah yang sama. Hindari mencari game dengan tingkat kesulitan yang terlalu cepat atau tida seimbang karena hal itu tidak akan memberikanmu peluang yang cuup untuk mencari alternatif jalan untuk menyelesaikan game tersebut.

Game asah otak yang bisa kamu mainkan

Dari spesifikasi game diatas Tim Game Lab akan emncoba mencarikan game asah otak yang sesuai dengan spesifikasi tersebut. Salah satunya adalah game asah otak yang dibuat khusus untuk anak-anak, sehingga anak-anak yang ingin belajar coding dan ingin mengasah otak bisa bermain game tersebut. Baerikut ini adalah daftar game yang bisa kalian mainkan untuk mengasah otak kalian :

1. Marbel Tangram - Puzzel Asah Otak

Gambar : Marbel TangramMarbel Tangram ini merupakan salah satu game asah otak yang kami rekomendasikan untuk dimainkan, namun perlu digaris bawahi untuk game ini merupakan game asah otak khusus untuk anak. Cara bermain dalam game ini cukup mudah yaitu dengan menyusun bentuk-bentuk yang akan ditampilkan di dalam permainan menjadi sebuha gambar yang baru.

Terdapat lebih dari 186 bentuk tangram yang bisa dimainkan dengan tingkat kseulitan yang berbeda-beda. Kemudian di akhir permainan anak dapat belajar menghias bentuk tangram yang sudah jadi sesuai dengan imajinasi dan kreatifitas mereka. Game ini juga dilengkapi dengan animasi yang interaktif yang sesuia untuk anak-anak.

2. Cut The Rope

Gambar : Cut The RopeGame yang kedua adalah Cut The Rope. Gama ini adalah salah satu game asah otak yang sudah banyak dimainkan dan mendapat berbagai penghargaan. Game yang satu ini konsepnya juga simpel yaitu memberi makan katak. Namun tidak semudah itu memberi makan pada sang katak, kalian harus melewati serangkaian perhitungan untuk memotong tali agar makanan tersebut sampai pada katak.

Game ini memang terlihat sangat asik ditambah dengan visualnya yang menarik. Game ini pun terdiri lebih dari 425 level yang bisa kalian nikmati ditemani dengan karakter katak yang menggemaskan. Meskipun begitu banyak yang kesulitan saat memainkan game puzzle ini.

3. Enigma Puzzle

Gmbar : Enigma PuzzleGame ketiga ini juga memiliki konsep yang cukup simpel yaitu berupa 2 buah cakram yang saling berpotongan tau bertindihan sehinggan berpotongan. Permainannya cukup simpel namun memerlukan logika yang tepat untuk menyelesaikannya. Pada game ini kalian pemain harus menajamkan intuisinya untuk memenangkan setiap level.

Jika dilihat dari visual untuk game ini terlihat sangat simpel dan minimalais hanya berua 2 buah ckaram yang saling berpotongan. Mungkin karena game ini memang didesain untuk orang dewasa jadi untuk animasi ataupun interaksinya dibatasi untuk interaksi seperlunya saja. meski begitu untuk konsep dan kebutuhan untuk berpikir pada game ini bisa membantu meningkatkan logika pemain.

4. KenKen Classic II

Gambar : KenKen Classic IIBagi kalian yang sudah biasa bermain game asah otak pasti tidak asing dengan game yang satu ini, KenKen Classic II ini memliki konsep permainan Sudoku. Permainan ini dibuat untuk segala usia untuk melatih otak mereka dan merupakan satu-satunya versi dari teka-teki ini disahkan oleh penciptanya, pendidik Jepang Tetsuya Miyamoto. Pada visualnya, game ini termasuk memiliki visual yang minimalis berupa kotak-kotak berisi angka untuk permainan Sudoku. 

Nah itu tadi, game-game asah otak atau puzzle yang bisa kalian mainkan untuk mengasah logikamu sehingga bisa meningkatkan keterampilan bercodingmu. Game-game ini juga bagus untuk para programmer pemula, untuk meningkatkan logika dan membiasakan melatih pemecahan masalah mereka.


Sumber :

  • sciencedaily.com
  • edutopia.org

 

Baca artikel menarik lainnya :

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Febriani Sari

Febriani Sari

Senin, 23 Desember 2019