BERITA BISNIS & ADMINISTRASI Belajar Excel Dasar: Apa yang Harus Dipelajari?

Belajar Excel Dasar: Apa yang Harus Dipelajari?

Oleh Ayu Larasati | Sabtu, 16 Juli 2022

Belajar Excel Dasar: Apa yang Harus Dipelajari?

Tertarik untuk belajar Microsoft Excel pemula? Yuk simak panduan dari Gamelab berikut ini!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Siapa nih yang ingin belajar Excel dasar tapi masih bingung mau belajar dari mana? Nah, kamu menemukan panduan yang tepat! Di artikel kali ini, Gamelab akan menjelaskan mengenai bagaimana belajar Excel dari nol dan apa saja yang harus dipelajari.

Simak artikelnya baik-baik ya!

Mengenal Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah sebuah program pengelolaan data yang sering dipakai untuk akuntansi, kebutuhan administrasi, dan berbagai pekerjaan lainnya. Dengan menggunakan Excel, pengguna bisa memformat, mengatur, dan menghitung data yang banyak dan rumit dengan mengimplementasikan berbagai rumus yang tersedia. Dengan banyaknya rumus yang terdapat di software ini, tentu membutuhkan proses dan latihan.

Bagian dan Istilah dalam Microsoft Excel

Sebelum mempelajari Microsoft Excel lebih lanjut, mari kita mengetahui istilah dan bagian dalam Microsoft Excel terlebih dahulu.

Rumus Excel merupakan cara menghitung nilai dalam rentang sel atau dalam satu sel. Sementara itu, fungsi Excel adalah formula standar yang telah tersedia. Fungsi Excel ini bisa kamu gunakan dengan melakukan perhitungan tertentu berdasarkan nilai yang sudah ditentukan.

Di dalam Microsoft Excel terdapat bagian bernama row dan column. Dalam bahasa Indonesia, row berarti baris, yakni bagian yang melintang horizontal ke samping. Row ditandai dengan angka 1, 2, 3, 4, 5, sampai 1.048.576.

Lalu, column atau kolom adalah bagian dari worksheet yang melintang vertikal ditandai dengan huruf A, B, C, sampai XFD.

Istilah lain dari Microsoft Excel adalah Worksheet.

Worksheet adalah lembaran kerja dari keseluruhan proyek di dalam Microsoft Excel yang ada. Selain itu, istilah sel atau cell yang ditandai oleh pertemuan garis antara column dan row.

Umumnya, sebuah sel di Microsoft Excel diberi alamat atau nama sesuai dengan nama pertemuan column dan row. Misalnya, jika titik pertemuan berada di column A dan row nomor 7, maka sel tersebut dinamakan sel A7.

Mengenal Rumus Dasar Microsoft Excel

Nah setelah mengetahui definisi Microsoft Excel beserta bagian dan istilahnya, mari menengok rumus dasar Microsoft Excel yang harus kamu tahu.

1. Sum

Penulisan: =SUM(number 1, [number 2]... )

Rumus SUM bisa digunakan untuk menghitung penambahan data yang bersifat angka. Rumus ini efektif jika dipakai apabila data yang dijumlah adalah data dengan jumlah yag banyak.

2. Average

Penulisan: =AVERAGE(number 1, [number 2 ], .... )

Sama seperti namanya, fungsi ini bermanfaat untuk menghitung data rata-rata aritmetika. Bentuknya sendiri mirip dengan rumus SUM. Dengan rumus ini, kamu bisa menghitung rata-rata sekumpulan data angka dengan otomatis.

3. IF

Penulisan: =If(logical_test, [value_if_true], [value_if_false])

Dengan fungsi IF, kamu bisa membuat perbandingan logis dengan menguji parameter. Kemudian, mengembalikan hasil apabila hasil yang keluar adalah “True atau False”.

Oleh karena itu, pernyataan yang muncul setelah memakai rumus ini akan ada dua: hasil pertama berupa “Benar/True” dan yang kedua berupa “Salah/False”.

4. MIN

Penulisan: =MIN(number1:number2)

Rumus ini berguna jika kamu ingin mencari nilai terendah dari sekumpulan data.

5. MAX

Penulisan: =MAX(number1:number2)

Kebalikan dari rumus MIN, rumus MAX digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data.

Masih banyak lagi fungsi dan rumus yang bisa kamu pelajari secara lebih mendalam dengan mengikuti pelatihan Microsoft Excel di Gamelab.

Baca Juga : Mau Bisnis Laku? Analisis SWOT Dulu, Baru Deh Buka Gerai!

Penutup

Itu dia panduan mengenai belajar excel dari nol yang patut kamu ketahui. Ingin belajar lebih lengkap mengenai Excel? Yuk ikuti Kelas “Komputerisasi Akuntansi Menggunakan Excel untuk Menjadi Petugas Pembukuan” di Gamelab Indonesia!

Di kelas ini, kamu bisa belajar teknik pembukuan mulai dari penulisan hingga sampai perhitungan formula menggunakan aplikasi Microsoft Excel.

Tertarik untuk bergabung dengan kelasnya? Klik di sini sekarang juga!

 


Referensi:

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200702125947-185-520012/rumus-dasar-microsoft-excel-yang-wajib-dikuasai-pemula 

https://dqlab.id/belajar-dasar-excel-bagi-pemula 

https://tirto.id/rumus-rumus-dasar-microsoft-excel-bagi-pemula-eeaL 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Sabtu, 16 Juli 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI