BERITA KARIR Tips Membuat CV yang Menarik dan ATS-Friendly, Bikin Lamaranmu Auto Dilirik Recruiter!

Tips Membuat CV yang Menarik dan ATS-Friendly, Bikin Lamaranmu Auto Dilirik Recruiter!

Oleh Ayu Larasati | Jumat, 22 Juli 2022

Tips Membuat CV yang Menarik dan ATS-Friendly, Bikin Lamaranmu Auto Dilirik Recruiter!

Bagaimana cara membuat CV lamaran kerja yang ATS-Friendly? Yuk simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Salah satu cara agar kita mudah dipanggil interview saat melamar kerja adalah dengan membuat CV yang menarik. Mengingat CV merupakan tahap screening pertama perusahaan dalam menyaring kandidat terbaik.

Menurut CNBC, 75% CV pelamar kerja tidak dilihat secara langsung oleh rekruiter. Melainkan, diseleksi menggunakan sebuah software bernama ATS. Maka dari itu, agar CV-mu lolos seleksi, kamu harus membuat CV yang ATS-friendly.

Lalu, bagaimana sih cara membuat cara membuat CV lamaran kerja ATS-friendly yang menarik dan benar? Simak penjelasan dari Gamelab berikut ini.

Apa Itu CV ATS-Friendly?

Apa Itu CV ATS-Friendly?

ATS adalah singkatan dari applicant tracking system dan merupakan software yang digunakan dalam merekrut karyawan.

Dengan begitu, dapat kita simpulkan bahwa CV ATS-Friendly adalah CV yang dikhususkan agar lolos screening dari applicant tracking system (ATS). Tentu saja, format dan penulisan CV ATS-friendly berbeda dengan CV yang umumnya kamu temui.

Supaya lolos screening, kamu perlu membuat CV dengan format yang sederhana. Ciri-ciri ATS-friendly akan Gamelab jelaskan setelah ini.

Ciri-Ciri CV ATS-Friendly

  • Warna yang digunakan untuk CV tidak terlalu mencolok dan enak dilihat.
  • Menggunakan jenis huruf standar dengan ukuran huruf yang tidak terlalu kecil atau besar.
  • Menyisipkan kata kunci yang cocok dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar.
  • Dalam penulisan CV menggunakan bahasa Inggris untuk mempermudah software ATS untuk proses identifikasi data diri.
  • Setiap job desc di bagian pengalaman dijelaskan secara lebih dalam. Maka, CV mempunyai peluang lebih besar agar lolos screening sistem ATS.

Mengapa Harus Menggunakan CV ATS-Friendly?

Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa sih harus menggunakan CV ATS-Friendly?

Pertama, ATS digunakan oleh berbagai perusahaan. Berdasarkan riset Jobscan, sebanyak 491 perusahaan dari perusahaan Fortune 500 (perusahaan terbesar di dunia dari besaran pendapatan) menggunakan ATS sebagai sistem screening karyawan baru.

Kedua, ATS digunakan di tahap awal perekrutan. Dengan menggunakan CV ATS-Friendly, peluangmu untuk dipanggil wawancara semakin besar. Artinya, CV yang kurang sesuai dapat menghambatmu untuk berlanjut ke tahap rekrutmen selanjutnya. Maka dari itu, kamu perlu memerhatikan format CV-mu.

Ketiga, CV dengan format ATS juga lebih mudah untuk dibaca manusia. Artinya, rekruiter juga mudah membaca CV-mu.

Bagaimana Cara Membuat CV ATS-Friendly?

Dalam membuat CV untuk melamar pekerjaan, tipe CV kreatif memang lebih menarik untuk manusia. CV kreatif dengan daya tarik visual yang menarik dan unik untuk menarik minat pihak HR. Sedangkan CV ATS terkesan lebih simpel karena memang ditujukan agar lolos dalam screening mesin yakni sistem ATS.

Lalu, bagaimana cara membuat CV lamaran kerja ATS-Friendly?

1. Menggunakan Template CV ATS-Friendly

Cara pertama dalam membuat CV ATS-Friendly tentu saja dengan mengikuti template CV yang ramah terhadap ATS. Template yang dimaksud adalah template yang sederhana, polos, gampang dipahami, dan tentu saja terbaca oleh sistem ATS.

Agar CV-mu mudah terbaca oleh sistem ATS, hindari untuk menggunakan grafik atau ornamen yang kompleks. Selain itu, konfigurasikan juga warna CV-mu. Memilih warna monokrom bisa menjadi pilihan yang terbaik.

2. Penempatan Tulisan Sesuai Kaidah ATS

Agar CV-mu lolos screening, pastikan tulisan di CV-mu tertata rapi dan mudah terbaca. Apabila kamu kurang hati-hati dalam menuliskan isi CV, bisa menurunkan tingkat keterbacaan oleh sistem ATS.

3. Mengoptimalkan Penggunaan Kata Kunci

Cara selanjutnya dalam membuat CV ATS-Friendly adalah dengan mengoptimalkan kata kunci. Tuliskan kata kunci yang sesuai dengan posisi yang ingin kamu lamar.

Misalnya, jika kamu melamar pekerjaan sebagai Frontend Developer di sebuah perusahaan, maka pastikan di CV tertera kata “Frontend Developer”. Kamu bisa menaruh kata kunci tersebut di kolom kemampuan, pengalaman, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Membedah Perbedaan CV dan Resume Panduan Lengkap untuk Pelamar Kerja!

Penutup

Itu dia ulasan lengkap mengenai CV ATS-Friendly mulai dari pengertian, ciri-ciri hingga cara cara membuat CV lamaran kerja ATS-Friendly. Agar makin mudah diterima bekerja, yuk optimasi skill-mu dengan mengikuti pelatihan di Gamelab.

Di Gamelab, kamu bisa mengikuti program-program yang bisa membantumu meningkatkan skill, mulai dari magang online bersertifikat, kelas industri, kelas online, teaching factory, hingga program kampus merdeka. Yuk optimasi skill digital-mu bersama Gamelab sekarang juga!

 


Referensi:

https://www.cakeresume.com/resources/cv-ats-friendly 

https://www.linovhr.com/cara-membuat-cv-ats-friendly/#/top 

https://www.cnbc.com/2019/02/28/resume-how-yours-can-beat-the-applicant-tracking-system.html 

https://www.jobscan.co/blog/fortune-500-use-applicant-tracking-systems/ 

https://www.hashmicro.com/id/blog/cara-membuat-cv-ats-friendly/ 

https://glints.com/id/lowongan/cv-ats-friendly/#.Ytob2nZBy5c

 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Jumat, 22 Juli 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI