BERITA KARIR Bakal Jadi Primadona, Ini 15 Top Skill yang Paling Dicari di Tahun 2025

Bakal Jadi Primadona, Ini 15 Top Skill yang Paling Dicari di Tahun 2025

Oleh Ayu Larasati | Selasa, 11 Oktober 2022

Bakal Jadi Primadona, Ini 15 Top Skill yang Paling Dicari di Tahun 2025

Inilah 15 top skills yang paling dicari di tahun 2025 menurut World Economic Forum (WEF). Apa sajakah itu?

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Melihat perkembangan teknologi yang sangat pesat di setiap tahunnya, World Economic Forum (WEF) memprediksi jika tahun 2025, pekerjaan manusia akan tergeser oleh mesin. Maka dari itu, kita perlu menambah skill baru agar dapat bertahan di dunia kerja yang kelak akan berdampingan dengan mesin.

Terlebih, mengandalkan nilai akademik saja tidaklah cukup untuk membawa kita menuju kesuksesan di dunia kerja. Butuh skill tertentu yang harus diterapkan di dunia kerja dan dunia industri. Nah, di artikel ini, Gamelab akan menjelaskan top job skill yang dibutuhkan dan akan menjadi primadona di tahun 2025 menurut World Economic Forum (WEF).

Apa sajakah itu? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Top Skill yang Dibutuhkan di Tahun 2025

Berikut beberapa skill yang perlu dikuasai menurut World Economic Forum. Skill ini perlu kamu miliki agar dapat meraih kesuksesan di dunia kerja dan dunia industri.

1. Pemikiran Analitis dan Inovatif

Dengan memiliki kemampuan berpikir analitis, kamu bisa menyelesaikan sebuah permasalahan berdasarkan informasi yang kamu miliki. Cara berpikir ini menggunakan proses analisis secara objektif dan mendalam.

Kemampuan berpikir analitis bisa membuatmu dengan mudah menemukan pola, mengambil kesimpulan, dan mendapatkan solusi yang membuat pekerjaan menjadi lebih efisien. Biasanya, kemampuan berpikir analitis juga diikuti dengan kemampuan dalam berinovasi.

2. Aktif dan Memiliki Strategi Belajar

Perkembangan teknologi yang pesat membuat semua hal bergerak dengan cepat, tidak terkecuali daya belajar. Kita harus memiliki keaktifan dan strategi dalam belajar. Di dunia kerja, kita dituntut untuk memahami suatu masalah secara cepat dan menemukan solusinya. Apabila kamu tidak dapat bergerak secara dinamis, bisa saja kamu tersisihkan dari posisimu.

3. Pemecahan Masalah yang Kompleks

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, kemampuan problem solving merupakan kemampuan untuk menganalisis masalah dan menemukan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dapat dikatakan, problem solving adalah kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap karyawan.

4. Berpikir Kritis

Di era modern, kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan untuk mencapai kesuksesan karier. Dengan kemampuan ini, kamu bisa menyelesaikan masalah dengan lebih mudah, berkomunikasi dengan baik, dan menghasilkan pekerjaan yang berkualitas.

Jika kamu ingin belajar lebih dalam tentang cara berpikir kritis, kamu bisa bergabung dengan kelas gratis Critical Thinking: Meningkatkan Kualitas Hidup dengan Berpikir Kritis di Gamelab.

5. Kreativitas, Orisinalitas, dan Inisiatif

Kreativitas menjadi skill dengan posisi teratas dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan, mengingat skill ini sangat bermanfaat untuk semua peran dalam perusahaan atau organisasi. Dengan skill kreativitas, kamu bisa mencetuskan dan mengembangkan ide-ide baru, baik untuk menyelesaikan masalah, membuat produk baru, dan berinovasi.

Dalam mengembangkan sebuah ide, orisinalitas tentu sangat diperlukan. Terlebih di dunia industri kreatif, orisinalitas adalah sebuah hal yang wajib dan utama.

Selain itu, kemampuan inisiatif juga sangat diperlukan. Kemampuan ini menjadikan seseorang bekerja atau melakukan sesuatu tanpa harus diberi tahu terlebih dahulu. Pendek kata, kemampuan inisiatif yang kamu miliki akan membuatmu menjadi sosok yang banyak akal atau resourceful.

Ingin mengembangkan skill kreativitasmu? Kamu bisa ikut kelas Creativity: Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif.

6. Kepemimpinan dan Pengaruh Sosial

Leadership skill atau kepemimpinan adalah kemampuan seseorang dalam memotivasi dan menginspirasi orang lain untuk melakukan pekerjaan yang sudah ditetapkan, guna mencapai tujuan bersama. Skill ini wajib dimiliki oleh seorang leader, supervisor, atau manajer.

Selain itu, kemampuan sosialisasi juga dibutuhkan untuk memimpin. Apalagi di dunia kerja, kita dituntut untuk selalu bekerja sama dengan orang lain. Dengan skill kepemimpinan dan sosialisasi, kamu bisa menggerakkan orang lain dan membuat mereka mau bekerja sama demi mencapai tujuan bersama.

Untuk meningkatkan skill kolaborasi atau kerja sama, kamu dapat bergabung di kelas Collaboration: Mengembangkan Kemampuan Kolaborasi di Era Digital.

7. Mahir Teknologi

Mengingat teknologi memiliki peran penting dalam perkembangan bisnis dan industri, kamu harus mahir mengoperasikan dan memanfaatkan teknologi untuk mencapai tujuan tertentu. Artinya, kamu harus menjadi sosok yang tech savvy atau melek teknologi. Agar tidak tertinggal, kamu harus terus mengikuti perkembangan teknologi.

8. Desain Teknologi dan Programming

Memiliki skill di bidang desain teknologi dan programming menjadi nilai plus untukmu. Skill programming sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan dan prospek kerjanya juga sangat menarik dengan gaji tinggi.

Kamu ingin belajar IT, data, dan programming? Pilih kelas favoritmu di Kelas Coding Gamelab.

9. Daya Ketahanan/Resiliensi Tinggi

Di dunia kerja, kamu juga perlu memiliki daya ketahanan (resilience) yang membuatmu bisa bertahan di segala kondisi kerja. Ketahanan ini meliputi ketahanan jasmani dan rohani, termasuk kemampuan untuk mengelola stres. Resiliensi menjadi kemampuan yang diperlukan untuk mengubah ancaman dan tantangan menjadi kesempatan untuk berkembang, bertumbuh, dan beradaptasi untuk perubahan yang baik.

10. Berpikir Logis

Berpikir logis atau logical thinking menjadi salah satu skill penting yang harus kamu miliki. Kemampuan berpikir logis dapat diartikan sebagai kemampuan untuk menganalisis situasi secara objektif, sehingga dapat menemukan solusi yang masuk akal. Skill ini sangat dibutuhkan, terutama saat akan merumuskan keputusan penting dalam pekerjaan.

11. Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional atau emotional intelligence (EQ) adalah salah satu skill yang sangat penting, baik di dunia kerja maupun dalam kehidupan sehari-hari. Skill yang satu ini bisa menunjang kesuksesan karier karyawan.

Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengerti, mengevaluasi, dan merespon emosi diri sendiri dan orang lain. Umumnya, karyawan dengan kecerdasan emosional memiliki produktivitas kerja yang tinggi, memberikan kontribusi positif pada perusahaan, dan menciptakan lingkungan kerja yang positif.

12. Troubleshooting dan User Experience

Keterampilan troubleshooting sangat diperlukan di berbagai perusahaan. Troubleshooting adalah kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan hal-hal teknis, seperti mesin, komputer, elektronik, dan sistem perangkat lunak yang kompleks.

Tidak hanya dapat menyelesaikan masalah, troubleshooting juga dapat meningkatkan pengalaman pengguna (user experience).

13. Service Oriented

Skill ini wajib kamu miliki, khususnya untukmu yang bekerja di layanan dan jasa. Orang dengan skill service oriented berfokus pada kebutuhan pelanggan. Mereka mau melakukan antisipasi dan pengenalan mengenai apa yang dibutuhkan pelanggan. Orang dengan service oriented juga memiliki empati terhadap pelanggan, sehingga membuat pelanggan nyaman dengan layanan dan jasa yang disediakan.

14. Analisis Sistem dan Evaluasi

Analisis sistem dan evaluasi adalah kemampuan untuk mengumpulkan dan menginterpretasi fakta, mengidentifikasi masalah, dan dekomposisi sistem menjadi komponen-komponennya. Hal ini dilakukan untuk mempelajari atau mengevaluasi sebuah sistem dan komponennya untuk mengindentifikasi sebuah objek.

15. Persuasi dan Negosiasi

Nah, skill terakhir yang wajib kamu miliki adalah skill persuasi dan negosiasi. Kemampuan persuasi adalah skill untuk memengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu. Kemampuan ini sangat bermanfaat dalam negosiasi. Kemampuan ini akan membantumu menyampaikan pendapat, sehingga semua pihak menyetujui pendapat tersebut dan mendukungnya.

Baca Juga : Manfaat dan Tips Efektif Membagi Waktu Untuk Bekerja Dengan Kuliah

Penutup

Itu dia penjelasan mengenai 15 top skill yang dibutuhkan di tahun 2025. Kira-kira, apa saja skill yang sudah kamu kuasai?

Agar kamu bisa memiliki karir cemerlang, penting bagimu untuk menguasai skill-skill tersebut. Lalu, bagaimana cara meningkatkan skill?

Nah, Gamelab dapat menjadi tempat terbaik untuk optimasi skill digitalmu. Di Akademi Gamelab, kamu bisa belajar berbagai skill yang dibutuhkan oleh dunia kerja dan dunia industri.

Kelas online di Gamelab membuatmu dapat belajar secara fleksibel dengan materi dari profesional. Kamu juga akan mendapatkan sertifikat penyelesaian kelas. Sangat bermanfaat, bukan?

Bidang akademi yang tersedia juga bervariasi. Kamu bisa memilihnya sesuai bidang yang ingin kamu pelajari, di antaranya:

  • IT, Data, Coding,
  • Creative, Design, Multimedia,
  • Business & Administration, serta
  • Soft Skills.

Mana nih, bidang akademi yang ingin kamu pelajari? Yuk, pilih kelas favoritmu di sini sekarang juga!


Referensi:

  • Top 10 In-Demand Skills for 2025 [1]
  • These are the top 10 job skills of tomorrow – and how long it takes to learn them [2]
  • Here Are the Top 10 Job Skills for 2025 [3]
  • Future of Jobs: The top 10 skills to be developed by 2025 [4]
  • 10 Essential Skills For Every Future Proof Organization according to the World Economic Forum [5]
  • The Future of Jobs Report 2020 by World Economic Forum [6]

Ayu Larasati

Ayu Larasati

Selasa, 11 Oktober 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI