BERITA UMUM 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Lomba atau Kompetisi Minimal Sekali dalam Hidupmu

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Lomba atau Kompetisi Minimal Sekali dalam Hidupmu

Oleh Ayu Larasati | Rabu, 2 November 2022

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Lomba atau Kompetisi Minimal Sekali dalam Hidupmu

Masih ragu untuk ikut kompetisi? Yuk, baca 7 alasan kenapa kamu harus ikut lomba atau kompetisi setidaknya sekali dalam hidupmu. Simak baik-baik, ya.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Pernahkah kamu mengikuti dan memenangkan sebuah lomba atau kompetisi? Bagaimana perasaanmu saat mendengarkan pengumuman lomba dan mendapatkan hadiahnya? Pasti sangat menyenangkan!

Dalam kompetisi, tentu ada yang menang dan ada yang kalah. Uniknya, tetap ada pengalaman berharga yang bisa kamu dapatkan, meskipun tidak memenangkannya. Itulah mengapa, mengikuti kompetisi atau lomba menjadi salah satu hal yang harus kamu lakukan, minimal sekali seumur hidup.

Lalu, mengapa kamu harus mengikuti kompetisi atau lomba? Inilah penjelasan lengkapnya dari Gamelab.

Alasan Mengapa Kamu Harus Ikut Kompetisi

Alasan mengikuti kompetisi

Berikut beberapa alasan, mengapa kamu harus mengikuti kompetisi atau lomba setidaknya sekali dalam hidupmu. Apa sajakah itu?

1. Meningkatkan Keberanian dan Kepercayaan Diri

Butuh keberanian dan rasa percaya diri untuk mengikuti sebuah kompetisi atau lomba. Apalagi, kamu harus bersaing dengan banyak orang.

Semakin sering kamu mengikuti kompetisi, kemampuan di bidang yang dilombakan akan jadi lebih baik, sehingga membuatmu lebih percaya diri dengan skill yang kamu miliki. Maka dari itu, dengan berpartisipasi dalam sebuah lomba, kamu dapat meningkatkan keberanian dan rasa percaya diri.

2. Meningkatkan Kreativitas

Selain dapat mengasah kemampuanmu, mengikuti kompetisi atau perlombaan nyatanya juga mampu meningkatkan kreativitas dan memperluas paradigma berpikirmu. Dengan berani mengikuti lomba, berarti kamu sudah siap menghadapi berbagai permasalahan, baik secara internal maupun eksternal. Hal itu dapat melatihmu berpikir taktis, kreatif, kritis, dan jernih dalam menghadapi masalah, hingga kamu dapat menemukan solusi terbaik dari setiap masalah yang kamu hadapi.

Semakin sering kamu mengikuti kompetisi atau perlombaan, kemampuanmu dalam mengenali pola akan semakin tajam dan terasah, sehingga nantinya, kamu semakin mudah dalam menghadapi kompetisi atau perlombaan. Kemampuan ini sangat penting di era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) yang sangat cepat berubah ini, seperti yang telah dipetakan oleh World Economic Forum (WEF) sebagai skill yang harus dimiliki di tahun 2025.

3. Menumbuhkan Jiwa Kompetitif dan Daya Saing

Di era VUCA yang kian dinamis dan menantang, kemampuan untuk mengatasi permasalahan dan persaingan di dunia kerja sangat dibutuhkan untuk bertahan. Sisi kompetitif dalam dirimu dapat menjadi motivasi untuk terus berusaha memberikan yang terbaik dan membuatmu tidak mudah menyerah. 

Dengan mengikuti kompetisi, kamu juga dapat mengukur kemampuanmu dan mengenali kemampuan lawan dengan cara yang sportif. Ini menjadi tantangan tersendiri untuk melatih dirimu menjadi orang yang growth mindset.

4. Membuat CV-mu Lebih Kece

Mengikuti kompetisi yang sejalan dengan skill yang kamu butuhkan di dunia karir, nantinya akan menunjukkan bahwa kamu memang memiliki passion di bidang tersebut.

Terlebih, jika kamu berhasil memenangkan sebuah lomba. Hasil karyamu, selain bisa menjadi portofolio yang bisa kamu banggakan dan kamu masukkan ke dalam CV, juga bisa menjadi “alat negosiasi” dengan pihak lain. Jadi, selain CV-mu tampak keren dan berbobot, juga memiliki “nilai jual”. 

Kamu juga terlihat lebih aktif dan kompeten dalam bidang yang kamu tekuni. Hal ini tentu saja menambah nilai plus untukmu.

5. Membangun Koneksi

Mengikuti kompetisi juga bisa menjadi ajang membangun koneksi, memperluas lingkaran pergaulan, dan meningkatkan kualitas pertemanan. Selain itu, kamu juga bisa memiliki teman baru yang punya ketertarikan di bidang yang sama denganmu.

Tidak jarang, berangkat dari perlombaan atau kompetisi, lingkaran pertemananmu menjadi lebih berkualitas. Hal itu karena kalian bisa membahas persoalan yang sama, sehingga memunculkan ruang diskusi untuk saling berbagi pendapat dan informasi.

6. Membangun Track Record Positif dan Memiliki Portofolio yang Teruji

Dengan sering mengikuti kompetisi atau perlombaan, kamu memiliki track record yang menunjukkan perjalanan dan perkembangan kemampuanmu, dan bahwa kamu fokus serta memiliki ketertarikan pada bidang yang kamu tekuni. 

Ini menjadi nilai tambah bagi perusahaan yang ingin bekerja sama denganmu, karena memudahkan mereka untuk melihat perkembangan kemampuanmu. Terlebih, jika kamu berhasil menorehkan prestasi dengan memenangkan sebuah kompetisi atau perlombaan.

7. Mendapatkan Hadiah

Hadiah tentu menjadi alasan utama bagi sebagian orang untuk mengikuti ajang kompetisi. Selain pengakuan pada kemampuanmu, hadiah dapat menjadi motivasi seseorang untuk melakukan sesuatu, seperti yang disampaikan oleh James Clear dalam bukunya, Atomic Habit. Rasa senang dan bangga saat berhasil menorehkan prestasi, serta memenangkan hadiah dapat menjadi ‘amunisi’ untuk terus mengembangkan diri.

Asah soft skill-mu agar semakin siap berkompetisi dengan mengikuti kelas Soft Skill di sini.  

Baca Juga : Educa Studio Juara Umum Sayembara Cipta Game 2018

Yuk Ikuti Gamelab Competition dan Menangkan Hadiah Jutaan Rupiah!

Kamu sudah tahu, apa saja keuntungan yang didapatkan dari mengikuti kompetisi atau lomba. Sekarang, saatnya kamu mengikuti Gamelab Competition 2022 #BeAHero untuk siswa SMK, dan kamu bisa memenangkan hadiah jutaan rupiah, trofi, serta e-sertifikat.

Terdapat 3 kategori lomba yang dapat kamu ikuti:

  • Komik Panel,
  • Business Model Canvas, dan
  • Web Front End – Company Profile.

Tertarik untuk mengikuti kompetisi Gamelab? Klik di sini, ya untuk melihat persyaratan dan mendaftar lomba!


Referensi:

  • How Participating In Competitions Can Benefit Your Student Life [1]
  • 5 Reasons You Should Participate In A Student Competition [2]
  • 5 Reasons Why You Should Join Competitions [3]

Ayu Larasati

Ayu Larasati

Rabu, 2 November 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI