BERITA ANIMASI 6 Software Animasi Terbaik Untuk Anak-Anak [2020]

6 Software Animasi Terbaik Untuk Anak-Anak [2020]


#best software #animation
6 Software Animasi Terbaik Untuk Anak-Anak [2020]

Kali ini kita akan membahas 6 software animasi terbaik untuk anak-anak. Dengan menggunakan software-software ini anak-anak dapat belajar membuat animasi dengan mudah dan lebih menyenangkan.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY harga lebih murah, bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Kelas ditulis oleh professional dari industri berkolaborasi dengan praktisi pendidikan. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Belajar animasi tentunya bisa dilakukan oleh siapa saja, tak terkecuali oleh anak-anak. Animasi tidak hanya untuk sarana hiburan semata namun memilik manfaat lainnya seperti untuk sarana belajar yang lebih menyenangkan. Animasi bahkan dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran yang interaktif, sehingga bagi siswa hal tersebut dapat lebih menarik perhatian mereka agar lebih giat untuk belajar.

Bagi anak-anak yang masih dekat dengan dunia bermain dan belajar, animasi bisa menjadi salah satu alternatif pilihan media yang tepat untuk mereka. Namun apakah anak-anak hanya sebatas menikmati hasil akhir dari sajian animasi yang dimaksudkan? Tentunya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Selain menggunakan animasi utnuk belajar, anak-anak juga dapat belajar untuk membuat animasi tersebut. Bahkan bagi anak-anak yang berumur di bawah 10 tahun pun dapat mempelajari cara pembuatan animasi.

Bagi anak-anak yang tertarik untuk mempelajari animasi, ada beberapa software animasi yang cocok di gunakan oleh anak-anak untuk belajar membuat animasinya sendiri. Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai software-software tersebut, lebih dahulu mari kita bahas cara untuk memilih software animasi yang tepat untuk anak-anak. 

Gambar : Anak belajar bersama

Bagaimana memilih software animasi yang cocok untuk anak-anak?

Memilih software yang tepat untuk digunakan pada anak-anak akan semakin mempermudah mereka untuk mempelajari animasi secara step by step dengan lebih detail. Apa saja yang perlu diperhatikan untuk memilih software animasi yang tepat?

Perhatikan usia dan kemampuan anak

Mempertimbangkan usia anak untuk memilihkan software yang tepat adalah hal yang penting. Usia anak akan berpengaruh pada kemampuan anak dalam menyerap pembelajaran atau arahan dan kompleksitas software yang digunakan. Terkadang untuk usia anak yang terlalu dini masih akan kesulitan untuk memahami kompleksitas suatu software. Untuk itu perlu adanya pemilihan yang cermat terhadap kesesuaian usianya.

Beberapa software yang tersedia, ramah dengan anak-anak. Artinya software tersebut memang bisa digunakan untuk anak-anak dalam rentang usia tertentu. Ada pula software yang tidak mengklaim usia penggunanya namun dapat digunakan oleh anak-anak karena kompleksitasnya tidak tinggi. Hal tersebut yang perlu di perhatikan saat mencari software animasi yang tepat untuk anak-anak.

Seberapa besar penguasaan anak terhadap komputer

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika memilihkan software animais yang cocok utnuk anak-anak adalah perhatikan seberapa besar mereka menguasai komputer. Apabila mereka belum menguasai komputer maka pilihkan software yang memang dapat digunakan hanya sebatas drag and drop saja, atau software animasi simple yang hanya mengharuskan anak utnuk menggambar saja.

Penguasaan anak terhadap perangkat komputer juga akan menentukan sejauh mana mereka dapat menguasai software tersebut. Jangan memilihkan software yang kompleks karena akan semakin mempersulit proses belajar mereka.

Ketahui tingkat kesabaran anak

Mengetahui tingkat kesabaran anak juga bisa di jadikan acuan untuk memilih software animasi yang tepat untuknya. Beberapa anak memiliki tingkat kesabaran yang tinggi maka ia tidak akan bermasalah jika proses pembuatan animasi tersebut memakan waktu yang cukup lama. Namun jika tingkat kesabaran anak tersebut rendah, coba pilihkan software yang meiliki waktu pengerjaan yang cepat atau software animasi yang tidak terlalu kompleks dan hasilnya dapat segera dilihat.

Jenis animasi yang diminati anak

Selain mengetahui beberapa hal seperti di atas, kita juga harus mengetahui jenis animasi apa yang dimintai oleh anak. Hal tersebut agar anak lebih bersemangat untuk belajar membuat animasi yang mereka sukai.

Ada beberapa style animasi yang dapat dibuat oleh anak, seperti di bawah ini:

  1. Stop Motion, animasi jenis ini adalah animasi yang dibuat dengan memindahkan objek apapun untuk kemudian diambil fotonya pada setiap frame gerakan yang dibuat.
  2. Animasi 2D, animasi jenis ini dapat dibuat melalui dua cara yaitu secara manual dan secara otomatis. Untuk pembuatan animasi 2D secara manual atau klasik dapat dilakukan dengan membuat gambar dari objek yang akan dianimasikan secara manual frame by frame nya. Sedangkan untuk pembuatan animasi secara otomatis atau modern dapat menggunakan bantuan dari "rig" atau "skeleton" yang tersedia pada software tertentu kemudian dianimasikan secara otomatis.
  3. Animasi 3D, animasi jenis ini hampir sama dengan animasi Stop motion, hanya saja lebih banyak menggunakan alat dan efek. 
  4. Whiteboard / Presentation Style, animasi jenis ini sempat menjadi populer beberapa tahun terakhir yang digunakan pada video presentasi ataupun digunakan sebagai video pembelajaran di kelas.

Memilih software animasi yang tepat dan sesuai dengan kriteria anak memang tidak dapat secara instan. Mencari tahu jenis animasi seperti apa yang diminati oleh anak juga akan memperbesar presentase keberhasilan dalam proses belajarnya membuat animasi.


Baca artikel lainnya: 7 Software Animasi Terbaik 2019 Untuk Animator


Software animasi terbaik untuk anak-anak

Setelah mengetahui cara untuk memilihkan software animasi utnuk anak-anak, beberapa software di bawah ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk digunakan oleh anak-anak. Kami pilihkan 6 software animasi terbaik yang dapat digunakan oleh anak-anak.

Powtoon

Gambar : Powtoon

Powtoon menjadi salah satu software animasi terbaik yang bisa digunakan oleh anak-anak. Meskipun pada awalnya aplikasi ini tidak dibuat untuk anak-anak melainkan sebagai aplikasi presentasi. Namun karena kemudahan dalam menggunakan aplikasi ini sehingga cocok digunakan untuk anak-anak. Aplikasi ini cocok digunakan untuk anak usia 10 tahun ke atas.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat animasi dongeng, infografis, maupun presentasi akademik. Beberapa efek animasi juga dapat di tambahkan dari daftar drop-down. Dengan menggunakan beberapa template yang tersedia pada aplikasi ini anak-anak dapat bereksperimen untuk membuat sebuah video animasi sederhana dengan kualitas animasi yang ciamik.

Untuk dapat mengakses aplikasi ini mengharuskan kita untuk tersambung dengan internet. Cara penggunaan aplikasi ini juga terbilang cukup mudah hanya dengan mengganti teks dan menambahkan efek sesuai dengan imajinasi anak. Tidak perlu memikirkan untuk menggambar karakter atau detail gerakan, karena hal tersebut sudah di sediakan secara otomatis. Sehingga aplikasi ini cocok bagi anak-anak yang ingin belajar membuat animasi secara cepat dan mudah.

Aplikasi ini memiliki dua versi yang dapat digunakan, yaitu versi gratis dan versi berbayar. Pada versi gratis, kita sudah dapat menggunakan sejumlah template untuk membuat animasi sederhana. Beberapa template tersebut dapat kita gunakan dengan cara melakukan registrasi terlebih dahulu.

Sedangkan untuk versi berbayarnya, terdapat 3 pilihan paket yang dapat kita pilih, yaitu Paket Pro, Pakaet Pro+, dan Paket Agency. Paket Pro mengharuskan kita membayar $19 per bulan, Paket Pro+ dengan biaya $59 per bulan, dan Paket Agency dengan biaya $99 per bulan.

DP Animation Maker

Gambar : DP AnimationMaker

DP Animation Maker adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk membuat animasi dengan cerita dan gambar yang indah. Penggunaan pada aplikasi ini sendiri tidak memerlukan keterampilan teknis atapun pengalaman desain, hanya memerlukan sebuah kreativitas untuk membuat sebuah animasi.

Dengan menggunakan aplikasi ini anak dapat membuat animasi dengan fitur-fitur yang mampu menghidupkan gambar dengan membuat adegan alami dan gerakan yang halus. Menggerakkan karakter dan objek hanya dengan beberapa klik. Beberapa hal yang dapat anak buat dengan menggunakan aplikasi ini adalah latar belakang animasi, video animasi, kartu ucapan digital, video musik, dan kebutuhan animasi lainnya. Aplikasi ini lebih baik digunakan untuk rentang usia 8 tahun ke atas.

Animatron

Gambar : Animatron

Animatron adalah salah satu pilihan software yang tepat untuk digunakan oleh anak-anak. Software animasi ini dapat digunakan secara gratis, anak-anak bebas untuk menuangkan ide-ide kreatif mereka menjadi sebuah animasi. Selain dapat digunakan anak-anak untuk membuat animasi dengan mudah, software ini juga dapat digunakan untuk membuat presentasi bagi yang lebih interaktif. 

Software yang digunakan secara online ini mampu untuk menciptakan sebuah konten animasi yang bekerja pada beberapa tingkatan. Anak dapat memilih beberapa template animasi yang tersedia kemudian menyusunnya menjadi sebuah cerita animasi sesuai dengan idenya. Selain menggunakan template yang tersedia, pengguna juga dapat mendownload berbagai macam gambar gif untuk melengkapi animasinya.

Dalam aplikasi ini, terdapat dua mode yaitu expert dan lite. Mode Lite adalah pilhan yang  tepat untuk digunakan anak-anak, karena proses penggunaannya hanya berupa drag and drop saja. Sedangkan mode Expert, memungkinkan kita lebih bebas dalam bereksperimen. Namun untuk anak-anak mode Lite adalah mode yang aman. Software ini cocok digunakan untuk anak berusia 8 tahun ke atas.

DigiCel Flipbook

Gambar : DigiCel FLipBook

FlipBook adalah software animasi yang mudah digunakan dengan kualitas animasi 2D yang tinggi. Anak dapat langsung menggambar di layar dengan menggunakan bantuan pen tablet atau bisa langsung menggambar pada layar sentuh. Pada software ini memungkin anak untuk menambahkan soundtrack ataupun audio dengan mudah.

Software ini pada dasarnya dirancang untuk anak-anak dan remaja, yang memungkinkan mereka untuk dengan mudah menggambar satu frame pada suatu scene atau mengambil beberapa gambar dari template online. Beberapa fitur pada FlipBook yang dapat digunakan pada saat membuat animasi, sebagai berikut:

  • Menggambar langsung melalui tablet
  • Ekspor gambar foto, film dan edit di editor pihak ketiga.
  • Zoom, putar dan bingkai buram
  • Pindai gambar dengan kualitas terbaik
  • Tambah sound dan lakukan lip sync

ToonBoom Harmony

Gamabr : ToonBoom Harmony

Toon Boom merupakan salah satu software animasi 2D yang banyak cukup terkenal dikalangan para animator khususnya di kalangan animator  luar negeri. Toon Boom merupakan software animasi 2D yang bisa dibilang cukup "ramah" bagi anak yang lebih besar, remaja dan pemula karena antarmuka dan tools yang tidak terlalu sulit untuk digunakan

Dikutip dari toonboom.com, software ini seringkali digunakan oleh Universal Studio, Nelvana, Catoon Network, Dream Works, Tezuka Production, Toei Animation, dan masih banyak studio animasi yang menggunakan software ini. Jumlah alat dan opsi yang tersedia di Toon Boom Harmony menjadikannya salah satu software animasi 2D terbaik.

Tidak perlu khawatir dengan software ini, Toonboom Harmony memiliki banyak video tutorial gratis, webinar dan sumber belajar lainnya yang dapat di akses oleh anak untuk belajar lebih dalam mengenai fitur-fitur yang ada pada software ini. Banyak pula terdapat kursus-kursus online tentang Toonboom Harmony yang tersedia secara gratis dan anak dapat belajar dengan kecepatannya sendiri.

Beberapa fitur bagus yang ditawarkan Toon Boom Harmony , meliputi :

  • tersedia tools brush dan pallete warna untuk gambar vector maupun bitmap
  • tersedia fitur animasi frame-by-frame
  • kontrol yang lebih kreatif ketika mengintegrasikan elemen 3D dengan karakter 2D
  • dilengkapi dengan efek khusus, compositor, dan angle kamera 
  • buat asset game 2d dengan mudah 
  • kompatibel dengan berbagai format pipelines.

Muvizu

Gambar : Muvizu

Muvizu adalah salah satusoftware 3D berkualitas tinggi yang dapat membuat beberapa adegan dengan mudah. Software ini merupakan salahsatu rekomendasi software animasi 3D yang baik untuk digunakan anak-anak. Meskipun sotware ini adalah software yang mudah digunakan namun disarankan untuk digunakan oleh anak yang lebih tua.

Muvizu memiliki sistem animasi 3D yang disesuaikan dengan karakter animasi dan karakteristik tertentu. Tidak perlu mengkhawatirkan software ini apakah sesuai digunakan oleh anak-anak, pengembang software ini telah memastikan bahwa ini cocok digunakan untuk siswa, pendidikan, animator, dan profesional. 

Kemudahan animasi dalam software ini seperti tersedianya beberapa template animasi dan gambar dimana anak hanya terlu menyeret danmenjatuhkan objek elemen yang dibutuhkan, anak-anak dapat membuat sebuah animasi 3D yang luar biasa. Software ini merupakan software berbayar sehingga jika menginginkan fitur lengkapnya. Namun jika ingin mencoba terlebih dahulu, terdapat versi trial untuk software ini.

 


Sumber :

  • makeavideohub.com
  • 2danimationsoftwareguide.com
  • windowsreport.com

Baca artikel menarik lainnya :

 

 


Selasa, 4 Februari 2020