BERITA DESAINER GRAFIS Gravit Designer, Berkenalan dengan Software Editing Vektor Gratis

Gravit Designer, Berkenalan dengan Software Editing Vektor Gratis


#vektor #gravit designer #software gratis
Gravit Designer, Berkenalan dengan Software Editing Vektor Gratis

Gravit Designer merupakan salah satu software editing vektor profesional gratis yang bisa dinikmati oleh para seniman vektor untuk membuat karya seninya dengan mudah.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Gravit Designer merupakan salah satu aplikasi atau software untuk membuat gambar atau ilustrasi berbasis vektor. Gravit Designer seperti halnya software editing grafis lainnya seperti Adobe Illustrator, CorelDRAW, Adobe Photoshop maupun Sketch memiliki berbagai fitur menarik yang bisa mempermudah seorang desainer untuk mengolah grafis yang dibuatnya.

Namun ada salah satu kendala yang sering dihadapi oleh para desainer tersebut, yaitu aplikasi atau software yang digunakan berbayar. Terlebih lagi beberapa software tersebut memiliki harga yang cukup terbilang mahal. Memang untuk mendapatkan sesuatu hal tentu kita harus membayar dengan harga yang setimpal, namun jika ada yang gratis atau tidak berbayar dan memiliki fitur yang lengkap mengapa tidak gunakan saja.

Jika kalian mencari software pengolah grafis yang gratis dan memiliki fitur yang menarik maka Gravis Designer adalah yang kalian cari. 

Apa itu gravit designer?

Gambar: designer.io

Gravit Designer adalah sebuah software pengolah grafis berbasis vektor yang dapat dinikmati secara gratis atau tidak berbayar. Berbeda dari beberapa software pengolah grafis lainnya, Gravit Desiner sejatinya merupakan sebuah software yang digunakan secara online, meskipun sebenarnya juga dapat digunakan secara offline, namun kita tetap harus mendownload file berkas kita terlebih dahulu.

Sejatinya Gravit Designer memiliki 2 versi aplikasi yaitu versi tidak berbayar dan versi berbayar atau pro. Untuk versi berbayarnya, Gravit Designer melakukan sistem subscribe per tahun. Bagi kalian yang menginginkan versi pro dari software ini maka kalian harus merogoh kocek sebesar 741.938,00 per tahun, setidaknya sampai tulisan ini dibuat. 

Tentunya versi pro dari Gravit Designer memiliki keunggulan yang lebih dibandingkan dengan versi gratisnya, namun kami rasa untuk versi gratisnya sudah cukup untuk membuat sebuah ilustrasi vektor yang bisa menghasilkan uang. Dari situs resminya mengklaim, Gravit Designer dapat digunakan untuk kebutuhan pribadi maupun komersial dalam versi gratisnya.


Baca artikel lainnya: Krita, Software Khusus Digital Painting Gratis Saingan Photoshop


Fitur unggulan Gravit Designer

  1. Ilustrasi Vektor yang memukau
    Salah satu fitur unggulan dari Gravit Designer adalah kemampuannya dalam produksi gambar vektor, seperti pada Adobe Illustrator. Software ini juga bekerja dengan warna RGB, HSB, dan CMYK. Bahkan dapat mengimpor dan mengedit format file PDF, EPS, SVG, Adobe Illustrator, dan Sketch, tentunya untuk versi gratisnya tidak sepenuhnya memiliki fitur tersebut.
    Selain itu, pada software ini juga memiliki fitur editing yang luar biasa seperti Penyesuaian dan Efek, color transformation, blur, shadows, dan banyak lagi.
    Gambar: designer.io/
  2. Tampilan Web dan Aplikasi dengan banyak template
    Software ini juga sangat ramah terhadap untuk pembuatan UI web maupun Aplikasi. Terdapat beberapa template print yang bisa kalian pilih saat membuka software tersebut. Kalian dapat memilih sendiri template dimensi dengan 19 preset untuk cetak, 8 situs web desain , 15 untuk media sosial dan konten, 6 untuk telepon dan jam tangan, dan 7 untuk tablet.

    Selain itu, jika kalian melakukan sign up pada Gravit Cloud, maka akun kalian akan mendapatkan akses untuk keberbagai premade template baru yang ada pada Gravit Designer. Tentunya hal ini bisa didapatkan dengan upgrade ke versi pro.

  3. Preset media sosial
    Garavit Designer Pro memiliki banyak sekali preset rancangan gambar yang memukau untuk Facebook, Twitter, Pinterest, dan media sosial lainnya. Dengan lebih dari 15 preset dan template untuk media sosial dan konten akan memberi banyak inspirasi untuk konten yang akan kalian buat di media sosial kalian.
  4. Editing gambar dan foto
    Fitur menarik lainnya yaitu kemampuan untuk mengubah gambar menjadi vektor yang sepenuhnya dapat diedit. Hal ini akan mempermudah saat editing gambar menuju ke bentuk vektor. Hal lainnya yang menarik adalah adanya kemempuan untuk Adjusment atau penyesuaian dan Effect, Color Transformation dan masih banyak lagi.
    Gambar: designer.io

Keunggulan Gravit Designer

Gravit Designer memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan software editing gamabr lainnya, hal ini akan menguntungkan para pengguna software ini dalam hal.

  1. Support berbagai OS
    Gravit Designer mengklaim dirinya telah support hampir di semua macam Operating System pada komputer maupun laptop. Beberapa OS yang diklaim support dengan Gravit Designer diantaranya ada Windows, MacOS, Linux, dan ChromeOS. Tidak hanya itu, kita juga bisa menambahkan software ini sebagai plug-in di Browser Chrome yang kita gunakan.
  2. Tampilan yang memukau
    Yang tidak kalah menarik dari software ini adalah kelebihannya pada bagian tampilan atau UI yang di tampilkan. Dengan dominasi waran gelap pada tampilannya dan flat button yang menambah kesan simpel namun elegan. Penggunaan tema gelap pada UI Gravit Designer juga meminimalir sakit pada mata karena terlalu lama menatap layar.
    Gambar: designer.io
  3. Template gratis
    Salah satu yang menjadi unggulan dari software Gravit Designer ini adalah adanya ratusan template yang bisa digunakan baik dalam versi berbayar maupun versi gratisnya. Template yang tersedia mulai dari template untuk desain cetak, media sosial, web desain, jam tangan dan masih banyak lagi.
    Dalam versi berbayarnya atau Pro, kalian bisa menggunakan lebih banyak lagi template gratis yang bisa klaian gunakan dengan melaukan sign up pada Gravit Cloud.
  4. Memiliki ukuran yang kecil
    Keunggulan lainnya adalah software ini memiliki ukuran yang kecil sehingga tidak akan memakan banyak RAM dan dapat digunakan pada jenis device yang memiliki RAM kecil. Software ini juga memiliki ukuran file yang lebih ringan dibandingkan dengan software editing vektor lainnya.
    Kalian juga dapat menggunakan software ini di browser kalian terutamana di browser Chrome kalian tanpa harus melakukan instalasi terlebih dahulu dalam bentuk WebApp. Kalian dapat mengakses Gravit Designer dalam bentuk WebApp di sini.

Gravit Designer merupakan alternatif software editing vektor tanpa berbayar alias gratis yang bisa kalian gunakan untuk membuat gamba berbasis vektor. Software ini juga sangat cocok bagi kalian yang ingin belajar membuat ilustrasi berbasis vektor namun dengan menggunakan software legal dan tidak berbayar, Gravit Designer bisa menjadi salah satu alternatifnya.

Software ini kaya akan fitur-fitur yang berguna namun memang tidak selengkap Adobe Illustrator. Kalian bisa upgrade pada versi Pro dengan subscribe setiap tahunnya, tentunya baiya yang dikeluarkan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan software editing vektor lainnya seperti Adobe Illustrator maupun CorelDraw.


Sumber:

  • www.designer.io

 

Baca artikel menarik lainnya:

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Febriani Sari

Febriani Sari

Selasa, 21 Januari 2020