GAMELAN, KOMUNITAS GAME DI KOTA GUDEG

BERITA KOMUNITAS GAMELAN, KOMUNITAS GAME DI KOTA GUDEG

GAMELAN, KOMUNITAS GAME DI KOTA GUDEG

Hallo, kali ini tim GameLab.id berkesempatan untuk mengulik Komunitas Game Developer Jogja atau yang biasa kita kenal dengan GAMELAN.  

 

GAMELAN BERDIRI

Pasti teman-teman penasaran kapan Gamelan berdiri dan siapa sih pendiri Gamelan?. Meetup pertama GameLan dilaksanakan pada 27 Mei 2011, didirikan oleh paman Frida Dwi, Guntur Sarwohadi, Fachry Bafadal, Sumyandityo Noor, dan Samuel Henry, sejak saat itu akhirnya terbentuklah komunitas game dev untuk anak-anak Yogyakarta yang diberi nama Gamelan.

 

KENAPA GAMELAN?

Kenapa diberi nama Gamelan?  pasti pertama kali mendengar kata GameLan langsung teringat akan alat musik tradisional jawa, begitu juga dengan saya, saya juga penasaran kenapa komunitas ini diberi nama GameLan?. Ternyata GameLan diambil dari bahasa jawa, karena pada waktu itu ngetrend nama event-event komunitas kebanyakan menggunakan kata-kata jawa seperti Bancakan, Wedangan, dan masih banyak lainnya. Dari situlah tercetus GameLan, dan GameLan sendiri terdiri dari kata Game dan Lan (Local Area Network). 

Menurut Om Frida Dwi, ide membuat GameLan tersebut karena merasa butuh tempat khusus untuk komunitas game dev berkumpul supaya diskusi maupun pertukaran informasi bisa lebih baik lagi, karena sebelumnya teman-teman selalu kumpul di event komunitas lain. 

 

03

Sumber foto:  gamelan

 

KEGIATAN DAN HARAPAN GAMELAN

Sejak saat itulah mulai pertemuan rutin untuk teman-teman game dev Yogyakarta. Kegiatan GameLan diantaranya gathering, Game Jam, Expo, Pemateri di universitas, dan lain-lain. Gamelan memiliki harapan menjadi sebuah komunitas yang bisa selalu memberi manfaat bagi orang-orang yang terlibat didalamnya, dan semoga kedepannya manfaat tersebut semakin besar dan bisa dirasakan semakin banyak orang karena teman-teman GameLan cukup mudah untuk diajak bergerak menjadi pengisi acara maupun partisipan disetiap kegiatannya.

 

06

Sumber foto:  gamelan

 

CARA GABUNG DENGAN GAMELAN

Ayo teman-teman yang berdomisili di Yogyakarta dan sekitarnya, bantu wujudkan harapan Gamelan dengan bergabung di Gamelan, caranya untuk bergabung pun mudah, yaitu hadir dan aktif pada kegiatan-kegiatan GameLan. Pertemuan rutin di lakukan pada hari kamis berlokasi di Jogja Digital Valley.  Kalian bisa mengunjungi Fan Page GameLan  dan Facebook Group GameLan

 

05

Sumber foto:  gamelan

 

Terimakasih telah mengijinkan tim GameLab.id mengulik seluk-beluk GameLan. Semoga harapan-harapannya dapat tercapai dan sukses terus, semangat teman-teman GameLan. 

 

Baca artikel lainnya : Yuk, Intip Berbagai Pekerjaan di Studio Game

komunitas gamelan yogyakarta gamelanyogyakarta jogja game
Septi Yuliana

Septi Yuliana

Rabu, 1 Agustus 2018