BERITA KARIR Jobseeker Wajib Tahu! Ini Cara Melamar Kerja yang Baik Biar Auto Lolos

Jobseeker Wajib Tahu! Ini Cara Melamar Kerja yang Baik Biar Auto Lolos

Oleh Ayu Larasati | Selasa, 13 Desember 2022

Jobseeker Wajib Tahu! Ini Cara Melamar Kerja yang Baik Biar Auto Lolos

Jobseeker merapat! Begini nih cara melamar kerja yang baik dan benar, biar auto lolos dan dapat kerjaan!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Momen mencari pekerjaan bisa menjadi masa-masa yang sangat mendebarkan. Apalagi, buat para freshgraduates yang sedang harap-harap cemas dapat pekerjaan setelah lulus. Buat kamu yang belum tahu cara melamar kerja yang baik, di artikel ini GAMELAB.ID akan membahasnya secara detail.

Yuk kita simak baik-baik!

Cara Melamar Kerja yang Baik Agar Auto Lolos

Masih bingung bagaimana cara melamar kerja agar bisa menarik hati HRD? Begini nih caranya!

1. Lengkapi Dokumen yang Dibutuhkan

Salah satu faktor utama kamu diterima kerja adalah kelengkapan dokumen yang disyaratkan oleh perusahaan. Apabila dokumen yang diperlukan tidak dilengkapi, maka kemungkinan besar kamu akan gagal di tahap seleksi berkas.

Tahap seleksi berkas ini umumnya menjadi tahap paling awal di dalam proses rekrutmen. Biar lolos tahap ini, pastikan kamu melengkapi dokumen yang diperlukan.

Biasanya, setiap perusahaan mempunyai persyaratan dokumen yang berbeda-beda. Namun, umumnya dokumen umum yang diperlukan untuk rekrutmen kerja adalah resume, CV, ijazah, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, beberapa perusahaan juga biasanya mensyaratkan jobseeker untuk melampirkan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian).

2. Buat Resume Sebagus Mungkin

Resume adalah “pintu gerbang” untuk memperoleh pekerjaan yang nantinya akan ditinjau oleh HRD sebelum CV. Di dalam resume, jangan lupa untuk memasukkan informasi yang padat, singkat, dan jelas. Tidak hanya itu, cantumkan juga posisi yang kamu lamar beserta kontak yang dapat dihubungi.

3. Membuat CV yang Lengkap

CV adalah dokumen yang vital dalam proses rekrutmen kerja.  Umumnya, dokumen ini berisi highlight dari latar belakang pendidikan, skill yang dimiliki, dan pengalaman kerja yang kamu miliki.

Buatlah CV yang semenarik mungkin agar kesempatanmu untuk lolos dalam rekrutmen kerja. Kamu tidak perlu menyiapkan CV yang terlalu panjang, asalkan tetap memenuhi kualifikasi yang disyaratkan. Agar CV-mu makin keren, deskripsikan secara detail setiap pengalaman dan pencapaian yang sudah kamu raih.

4. Membangun Portofolio

Portofolio tidak hanya berlaku untuk melamar kerja di bidang industri kreatif saja lho. Portofolio dari pekerjaan apapun dapat membuatmu menjadi kandidat yang lebih menonjol dibandingkan kandidat-kandidat lain.

Kamu dapat mencantumkan sertifikat pelatihan, dokumentasi pengalaman, atau hasil karyamu dalam sebuah portofolio. Selain itu, kamu juga bisa mencantumkan pencapaian dari tanggung jawab pekerjaan yang sudah kamu kerjakan sebelumnya.

Jika kamu sudah pernah mengikuti magang di GAMELAB.ID, kamu bisa menggunakan hasil kerja saat magang sebagai portofolio.

5. Selalu Tinjau Website Pencari Kerja

Hal yang tak boleh kamu lewatkan dalam cara melamar kerja adalah selalu aktif mencari lowongan kerja di berbagai platform. Apalagi, sekarang banyak situs yang menyediakan lowongan pekerjaan seperti LinkedIn Jobs, Indeed, hingga job portal GAMELAB.ID untuk mencari lowongan yang sesuai.

6. Rajin Mengikuti Pelatihan

Agar mendapatkan pekerjaan, tentu kamu perlu memiliki skill yang dibutuhkan oleh perusahaan. Untuk itulah, tidak ada salahnya untuk rajin mengikuti pelatihan sesuai dengan bidang yang ingin kamu tekuni.

Mengikuti pelatihan tidak hanya membuat kemampuanmu berkembang, tetapi kamu juga bisa mendapatkan sertifikat yang dapat kamu cantumkan di CV. Hal ini akan menjadi nilai plus tersendiri untukmu.

7. Perluas Networking

Di dunia kerja, memiliki networking yang luas sangatlah penting. Kamu bisa membangun personal branding yang baik dan membangun komunikasi dengan “orang dalam” di berbagai perusahaan.

Caranya? Kamu bisa menggunakan salah satu platform yang powerful untuk membangun koneksi, yakni LinkedIn. Kamu bisa bertemu dengan banyak sekali profesional di bidang yang menjadi ketertarikanmu. Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan ilmu dan wawasan dari mereka secara cuma-cuma melalui postingan-postingan mereka atau bahkan kamu bisa bertanya ke orang-orang tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa memperluas jejaring dengan berkomunikasi dengan trainer dalam kursus atau pelatihan yang kamu ikuti. Tidak hanya mengoptimasi skill, kamu juga bisa membangun koneksi dengan mengikuti beragam pelatihan di bidang yang kamu minati.

Baca Juga : Manfaat dan Tips Efektif Membagi Waktu Untuk Bekerja Dengan Kuliah

Penutup

Itu dia cara melamar kerja yang bisa kamu ikuti agar bisa lolos seleksi dan mendapatkan pekerjaan impian. Biar makin keren dan percaya diri, pastikan kamu sudah optimasi skill yang dibutuhkan oleh perusahaan dan industri dengan mengikuti berbagai pelatihan, seperti di Akademi GAMELAB.ID!

Klik di sini untuk mengikuti pelatihan di Akademi GAMELAB.ID ya!


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Selasa, 13 Desember 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI