BERITA BISNIS & ADMINISTRASI Apa Itu Email Marketing? Ini Penjelasan Lengkapnya

Apa Itu Email Marketing? Ini Penjelasan Lengkapnya

Oleh Ayu Larasati | Selasa, 13 Desember 2022

Apa Itu Email Marketing? Ini Penjelasan Lengkapnya

Pernah mendengar istilah email marketing atau malah pernah menerimanya? Apa sebenarnya itu email marketing?

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Dari sekian banyak strategi pemasaran, e-mail marketing masih menjadi salah satu strategi yang dilakukan oleh banyak perusahaan. Lalu, apa itu e-mail marketing?

Di artikel ini, GAMELAB.ID akan membahas mengenai e-mail marketing secara lengkap. Simak baik-baik ya!

Pengertian Email Marketing

Apakah kamu pernah menerima email promosi dari sebuah bisnis? Nah, itulah salah satu contoh email marketing.

Email marketing pertama kali diciptakan pada 1978 silam. Sesuai dengan namanya, email marketing adalah strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan atau bisnis untuk mempromosikan produk dan memberikan informasi menggunakan media email.

Jika kita bisa memanfaatkannya dengan benar, email marketing bisa membantu kita untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Selain itu, kita juga bisa menyediakan informasi mengenai produk kepada mereka.

Keuntungan Menggunakan Email Marketing

Berumur lebih dari 40 tahun, strategi marketing menggunakan email marketing tidak pernah using. Banyak manfaat dan keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan menerapkan strategi ini. Apa sajakah itu?

1. Meningkatkan Brand Awareness

Setiap kamu mengirimkan email marketing ke customer, awareness atau kesadaran mereka terhadap produk, brand, atau layanan dari bisnismu semakin meningkat. Hal ini secara tidak langsung akan membantumu untuk menjaga nama brand atau perusahaan agar tetap diingat.

Dengan begitu, brand dari perusahaanmu akan menjadi pilihan pertama bagi customer saat membutuhkan layanan atau produk yang kamu tawarkan.

2. Mudah untuk Digunakan

Kelebihan dari email marketing adalah mudah untuk digunakan jika dibandingkan strategi lainnya. Dalam email marketing, hal yang kamu butuhkan adalah isi pesan yang mampu menarik perhatian, kreatif, dan unik. Sehingga bisa membuat pelanggan tertarik untuk mengunjungi website perusahaan atau bahkan melakukan pembelian.

3. Meningkatkan Loyalitas dan Kepercayaan Pelanggan

Tidak hanya dapat meningkatkan brand awareness, email marketing juga bisa meningkatkan loyalitas dan kepercayaan pelanggan. Agar hal ini tercapai, ada baiknya kamu tidak terus menerus mengirimkan pesan berupa penawaran produk, layanan, dan lain sebagainya.

Lantas, harus bagaimana?

Nah, kamu bisa menjadwalkan pengiriman konten lain seperti informasi atau buletin yang ditulis secara menarik. Kirimkan konten yang mungkin akan disukai oleh customer atau calon customer. Email tipe ini bisa membantu mereka untuk lebih mengenal dan mempercayai brand-mu.

4. Dapat Menyesuaikan Segmentasi Pasar

Sebelum mengirim email dengan isi pesan komersial, kamu bisa menyesuaikan segmentasi pasar terlebih dahulu. Kamu dapat mengklasifikasikan pelanggan berdasarkan demografi, minat, dan perilaku. Apabila kamu sudah memiliki data segmentasi tersebut, kamu hanya perlu memilih segmentasi yang tepat untuk menjadi tujuanmu mengirim email.

Pemilihan segmentasi ini akan memudahkanmu untuk memilih jenis konten yang tepat untuk dikirimkan. Tidak hanya itu, hal ini juga bisa meningkatkan efektivitas penggunaan email marketing.

5. Mudah Diukur

Kelebihan lain dari email marketing adalah kemudahan untuk mengukurnya. Kamu bisa mendapatkan laporan yang tersedia untuk setiap email yang sudah dikirimkan kepada pelanggan.

Laporan tersebut berupa angka rasio buka email, rasio email tidak terkirim, rasio klik dan penayangan, serta rasio konversi. Dari berbagai data tersebut, kita bisa mengetahui tingkat keberhasilan strategi marketing tersebut.

Selain itu, data itu juga bisa kamu jadikan acuan untuk evaluasi pengiriman email marketing. Dengan begitu, ke depannya kamu bisa melakukan perbaikan agar hasilnya lebih baik.

Strategi Email Marketing

Agar bisa memaksimalkan keuntungan dari email marketing yang kamu kirimkan, berikut beberapa strategi yang dapat kamu terapkan:

1. Kenali kebiasaan calon pelanggan agar kamu dapat memilih konten yang cocok untuk mereka.

2. Lakukan pencarian data bisnis yang satu jenis dengan bisnismu. Cari tahu berapa banyak pendapat yang mereka hasilkan melalui email marketing. Kemudian, tetapkan target untuk bisnismu sendiri.

3. Apabila kamu sudah mempunyai data pelanggan atau calon pelanggan, bagi ke beberapa kelompok sesuai dengan segmentasi. Bagi sesuai usia, lokasi, dan minat.

4. Tentukan tipe campaign yang ingin kamu bagikan. Jadwalkan pengiriman email dengan hati-hati.

5. Setelah mengirimkan email tersebut, kamu dapat melakukan evaluasi serta mengukur hasilnya.

Baca Juga : Strategi Marketing: Promosi Melalui Email

Penutup

Itu dia penjelasan mengenai email marketing yang perlu kamu tahu. Dapat kita simpulkan bahwa email marketing sangat penting untuk meningkatkan brand awareness bisnismu. Ingin belajar lebih banyak terkait branding dan marketing? Yuk ikuti kelas Belajar Branding dan Marketing untuk Pemula di Akademi GAMELAB.ID!

Di kelas ini, kamu bisa belajar secara lebih mendalam terkait branding dan marketing yang tentu akan sangat bermanfaat untuk mengembangkan bisnismu sendiri atau jika kamu ingin bekerja di bidang marketing.

Klik di sini ya untuk bergabung dengan kelasnya!


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Selasa, 13 Desember 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI