BERITA KARIR Bagaimana Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Kerja? Ini Jawabannya

Bagaimana Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Kerja? Ini Jawabannya

Oleh Ayu Larasati | Jumat, 23 Desember 2022

Bagaimana Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Kerja? Ini Jawabannya

Apakah kamu sedang mencari kerja? Pastinya, wawancara menjadi salah satu tahap yang wajib  lewati. Tapi, gimana ya caranya memperkenalkan diri saat interview kerja?

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Dalam rekrutmen kerja,  akan melewati banyak seleksi. Biasanya, dimulai dari seleksi administrasi seperti resume, CV, dan portofolio. Setelah lolos seleksi administrasi, akan dilanjut dengan sesi wawancara dengan HR dan user.

Saat wawancara, tidak jarang orang yang merasa grogi, apalagi saat sesi perkenalan diri. Biar  tidak mengalami hal yang sama, berikut beberapa tips memperkenalkan diri saat interview biar auto diterima.

Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Kerja

Memperkenalkan diri saat interview kerja merupakan hal yang sangat penting agar interviewer bisa memahami siapa kita dan bagaimana kita sesuai dengan kriteria yang dicari perusahaan. Berikut ini adalah cara yang dapat kita lakukan untuk memperkenalkan diri saat interview kerja:

1. Berlatih terlebih dahulu

Sebelum melakukan interview kerja, pastikan  sudah melakukan latihan terlebih dahulu. Hal ini penting agar  dapat menyampaikan perkenalan diri dengan baik dan lancar.

2. Membangun aura positif

Dalam melaksanakan interview kerja, penting untukmu selalu memiliki aura yang positif. Hal ini bisa dilakukan dengan tersenyum, menyapa, memperlihatkan bahasa tubuh yang baik, dan mengucapkan terima kasih.

3. Perhatikan cara berpakaian

Salah satu hal yang menjadi perhatian rekruiter adalah gaya berpakaian dari kandidat. Jadi, jangan sampai mengabaikan cara kamu berpakaian ya. Gunakan pakaian yang rapi dan sesuaikan gaya pakaian tersebut dengan tipe perusahaan tempat kamu melaksanakan wawancara kerja.

4. Mengucapkan salam

Saat memulai perkenalan diri, sebaiknya kamu mengucapkan salam terlebih dahulu, seperti "Halo, selamat pagi/siang/sore Bapak/Ibu”. Hal ini merupakan cara yang sopan untuk memulai perkenalan diri.

Nah, kamu bisa menggunakan cara di atas untuk interview secara online. Sedangkan jika kamu melaksanakan interview secara offline, kamu bisa memberikan salam tersebut sambil menjabat tangan dan tersenyum kepada pihak rekruiter.

5. Menyebutkan nama lengkap

Setelah mengucapkan salam, selanjutnya kamu bisa menyebutkan nama lengkapmu, domisili, serta menyebutkan posisi yang kita lamar. Misalnya, "Nama saya Ayu Larasati dan saya melamar di posisi Junior Business Development.”

6. Menjelaskan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja

Alur yang tepat dalam perkenalan diri saat wawancara bisa menjadi kunci utama dalam tahap ini. Saat rekruiter memintamu untuk menceritakan perihal diri, tentu bukan kesukaan atau hobi yang perlu kamu jelaskan.

Yang perlu kamu jelaskan adalah latar belakang pendidikan, pengalaman magang, apakah kamu memiliki sertifikat khusus, dan lain sebagainya. Pastikan perkenalanmu memiliki alur yang rapi dan baik. Jelaskan secara singkat, tetapi jelas, mengapa kamu cocok dengan posisi yang dilamar.

Contohnya, "Saya adalah lulusan S1 Teknik Informatika Universitas Merah Putih. Saya berpengalaman magang di GAMELAB.ID dan membuat web frontend untuk UMKM Padang Bulan sebagai project akhirnya. Selain itu, selama kuliah, saya aktif bekerja secara freelance dalam pembuatan website, khususnya di bagian Front End Development. Itulah mengapa saya cocok untuk mengisi posisi Front End Developer di perusahaan ini."

8. Tunjukkan bahasa tubuh yang profesional dan baik

Bahasa tubuh merupakan bahasa nonverbal yang tidak boleh dilupakan. Kamu perlu menunjukkan bahasa tubuh yang profesional dengan memperlihatkan gestur yang tegap, memberikan senyuman yang ramah, dan menggunakan nada suara yang normal (tidak terlalu rendah atau tinggi).

9. Berbicara dengan artikulasi yang jelas

Tidak hanya bahasa tubuh, kamu juga perlu memerhatikan kejelasan cara berbicaramu. Saat grogi, biasanya banyak orang yang merasa kesulitan untuk mengeluarkan kata-kata secara jelas. Alhasil, justru menjadi belepotan.

Itulah pentingnya untuk tetap tenang saat interview. Kamu perlu berbicara secara jelas dengan ritme yang wajar. Sehingga, apa yang kamu bicarakan akan terdengar meyakinkan.

10. Menutup dengan kalimat yang positif

Saat menutup perkenalan diri, sebaiknya kamu menutup dengan kalimat yang positif, seperti,  "Oleh karena itu, bekerja sebagai Front End Developer di perusahaan ini akan menjadi kesempatan besar bagi saya untuk mendapatkan keterampilan dan membangun karier yang lebih baik ke depannya". Ini akan memberikan kesan positif pada interviewer dan membuat peluangmu untuk diterima lebih besar.

Baca Juga : Ketahui Jenis Interview Kerja, Beserta Tips agar Lolos Perusahaan Ternama!

Penutup

Itu dia penjelasan lengkap mengenai cara memperkenalkan diri secara efektif saat interview kerja. Biar makin lancar dalam mendapatkan pekerjaan, yuk optimasi skill dulu di GAMELAB.ID.

Kamu bisa optimasi skill IT, Data, Programming, Desain, Kreatif, Manajemen Bisnis, hingga Softskills di Akademi GAMELAB.ID.  bisa belajar fleksibel, dengan materi lengkap dari profesional dan mendapatkan sertifikat penyelesaian.

Klik di sini ya untuk optimasi skill di GAMELAB.ID!


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Jumat, 23 Desember 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI