BERITA KARIR 4 Tips Mencari Lowongan Kerja Online - Recommended untuk Anak SMK!

4 Tips Mencari Lowongan Kerja Online - Recommended untuk Anak SMK!

Oleh Syamsul Arifin | Jumat, 30 Desember 2022

4 Tips Mencari Lowongan Kerja Online - Recommended untuk Anak SMK!

Tips berikut ini dapat mempermudah kamu untuk mencari pekerjaan secara online. Kamu hanya perlu mencari jenis pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Dulu, ketika mencari kerja, seorang jobseeker akan berjalan memasuki satu perusahaan ke perusahaan lain. Tapi sekarang, kamu cukup duduk manis dan mencarinya secara online. Apalagi sudah ada 4 tips mencari lowongan kerja atau karir yang recommended untuk kamu.

4 Tips untuk Mencari Lowongan Kerja Online

Sebenarnya ada banyak sekali tips untuk mencari kerja secara online yang tersedia. Akan tetapi kamu bisa memulainya dengan 4 tips yang akan dibahas. Sebab dengan tips tersebut kamu dapat menemukan pekerjaan impian termasuk untuk magang atau internship.

1. Mencari Kerja Lewat Mesin Pencari

Saat ini, salah satu mesin pencari yang paling banyak penggunanya adalah Google Search. Kamu bisa mencari lowongan kerja apa saja lewat Google Search.

Cukup ketikkan di kolom pencarian jenis pekerjaan yang kamu inginkan. Tambahkan keyword ‘loker’ atau 'lowongan pekerjaan'.

4 Tips Mencari Kerja Online - GAMELAB.ID

Misalnya ingin mencari lowongan kerja untuk web developer, maka keywordnya adalah “lowongan kerja web developer”. Jika ingin lebih spesifik, kamu dapat tambahkan nama kota di akhirnya. Contoh; “loker web developer Jakarta”.

2. Mencari Kerja Lewat Platform Loker

Pilihan kedua adalah dengan mencari lowongan pekerjaan lewat platform penyedia lowongan kerja. Ada banyak website atau platform yang memang secara khusus menampilkan daftar lowongan kerja. 

Bahkan beberapa penyedia lapangan kerja akan membayar pada website tersebut untuk mengiklankan lowongan pekerjaan yang mereka sediakan. Nah, kamu bisa mendapatkan jenis pekerjaan atau karir impian dari platform tersebut. 

3. Mencari Kerja Lewat Instagram

Hampir sama dengan poin sebelumnya, hanya saja di sini bentuknya bukan website melainkan akun Instagram. Akun ini memang fokus memposting iklan lowongan pekerjaan. Bahkan akun-akun tersebut ada yang hanya menyediakan lowongan pekerjaan di kota tertentu.

4 Tips Mencari Kerja Online (3)

Sehingga kamu juga bisa mendapatkan lowongan kerja yang dekat dengan rumah atau di kota kamu berasal. Seru juga kan? Penyedia lapangan pekerjaan di akun Instagram seperti ini biasanya dari UMKM setempat hingga perusahaan.

4. Mencari Kerja Lewat GAMELAB.ID

Iya, GAMELAB.ID bukan hanya sebagai tempat magang online, tetapi juga sebagai website untuk kamu yang ingin mencari pekerjaan impian. Caranya kamu cukup mendaftarkan akun GAMELAB.ID kemudian pilih menu Program dan klik Karir.

Di menu Karir terdapat jenis pekerjaan yang tersedia dari berbagai perusahaan. Setidaknya terdapat lebih dari 120 perusahaan yang ada di website GAMELAB.ID. Tapi, tentu saja sebaiknya kamu persiapkan dulu skills-mu agar lebih mudah mendapatkan pekerjaan impian.

4 website untuk mencari kerja - GAMELAB.ID

Baca Juga : Memperkaya Pengetahuan Industri, SMK AL Mubarok Seminar Industri bersama Gamelab Indonesia

Penutup

Jika kamu sudah siap membuat profil di 4 website untuk mencari kerja di atas, sebaiknya kamu persiapkan  skills atau keterampilanmu terlebih dahulu. Kamu bisa memulainya dengan mengikuti Kelas Magang GAMELAB.ID.

Temukan kelas yang sesuai dengan passion kamu. Selanjutnya, jika kamu sudah merasa siap untuk bekerja, klik menu Karir. Pilihlah jenis pekerjaan yang cocok berdasarkan keterampilan yang kamu miliki. Setelah itu, kamu tinggal menunggu untuk panggilan interview. Mudah kan?


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Jumat, 30 Desember 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI