BERITA KARIR Merasa Insecure? Ini 7 Cara Jitu Meningkatkan Kepercayaan Diri di Tempat Kerja

Merasa Insecure? Ini 7 Cara Jitu Meningkatkan Kepercayaan Diri di Tempat Kerja

Oleh Ayu Larasati | Jumat, 30 Desember 2022

Merasa Insecure? Ini 7 Cara Jitu Meningkatkan Kepercayaan Diri di Tempat Kerja

Merasa kurang percaya diri di tempat kerja? Yuk temukan solusinya di artikel ini!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Untukmu yang baru masuk ke dunia kerja tentu merasa canggung. Bahkan tidak jarang, ada yang merasa kurang percaya diri. Padahal, rasa percaya diri bisa meningkatkan performa kerja lho. Lalu, bagaimana ya cara meningkatkan kepercayaan diri di tempat kerja?

Cara Jitu Meningkatkan Rasa Percaya Diri di Tempat Kerja

Kali ini, GAMELAB.ID akan membagikan tips meningkatkan kepercayaan diri di tempat kerja. Simak baik-baik ya!

1. Menghilangkan Semua Pikiran Negatif

Meningkatkan kepercayaan diri di tempat kerja harus dimulai dengan diri sendiri. Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah menghilangkan semua pikiran negatif di dalam dirimu. Dengan berpikir positif, perasaanmu akan menjadi lebih nyaman

Kamu juga bisa memberi semangat dan meyakinkan dirimu sendiri. Misalnya, saat kamu akan melakukan presentasi, kamu bisa meyakinkan dirimu dengan berpikir “Semuanya akan baik-baik saja.” atau “Aku pasti bisa”.

Selain itu, hindari juga terlalu banyak mengeluh agar perasaanmu menjadi tidak kacau dan negatif.

2. Ketahui Kelebihan dan Kekuranganmu

Rasa percaya diri juga bisa kamu tingkatkan dengan mencari tahu apa yang menjadi kelebihan dan kekuranganmu. Kadang-kadang yang membuatmu kurang percaya diri adalah karena kamu tidak menyadari apa saja yang menjadi kelebihanmu dan malah lebih fokus ke kekurangan yang dimiliki.

Maka, kamu perlu menelaah kedua hal tersebut. Maksimalkan kelebihanmu agar kamu semakin percaya diri.

3. Jangan Terlalu Fokus pada yang Orang Lain Pikirkan

Hal yang membuatmu kurang percaya diri seringkali karena kamu terlalu mengkhawatirkan pandangan orang lain terhadap dirimu. Padahal, daripada sibuk memikirkan itu, akan lebih baik jika kamu lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan atau belajar skill baru.

Walau begitu, bukan berarti kamu harus benar-benar cuek dan tidak memedulikan orang lain. Kamu tetap harus memedulikan lingkungan sekitar, terutama bagaimana tindakanmu terhadap mereka.

Yang tidak perlu kamu khawatirkan adalah bagaimana mereka memikirkanmu. Mustahil untuk menyenangkan semua orang. Lakukan yang terbaik, dan percaya dirilah. Pandangan orang lain terhadapmu adalah sesuatu yang berada di luar kontrolmu, begitu menurut buku Filosofi Teras.

4. Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan

Pengetahuan dan keterampilan adalah dua aspek penting yang harus dimiliki oleh setiap orang di tempat kerja. Pastikan kamu selalu update dengan perkembangan terbaru dalam bidangmu bekerja dan terus belajar hal-hal baru. Dengan demikian, kamu akan terus meningkatkan kemampuan dan percaya diri di tempat kerja.

Dengan memiliki kemampuan yang memadai, kamu bisa meminimalisir kesalahan dan membuatmu mendapatkan banyak peluang.

5. Terlibat pada Aktivitas di Tempat Kerja

Kamu dapat mencoba untuk berbaur dengan rekan kerja. Jangan merasa seperti kamu tidak dibutuhkan atau merasa sendirian. Tidak ada salahnya kamu sesekali bergabung dengan obrolan rekan kerja di saat makan siang. Pastikan kamu tetap sopan saat berbincang dengan rekan kerja atau atasan ya.

6. Mendapatkan Dukungan dari Orang Lain

Salah satu cara meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan mendapatkan dukungan dari orang lain. Kamu bisa mendapatkan hal tersebut dari atasan yang kamu hormati di tempat kerja, atau dari rekan kerja.

Tidak jarang, kita terlalu fokus pada kelemahan diri sendiri dan orang lainlah yang bisa melihat bakat atau kelebihan kita. Dengan dukungan dari orang lain, kepercayaan dirimu bisa meningkat.

7. Selalu Update Informasi

Cara meningkatkan rasa percaya diri di tempat kerja adalah selalu memperbarui informasi mengenai pekerjaanmu. Sebisa mungkin jangan sampai melewatkan informasi-informasi penting yang berkaitan dengan hal tersebut.

Kalau kamu kebetulan kurang mengerti mengenai sebuah hal, jangan ragu untuk menanyakannya pada rekanmu. Dengan memiliki informasi yang cukup, kamu juga akan merasa lebih percaya diri dalam melakukan pekerjaan.

Baca Juga : Manfaat dan Tips Efektif Membagi Waktu Untuk Bekerja Dengan Kuliah

Penutup

Itu dia penjelasan GAMELAB.ID mengenai cara meningkatkan kepercayaan diri di tempat kerja. Biar makin pede, yuk optimasi skill di GAMELAB.ID.

Kamu bisa meningkatkan skill secara optimal di Akademi GAMELAB.ID. Ada banyak pilihan bidang kompetensi yang bisa kamu pilih. Mulai dari IT, Programming, Data, Desain dan Kreatif, Bisnis dan Manajemen, hingga softskills.

Klik di sini ya untuk memilih kelas favoritmu!


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Jumat, 30 Desember 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI