Kenalan Yuk! dengan Komunitas KODEKA

BERITA KOMUNITAS Kenalan Yuk! dengan Komunitas KODEKA

Kenalan Yuk! dengan Komunitas KODEKA

Senang sekali deh rasanya, tim GameLab.id boleh mengulas perjalanan berdirinya KODEKA. Dan pastinya kami ingin berbagi dengan teman-teman semua supaya pada tau juga nih perjalanan teman-teman Kodeka. Simak ya...

 

Pendiri KODEKA

Kodeka berdiri tanggal 12 Juni 2016, didirikan oleh Member Tahoe Games yaitu Kriswin Yuniar, Robertus Rahardian Haris, Hermawan Andika, Budhi Luhur, Utong Akbar, Rizal Catur dan beberapa mahasiswa dari kampus Cahaya Surya Kediri (Lukman Alfian dan Hendra Setiawan).

Menurut Kriswin Yuniar awal mula tercetus ide mendirikan Kodeka datang dari gerakan-gerakan pegiat gamedev dari kota lain yang telah lama berdiri seperti GameLan, GADAS, dan lainnya. Dari situlah Kriswin Yuniar dan teman-teman ingin mewadahi dan memberi tempat bagi pegiat game development yang tersebar di Kota Kediri dan sekitarnya agar bisa saling bertukar ilmu dan saling mengapresiasi hasil karya game mereka.

 

Mengapa memilih Nama KODEKA?

KODEKA menggunakan akronim KODE karena industri game development dan industri kreatif lain yang berbasis IT masih lekat sekali dengan bahasa kode pemrograman.

 

workshop1B

Sumber Foto:  Kodeka

 

Anggota KODEKA 

Anggota Kodeka berasal dari kota Kediri, kabupaten Kediri, ada juga yang dari Nganjuk, Kertosono, Pare, Jombang, Mojokerto. Saat diadakan gathering komunitas untuk pertama kali sekaligus deklarasi pendirian komunitas, dihadiri oleh hampir 20 orang. Dan, untuk anggota aktif saat ini ada kurang lebih 13 orang. 

Untuk teman-teman yang berdomisili di sekitar Kediri bisa gabung dengan Kodeka, tidak ada syarat khusus lho. Silahkan saja datang atau berpartisipasi di kegiatan yang diadakan oleh Kodeka. Untuk mengetahui info tentang kegiatan yang diadakan, teman-teman bisa gabung di Grup Facebook KODEKA (Komunitas Developer Kadiri).

 

ggj18B

Sumber Foto:  Kodeka

 

Kegiatan KODEKA

Apa saja sih kegiatan Kodeka? kegiatan Kodeka yaitu Gathering, Global Game Jam Kediri, dan juga Workshop. Pertemuan anggota Kodeka diadakan sebulan sekali di kafe-kafe atau tempat nongkrong yang ada di Kediri. Jadi jika teman-teman saat nongkrong di kafe bertepatan dengan kegiatan yang diadakan Kodeka, join saja yaaaa.... teman-teman Kodeka ramah-ramah kok, atau bisa juga ikut workshop yang diadakan oleh Kodeka.

 

workshop3

Sumber Foto:  Workshop Kodeka


Harapan KODEKA

Harapan teman-teman yang bergabung dalam Kodeka, adalah Kodeka mampu menjadi tempat berkumpul yang nyaman, ramah, dan bisa membagikan ilmu seputar pengembangan game dan industrinya.

 

Semangat teman-teman Kodeka, Semoga harapan yang baik tersebut dapat tercapai. Dan tim GameLab.id mengucapkan banyak terimakasih karena telah diijinkan untuk membagi kisah perjalanan berdirinya Kodeka.

 

Baca artikel lainnya : Gamelan, Komunitas Game di Kota Gudeg.

kodeka kediri gamedevkediri komunitas komunitaskediri
Septi Yuliana

Septi Yuliana

Kamis, 9 Agustus 2018