BERITA BISNIS & ADMINISTRASI Cara Belajar Bisnis Online dari Nol untuk Pemula

Cara Belajar Bisnis Online dari Nol untuk Pemula

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 10 Januari 2023

Cara Belajar Bisnis Online dari Nol untuk Pemula

Cara belajar bisnis online dari nol untuk pemula ternyata cukup mudah. Bahkan untuk kamu yang masih menjadi anak SMK atau baru lulus kuliah, kamu dapat mencoba mempraktikkan cara belajar berikut ini.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Apakah kamu ingin memiliki sebuah bisnis yang menguntungkan? Tapi kamu bingung mau mulai atau belajar bisnis online dari mana jika masih pemula? Tenang, di sini kamu akan tahu bagaimana cara belajar bisnis online dari nol untuk pemula.

Cara Belajar Bisnis Online untuk Pemula

Tidak masalah apakah kamu siswa SMK, SMA atau lulus kuliah, kamu pun dapat sukses menjalani bisnis. Kuncinya adalah tahu bagaimana cara belajar bisnis online dari nol. Beruntungnya kamu ada di sini, karena ada beberapa cara belajar bisnis online yang dapat kamu praktekkan.

1. Temukan Masalah yang Dihadapi Pasar

Orang-orang sukses selalu berkata agar bisnis yang mau dijalani nantinya dapat memecahkan masalah banyak orang. Oleh sebab itu, cara belajar bisnis online yang harus kamu perhatikan pertama kali adalah mencari dan menemukan masalah yang dihadapi oleh banyak orang.

Misalnya, kamu tahu bahwa terdapat banyak anak yang kesulitan untuk mendapatkan guru les berkompeten atau lokasinya sangat jauh. Jika ingin mengikuti les, mereka harus ke kota terlebih dahulu. Ini adalah contoh masalah yang dapat menjadi alasan kamu untuk menemukan solusi yang mempermudah anak-anak untuk mengikuti les.

Cara Belajar Bisnis Online untuk Pemula - GAMELAB.ID

2. Melakukan Riset Pasar

Cara belajar bisnis online yang perlu kamu ketahui berikutnya adalah melakukan riset pasar. Riset pasar berarti mengamati apa yang dibutuhkan oleh target pasar (pelanggan) ketika mendapati masalah.

Jika masalahnya seperti di atas, kamu lihat apa yang dicari orang tua atau anak-anak untuk tetap bisa mengikuti les walaupun jaraknya jauh. Misalnya, mereka mencari kendaraan atau ada yang mencari alternatif lain dengan les sepekan sekali karena jaraknya jauh.

3. Analisis Kompetitor

Cara belajar bisnis online untuk pemula selanjutnya adalah dengan melakukan analisis kompetitor. Sehingga kamu tahu apa yang sudah dan sedang dilakukan oleh kompetitor ketika melihat kondisi masyarakat di sekitar yang memiliki masalah dengan jarak tempat les yang jauh.

Apakah kompetitor tidak menghadirkan les privat yakni guru datang ke rumah? Materi dan tentor seperti apa yang dimiliki oleh kompetitor sehingga banyak anak yang belajar di tempat tersebut.

Kamu harus mengetahui dengan pasti siapa kompetitor termasuk produk dan layanan mereka. Ini termasuk kelemahan mereka sehingga kamu dapat memiliki data kompetitor sebagai dasar untuk membuat produk atau layanan yang lebih unggul dan lebih dibutuhkan oleh pasar.

Cara Belajar Bisnis Online untuk Pemula - GAMELAB.ID

4. Tentukan Produk yang Ingin Dijual

Setelah mengetahui itu semua, cara belajar bisnis online yang dapat kamu lakukan berikutnya adalah dengan menentukan produk apa yang ingin kamu jual. Produk ini bisa berbentuk apa saja baik itu berupa barang atau jasa.

Jika masalahnya adalah kebutuhan les seperti di atas, maka produk yang kamu jual bisa layanan kelas les online atau layanan les privat online. Bahkan kamu juga bisa mendirikan lembaga les yang lebih dekat dengan target market atau pasar jika ingin offline.

Jika berbentuk kelas atau les private online, maka kamu harus menyiapkan materi berupa video yang dapat dipahami oleh pasar, yakni peserta les. Tentu saja, materinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan peserta les, sesuai dengan jenjang kelasnya.

5. Tentukan Strategi Pemasarannya

Di tahap ini, kamu sudah tahu beberapa hal tentang cara belajar bisnis online untuk pemula hingga menemukan produk yang dibutuhkan pasar. Selanjutnya adalah menentukan strategi pemasarannya. 

Karena di sini kamu ingin bisnis online, maka strategi pemasarannya juga harus online. Misalnya dengan membuat toko online dengan website atau toko online di TikTok, Instagram atau lainnya.

Kemudian, kamu bisa mengiklankannya secara online baik itu iklan gratis atau berbayar yang ditujukan pada target market. Sebagai contoh, iklan tersebut kamu targetkan pada orang tua yang memiliki kendala mengikutkan anaknya untuk les karena jarak tempat lesnya jauh.

Cara Belajar Bisnis Online untuk Pemula - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mau Bisnis Laku? Analisis SWOT Dulu, Baru Deh Buka Gerai!

Penutup

Jika kamu siswa SMK, kamu dapat mengikuti program Kelas Industri dari GAMELAB.ID untuk belajar lebih banyak tentang bisnis dan manajemen. Dengan kelas tersebut, bahkan pemula sekalipun dapat belajar banyak dan memiliki gambaran untuk mendirikan bisnis yang menguntungkan.

Sedangkan bagi kamu yang bukan anak SMK, kamu dapat mengikuti program magang online di GAMELAB.ID dengan memilih Kelas Bisnis. Ada banyak Kelas Bisnis yang dapat kamu ikuti sesuai dengan kebutuhan atau materi yang ingin kamu kuasai.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Kelas Industri dan Kelas Bisnis ini kamu dapat menghubungi Tim GAMELAB.ID. Klik link ini untuk terhubung langsung dengan Tim GAMELAB.ID.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 10 Januari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI