BERITA SMK 5 Cara Sukses Cari Kerja untuk Siswa SMK Minim Pengalaman

5 Cara Sukses Cari Kerja untuk Siswa SMK Minim Pengalaman

Oleh Syamsul Arifin | Senin, 16 Januari 2023

5 Cara Sukses Cari Kerja untuk Siswa SMK Minim Pengalaman

5 Cara Sukses Cari Kerja untuk Siswa SMK Minim Pengalaman berikut dapat menjadi inspirasi. Sehingga, walau kamu lulusan SMK dan minim pengalaman, kamu tidak perlu khawatir lagi. Yuk coba beberapa cara berikut ini.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Apakah kamu sedang ada di fase ingin bekerja tapi bingung karena minim pengalaman kerja? Tenang, kamu tidak sendiri, terlebih jika kamu adalah siswa SMK. Ada banyak siswa SMK yang mengalami hal yang sama. Nah, kamu akan mendapatkan solusinya di artikel ini. Baca terus ya.

Cara Cari Kerja Minim Pengalaman

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan pekerjaan dengan lebih percaya diri walau minim pengalaman. Sehingga walau siswa SMK dan minim pengalaman kerja, kamu tetap bisa bersaing dengan yang lain. Simak ya!

1. Meminta Saran Guru

Pertama yang sebaiknya kamu lakukan adalah meminta saran guru. Tentunya, guru di sekolah kamu sudah berpengalaman atau memiliki banyak cerita tentang alumni yang sudah sukses walau sebelumnya juga minim pengalaman kerja.

Cerita dan saran guru ini dapat memberikan motivasi bahkan membuka peluang baru. Siapa tahu, pada saat kamu bertanya, ada lowongan pekerjaan yang guru tahu dan sesuai dengan jurusan SMK yang kamu pilih. Bagaimanapun, guru juga tahu kemampuan kamu sejauh mana.

Cara Sukses Cari Kerja untuk Siswa SMK - GAMELAB.ID

Mintalah saran pada guru agar bisa menjadi pertimbangan sebelum kamu melangkah lebih jauh.  Kemudian, lakukan saran tersebut sebaik mungkin. Pastinya, saran guru berdasarkan fakta, cerita lapangan atau pengalaman pribadinya yang penting untuk kamu.

2. Bertanya Pada Alumni

Setelah meminta saran guru, kamu bisa bertanya pada alumni yang sudah bekerja. Mungkin awalnya mereka juga minim pengalaman kerja, tapi ternyata mereka berhasil dalam bidang keterampilan yang mereka kuasai.

Mintalah waktu untuk mereka bercerita awal mulanya bagaimana sehingga bisa sukses seperti sekarang. Cerita dan pengalaman mereka sangat berharga karena mereka adalah pelaku.

Apa yang akan mereka sampaikan sangat realistis dengan dunia kerja saat ini. Paling tidak, kamu memiliki gambaran seperti apa bekerja dan dunia kerja saat ini.

Jangan lupa juga untuk meminta saran dan nasihat mereka. Dengan demikian, kamu tidak akan melakukan kesalahan yang sama atau setidaknya dapat menghindarkan diri dari masalah ataupun hal yang dapat mengarahkan pada kegagalan. Misalnya seperti bertindak ceroboh, tidak mau belajar hal baru dan lainnya.

Cara Sukses Cari Kerja untuk Siswa SMK  - GAMELAB.ID

3. Optimasi Keterampilan

Tentunya, walau minim pengalaman kerja bukan berarti tidak memiliki keterampilan sama sekali. Oleh sebab itu, bidang apa yang paling kamu minati itulah yang dapat menjadi kesuksesan di masa mendatang. Mulailah dengan mengasah keterampilan yang kamu pelajari di sekolah.

Misalnya keterampilan seperti administrasi kantor, desain grafis, membuat animasi, teknik mesin, membuat video dan lain-lain. Asahlah keterampilan tersebut baik dengan mengikuti kursus offline ataupun magang online di GAMELAB.ID.

Jadi, walau kamu mungkin memilih jurusan SMK yang bergaji besar, tapi jika kamu tidak melakukan optimasi skills, maka sama saja. Sebab yang dibutuhkan oleh dunia industri adalah keterampilan kamu.

Cara Sukses Cari Kerja untuk Siswa SMK  - GAMELAB.ID

4. Buatlah CV dan Resume Kreatif

Jika kamu sudah melakukan ketiganya, tentu sekarang sudah lebih percaya diri untuk melamar pekerjaan walau minim pengalaman kerja. Cobalah beranikan diri untuk membuat CV dan resume kreatif tapi tetap elegan. Sehingga pihak perusahaan dapat memahami dengan baik isi dari CV dan resume kamu.

Bila sebelumnya ada portofolio yang pernah kamu kerjakan, jangan lupa untuk menyertakannya dalam resume. Misalnya pernah bekerja magang di GAMELAB.ID, membuat animasi, membuat desain atau lainnya.

Bila perlu, videokan portofolio tersebut dan upload di internet dan link dari video tersebut kamu sematkan di dalam resume. Sehingga perusahaan tempat kamu melamar nantinya bisa melihat karya dan keterampilan yang kamu miliki.

Ini akan menjadi nilai tambah saat HRD perusahaan menilai CV, resume termasuk portofolio kamu. Dengan demikian, kesempatan untuk mendapatkan panggilan interview akan lebih besar lagi.

Cara Sukses Cari Kerja untuk Siswa SMK - GAMELAB.ID

5. Awali Karir dengan Magang

Magang atau internship adalah langkah yang tepat untuk membangun kesuksesan dan karir di masa depan. Untuk mengikuti magang ini biasanya pengalaman bukan hal yang utama. Sehingga siapa saja dapat mendaftarkan diri termasuk kamu, walaupun minim dengan pengalaman kerja.

Saat magang ini kamu akan belajar banyak hal baru termasuk potensi mengembangkan keterampilan. Oleh sebab itu, maksimalkan saat kamu berada di tempat magang untuk belajar hal baru, meningkatkan skills, menambah informasi dan lain-lain.

Cara Sukses Cari Kerja untuk Siswa SMK  - GAMELAB.ID

Baca Juga : Memperkaya Ilmu Digital Accounting, SMK Gema Nusantara Melaksanakan UKK bersama Gamelab Indonesia

Penutup

Nah, jika kamu ingin mencari tempat magang untuk mengembangkan potensi diri, mendapatkan banyak ilmu dan menambah pengalaman, GAMELAB.ID adalah pilihan tepat. Sudah banyak alumni magang di GAMELAB.ID yang kini karirnya sukses. 

Sekarang giliran kamu untuk sukses! Segera gabung GAMELAB.ID untuk menjadi alumni sukses berikutnya! Kamu bisa mulai dengan memilih kelas magang online sesuai passion kamu. Klik di sini untuk melihat daftar kelas magang online GAMELAB.ID.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Senin, 16 Januari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI