BERITA SMK Cara Membuat Laporan PKL SMK dengan Benar

Cara Membuat Laporan PKL SMK dengan Benar

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 17 Januari 2023

Cara Membuat Laporan PKL SMK dengan Benar

Membuat laporan PKL SMK dengan benar adalah sebuah keharusan. Kamu dapat mengikuti beberapa cara di artikel ini untuk menyusun laporan PKL mulai dari daftar isi hingga data pendukung.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Siswa lulusan SMK memang dipersiapkan untuk dapat langsung terjun ke dunia industri atau kerja. Kurikulum di SMK pun sudah mendukung hal tersebut. Ini terbukti dengan sekitar 60% praktik dan 40% teori. Nah, salah satu bentuk dari praktik ini adalah mengikuti PKL dan membuat laporan PKL.

Tentang PKL SMK

PKL (Praktik Kerja Lapangan) atau Prakerin (Praktik Kerja Industri) adalah kegiatan yang mengharuskan siswa SMK terjun ke dunia kerja secara langsung. Tujuannya adalah untuk menerapkan ilmu yang telah kamu pelajari di sekolah.

PKL ini akan membuat kamu sebagai siswa SMK mengalami secara langsung bagaimana kondisi dan suasana di dunia industri. Kamu juga akan belajar banyak hal yang selama ini tidak kamu pelajari di sekolah.

Sebelumnya, pihak sekolah akan mengarahkan siswanya tentang apa saja yang berkaitan dengan PKL. Salah satunya adalah membuat laporan PKL. Laporan PKL sendiri adalah sebuah keharusan dan sebagai bukti bahwa kamu telah melaksanakan PKL dengan baik dan benar sesuai dengan jurusan SMK yang kamu pilih.

Laporan PKL ini dibuat setelah kegiatan PKL selesai. Tapi, selama berlangsungnya kegiatan PKL, kamu harus menyiapkan berbagai data dan informasi apa saja yang nantinya akan dimasukkan ke dalam laporan. Misalnya seperti data perusahaan di mana kamu mengadakan PKL.

Cara Membuat Laporan PKL dengan Benar - GAMELAB.ID

Cara Membuat Laporan PKL SMK

Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara membuat laporan PKL SMK, ada baiknya kamu mengerti terlebih dahulu definisi laporan PKL. Laporan PKL sendiri dapat berarti sebagai uraian lengkap di mana isinya adalah kinerja kamu selama mengikuti PKL.

Oleh sebab itu, semua hal yang berkaitan dengan kegiatan kamu pada saat PKL, termasuk foto dapat kamu lampirkan ke dalam laporan PKL. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat menyimak beberapa hal berikut ini;

1. Pelajari Format Penulisan Laporan PKL

Untuk membuat laporan PKL, pertama yang harus kamu pahami adalah format penulisan laporan PKL itu sendiri. Sehingga dalam menyusun laporan, nantinya akan lebih tertata.

Berikut ini adalah format penulisan laporan PKL:

- Cover/Sampul laporan

Di dalam sampulan laporan PKL, kamu harus menuliskan beberapa hal seperti; judul laporan, identitas pendidikan seperti logo sekolah kamu, nama penyusun dan alamat.

- Halaman Pengesahan

Di bagian ini, kamu harus mengisinya dengan dokumen-dokumen pengesahan yang berhubungan dengan kegiatan PKL.

- Kata Pengantar

Kata Pengantar berisi ucapan syukur, terima kasih, tujuan hingga manfaat dari penulisan laporan. Kamu juga perlu menambahkan kritik dan saran yang masih berhubungan dengan kegiatan PKL.

- Daftar Isi

Daftar isi adalah isi laporan selama PKL. Di antaranya adalah bab, sub bab, isi dan juga halaman laporan. Semua daftar ini lengkap dengan nomor halaman.

- Pendahuluan

Di bagian ini, kamu perlu mengisi latar belakang apa yang menjadi dasar kamu menuliskan laporan PKL. Misalnya untuk memenuhi tugas PKL.

Cara Membuat Laporan PKL dengan Benar - GAMELAB.ID

- Tinjauan Umum Perusahaan

Di sini, kamu dapat mengisinya dengan profil perusahaan di mana kamu melaksanakan PKL. Selain profil, ada juga visi dan misi serta tugas dan hal-hal apa yang menjadi tanggung jawab kamu sebagai siswa PKL. 

Selanjutnya, jangan lupa untuk menyematkan daftar atau struktur organisasi perusahaan tersebut. Usahakan selengkap mungkin dan dapat menggambarkan perusahaan seutuhnya.

- Hasil PKL

Ini adalah bagian yang sangat penting. Kamu harus mengisinya dengan berbagai kegiatan yang telah kamu lakukan selama PKL. Pastikan agar semua kegiatan PKL kamu tuliskan secara lengkap di sini.

- Penutup

Penutup berisi kesimpulan yang dapat kamu ambil setelah kamu melakukan kegiatan PKL.

- Lampiran

Lampiran memuat berbagai data pendukung laporan PKL. Misalnya adalah foto kegiatan, undangan dari perusahaan untuk agenda yang harus kamu ikuti, rundown acara jika kamu terlibat sebagai panitia dan lain-lain.

2. Buatlah Pendahuluan yang Jelas

Pendahuluan adalah bagian yang sangat penting dalam pembuatan laporan PKL, karena bagian ini berisi tentang apa yang menjadi dasar penyusunan laporan. Oleh sebab itu, gunakan bahasa yang baku, jelas dan padat.

Pastikan juga di dalamnya berisi mengapa PKL dilaksanakan, tujuan hingga manfaat program tersebut. Baik manfaat untuk diri kamu sendiri, perusahaan atau masyarakat secara umum.

3. Tulis Hasil PKL dengan Lengkap

Hasil PKL adalah inti dari pembuatan laporan PKL. Oleh sebab itu, kamu pastikan agar bagian ini lengkap. Memang, nantinya akan ada banyak kegiatan yang kamu lakukan selama PKL. Kamu bisa saja lupa apa yang telah kamu lakukan.

Oleh sebab itu, manfaatkan sebuah buku atau jurnal harian. Di dalam jurnal tersebut sudah berisi draft atau template yang dapat kamu isi. Misalnya berisi hari, waktu, jenis kegiatan dan uraian kegiatan tersebut. 

Kamu harus bawa jurnal ini setiap hari, selama mengikuti program PKL. Dengan demikian, semua aktivitas PKL dapat kamu catat dengan rapi. Nah, dari jurnal inilah kamu dapat mengisi laporan PKL di bagian Hasil PKL.

4. Lampirkan Data Pendukung

Selain membawa jurnal, kamu juga harus aktif memfoto setiap kegiatan selama PKL. Foto-foto tersebut dapat menjadi data pendukung laporan PKL yang kamu buat. Kemudian, setiap ada catatan, undangan, hasil rapat atau lainnya yang berhubungan dengan PKL, kamu simpan semuanya.

Nanti kamu dapat scan data tersebut dan memasukkannya ke dalam laporan PKL di bagian lampiran. Semua data pendukung ini sangat penting untuk menambah kelengkapan laporan. Selain itu, pastinya juga dapat menambah nilai kamu.

Cara Membuat Laporan PKL dengan Benar - GAMELAB.ID

Baca Juga : Memperkaya Ilmu Digital Accounting, SMK Gema Nusantara Melaksanakan UKK bersama Gamelab Indonesia

Penutup

Sebenarnya, jika kamu mengikuti kegiatan PKL dengan baik, maka kamu tidak akan mengalami kesulitan ketika menyusun laporan PKL. Begitu juga ketika kamu magangnya di GAMELAB.ID, kamu tidak akan kesulitan untuk menyusun laporan PKL, karena proses magangnya lebih terstruktur.

Di GAMELAB.ID, bahkan kamu akan merasakan PKL atau magang yang sesungguhnya. Kamu akan mempelajari banyak hal yang dapat meningkatkan skills-mu. GAMELAB.ID memiliki sejumlah kelas untuk magang online dengan materi berbobot dengan pendampingan trainer profesional.

Semua kelas tersebut memiliki kurikulum standar industri. Bahkan, seharusnya kegiatan magang itu ya seperti kelas di GAMELAB.ID. Kamu akan benar-benar mendapatkan banyak ilmu dan dapat meningkatkan skills. Jadi, yuk, segera daftar magang online di GAMELAB.ID.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 17 Januari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI