BERITA DESAINER GRAFIS CorelDRAW, Software Vector Mudah Untuk Desain Grafis

CorelDRAW, Software Vector Mudah Untuk Desain Grafis


#Software vector #CorelDRAW #desain grafis
CorelDRAW, Software Vector Mudah Untuk Desain Grafis

Tahukah kalian apa itu CorelDRAW? Apakah kegunaan dari CorelDRAW? Bagi para pecinta desain pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata tersebut. Disini saya akan mengulas beberapa tentang CorelDRAW dan kegunaannya. Simak selanjutnya !!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Pengertian Corel Draw

Corel Draw merupakan program editor grafik komputer yang dikembangkan oleh Corel Corporation, perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Ottawa, Kanada.

Secara umum, Corel Draw bekerja untuk mengolah gambar dan banyak digunakan pada bidang publikasi, percetakan, dan bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.

Fungsi / Kegunaan Corel Draw

Corel Draw menawarkan beragam keunggulan untuk penggunanya. Sebagai program yang banyak digunakan untuk proses visualisasi, Corel Draw dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang baik dan tidak kalah dengan bitmap berdasarkan vektor. Anda juga dapat memutar gambar dan menulis dengan mudah menggunakan Adobe Photoshop. Selain itu, masih ada beberapa kegunaan Corel Draw seperti yang akan disajikan di bawah ini.

  1.  Membuat Desain Logo
    Bisa dibilang, Gambar Corel yang paling banyak digunakan adalah untuk membuat desain logo. Pada umumnya, logo yang dibuat berbentuk dua dimensi dengan variasi warna dan bentuk.
    Alasan pengguna lebih memilih Corel Draw untuk membuat logo dibandingkan dengan program lain adalah karena mudah untuk memanipulasi garis demi menghasilkan bentuk sesuai keinginan.
  2.  Membuat Desain Brosur dan Undangan
    Ada banyak sekali pilihan font yang menarik, sehingga desainer bisa mendapatkan banyak font alternatif sesuai dengan kebutuhan. Font tersebut juga dapat dengan mudah digabungkan dengan gambar.
  3. Membuat Desain Sampul Buku
    Program ini memudahkan dalam teknik pewarnaan yang lebih sempurna dan detail gambar menjadi lebih jelas.
  4. Membuat  Program Ilustrasi ini lebih praktis dan dapat diandalkan
    Pembuatan lengkungan dan garis dalam Corel Draw juga lebih akurat dibandingkan dengan program lainnya.
  5. Membuat Kartun 
    Siapa saja yang membuat kartun atau animasi tidak bisa dibuat dengan program yang sederhana seperti Corel Draw? Nyatanya, Corel Draw dapat digunakan untuk membuat desain kartun, terutama untuk karakter animasi 2D. 

Kelebihan dan Kekurangan Corel Draw

Corel Draw menjadi salah satu peranti lunak grafis yang banyak dijadikan pilihan utama oleh para perancang karena kelebihannya. Namun, ada juga kelemahan yang dimilikinya. Simak informasi tentang kelebihan dan kekurangan Corel Draw berikut ini

Kelebihan CorelDRAW

  1. Hasil gambar vektor kualitasnya lebih baik
    Vektor merupakan kumpulan dari poligon yang dibentuk dengan perbandingan gambar dan ukuran sehingga menghasilkan desain gambar. Kelebihannya adalah hasil gambarnya tidak pecah saat diperbesar.
    Alasanya, format vektor harus menentukan rasio sehingga akan relatif terhadap rasio dasarnya. Berbeda dengan format bitmat yang saat di-resize atau diperbesar akan pecah karena tidak memiliki rasio dan menggnakan satuan titik piksel.
  2. Banyak dukungan format impor dan ekspor
    Software grafis ini menyediakan cukup banyak format file populer untuk keperluan ekspor dan impor. Diambil adalah AI - Adobe Ilustrator, DWG - AutoCAD PDF - Adobe Portable Document Format, PSD - Adobe Photoshop, TIF - TIFF Bitmap, dsb.
  3. Mudah digunakan
    Untuk memudahkan pengguna menggunakannya, Corel Draw menyediakan fitur bantuan dan bantuan online. Ada pula beragam menu dan toolbar yang familier dan mudah dipelajari, sehingga para pemula pun dapat memahami kegunaan dari setiap item pengoperasiannya.
  4. Tersedia banyak alat
    Corel Draw menyediakan banyak alat, seperti pemilihan, pengeditan, dan pemberian efek. Hal ini berguna untuk memudahkan pengguna dalam mendesain gambar dengan hasil yang menarik. Pengguna pun bisa menggunakan alat apa pun yang sesuai dengan kebutuhan tanpa harus membeli kualitasnya.

Kekurangan CorelDRAW

  1. File ukuran besar
    Aplikasi ini membutuhkan PC yang memiliki spesifikasi mumpuni dan dalam sektor RAM yang besar karena ukuran file mentah yang dihasilkan cukup besar. Apalagi kalau desainnya terbilang kompleks.
  2. Sulit untuk membuat tabel
    Karena berdasarkan vektor, membuat tabel di Corel Draw agak sulit karena memerlukan beberapa klik untuk mendapatkan hasil tabel sesuai dengan yang diinginkan.
  3. Ruang Warna harus dikoreksi sebelum penggunaan profesional 
    Permasalahan terbesar yang perlu dilakukan oleh desainer grafis kompilasi menggunakan Corel Draw adalah akurasi warna dari palet yang disediakan. Tidak jarang, warna yang digunakan tidak sesuai dengan hasil cetakan.

Nah seperti itu artikel tentang materi seputar CorelDRAW baik dari pengertian CorelDRAW, kelebihan dan kekurangannya, semoga artikel ini dapat bermanfaat. 

 


AMANDA NOVITASARI

AMANDA NOVITASARI

Senin, 1 Juni 2020