BERITA SMK Ternyata Begini Format Laporan PKL SMK yang Benar [Lengkap dengan Contoh]

Ternyata Begini Format Laporan PKL SMK yang Benar [Lengkap dengan Contoh]

Oleh Syamsul Arifin | Rabu, 25 Januari 2023

Ternyata Begini Format Laporan PKL SMK yang Benar [Lengkap dengan Contoh]

Perhatikan format laporan PKL SMK berikut ini. Kamu dapat mengikuti format yang sudah tersedia. Lihat juga contohnya agar tidak keliru ketika kamu membuat laporan PKL.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Semua pelajar SMK akan mengikuti kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau Praktik Kerja Industri (Prakerin). Kegiatan tersebut berlangsung hingga beberapa waktu. Tujuannya adalah untuk mengaplikasikan keterampilan yang telah dipelajari di sekolah. Di akhir kegiatan, nantinya siswa SMK harus membuat laporan PKL.

Laporan PKL SMK Semua Jurusan

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang mencolok antara laporan PKL SMK jurusan yang satu dengan jurusan lainnya. Yang paling membedakan adalah teori atau pembahasan materi yang sesuai dengan jurusannya. Selanjutnya, yang berbeda adalah profil perusahaan. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat menyimak format laporan PKL SMK Akuntansi berikut ini:

1. Lembar Persetujuan

Lembar ini berada di paling depan setelah cover. Isinya adalah pemberitahuan bahwa laporan PKL ini sudah disetujui. Adapun pihak yang memberikan persetujuan adalah pembimbing PKL, Ketua PKL dan juga Ketua Prodi.

Kamu bisa melihat contoh ini:

Lembar Persetujuan (scribd) - GAMELAB.ID

2. Lembar Pengesahan

Lembar ini berisi pernyataan bahwa laporan PKL yang kamu buat sudah disahkan oleh guru terkait. Setidaknya, terdapat 3 tanda tangan yang kamu butuhkan untuk melengkapi Lembar Pengesahan. Yakni, tanda tangan dari guru pembimbing, guru mata pelajaran dan Kepala Sekolah. Lihat contoh di bawah ini:

Lembar Pengesahan (slideshare) - GAMELAB.ID

3. Kata Pengantar

Kata Pengantar berisi ucapan syukur atas selesaikan kegiatan PKL dan juga penyusunan laporan PKL. Selanjutnya, sertakan juga alasan dari pembuatan laporan PKL tersebut. Misalnya sebagai syarat untuk mengikuti ujian akhir sekolah. Selain itu, sertakan juga pihak-pihak yang turut membantu selama kegiatan PKL dan penyusunan laporan PKL.

Lihat contoh ini:

Kata Pengantar (slideshare) - GAMELAB.ID

4. Daftar Isi

Daftar isi berisi daftar judul atau pembahasan yang ada di laporan PKL SMK. Selain itu, sertakan juga nomor halaman layaknya daftar isi sebuah buku. Sehingga yang paling atas bisa dimulai dari lembar persetujuan, lembar pengesahan, kata pengantar dan seterusnya hingga penutup.

Contoh daftar isi:

Daftar Isi (slideshare) - GAMELAB.ID

5. BAB I: Pendahuluan

Di dalam Pendahuluan, terdapat beberapa hal yang harus kamu uraikan. Setidaknya, di Bab Pendahuluan ini terdapat beberapa poin di bawah ini:

- Latar Belakang Kegiatan PKL

- Landasan Hukum Kegiatan PKL

- Maksud dan Tujuan PKL

- Metode Pengumpulan Data

- Waktu dan Tempat PKL

Pendahuluan (slideshare) - GAMELAB.ID

 

6. BAB II: Profil Perusahaan

Di bagian ini, masing-masing jurusan SMK juga akan berbeda. Di bab ini, kamu harus membahas profil perusahaan di mana kamu mengadakan PKL. Setidaknya, isi dari bab ini adalah seperti berikut:

- Sejarah Singkat Badan Usaha

- Visi dan Misi Badan Usaha

- Perkembangan Perusahaan

- Struktur Organisasi

- Bidang Usaha

Profil Perusahaan (slideshare) - GAMELAB.ID

7. BAB III: Pembahasan (Hasil PKL)

Di sini, setiap jurusan akan menyertakan materi atau teori yang berbeda-beda. Teori di sini adalah yang berhubungan dengan kegiatan PKL yang kamu lakukan.  Kamu juga harus membahas kegiatan selama kamu PKL apa saja.

Pastikan semua kegiatan selama kamu menjalankan PKL kamu catat dengan rapi. Ini akan memudahkan saat kamu mulai menyusun laporan PKL. Sebagai contoh, untuk laporan PKL SMK jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) adalah seperti berikut ini:

 

Pembahasan (slideshare) - GAMELAB.ID

8. BAB V: Penutup

Bab selanjutnya yang perlu kamu tulis di laporan PKL SMK adalah Penutup. Di bagian ini kamu perlu membuat kesimpulan dari laporan PKL yang telah kamu buat. Selain kesimpulan, yang perlu ada di bab ini yaitu saran, daftar pustaka dan lampiran. Urutannya adalah sebagai berikut:

- Kesimpulan

- Saran

- Daftar Pustaka

- Lampiran

Penutup (slideshare) - GAMELAB.ID (1)

Baca Juga : GAMELAB dan SMKS Pelita Al-Qur'an Gelar Seminar Industri untuk Tingkatkan Keterampilan Siswa

Penutup

Semua yang di atas adalah format dan contoh laporan PKL SMK secara umum. Bisa jadi, sekolah kamu memiliki format tersendiri dan kamu tinggal mengisi saja. Jadi, ini tergantung dari kebijakan sekolah kamu. Setidaknya, format laporan PKL di atas dapat membantu kamu.

Satu lagi, yang penting dari kegiatan PKL SMK bukan hanya soal laporan, tapi bagaimana skills kamu dapat meningkat setelah mengikuti PKL. Pada kenyataannya, setelah kegiatan PKL selesai, tidak semua pelajar SMK merasa bahwa skills atau keterampilan yang mereka miliki mengalami peningkatan.

Untuk itulah GAMELAB.ID hadir sebagai solusi untuk pelajar SMK yang ingin meningkatkan keterampilan. Sehingga, setelah selesai mengikuti kelas di GAMELAB.ID, kamu dapat merasakan skills yang kamu miliki telah mengalami peningkatan.

Kamu yang tadinya belum tahu ini dan itu, setelah selesai mengikuti kelas di GAMELAB.ID, kamu menjadi tahu bahkan lebih terampil dari sebelumnya. Yuk, segera daftar kelas online di GAMELAB.ID. Silakan klik link ini untuk melihat daftar kelasnya.

 

 

 

 

 

 

Referensi gambar:

https://www.slideshare.net/CharisFitriyanto/contoh-laporan-prakerin-tkj-teknik-komputer-jaringan

https://id.scribd.com/document/525588752/CONTOH-LEMBAR-PERSETUJUAN-DAN-PENGESAHAN-PKL


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Rabu, 25 Januari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI