BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA 7 Game dengan Pembuatan Terlama di Dunia, Hingga Dianggap Mitos!

7 Game dengan Pembuatan Terlama di Dunia, Hingga Dianggap Mitos!

Oleh Syamsul Arifin | Kamis, 26 Januari 2023

7 Game dengan Pembuatan Terlama di Dunia, Hingga Dianggap Mitos!

Daftar game yang ada di artikel ini memiliki status dengan proses pengembangan terlama di dunia. Bahkan, ada yang proses pengembangannya sampai lebih dari 14 tahun dan masih belum rilis juga.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Sebelum sebuah game dirilis, tentu akan melewati proses pengembangan terlebih dahulu. Tetapi, siapa tahu jika ada beberapa game yang proses pengembangannya memakan waktu sangat lama. Bahkan, ada yang lebih dari 14 tahun prosesnya, wow.

7 Game Paling Lama Dibuat di Dunia

Tentu saja, ada beberapa hal yang kemudian membuat proses pengembangan sangat lama. Saking lamanya, ada yang menyebutnya sebagai mitos (tidak mungkin dirilis). Lalu, game apa saja yang proses pembuatannya paling lama di dunia? Simak sampai selesai ya!

1. Spore

Spore adalah game yang dikembangkan oleh developer game bernama Maxis. Game ini kemudian dipublikasikan oleh EA. Spore mendapatkan julukan sebagai salah satu game simulasi yang paling epik. Fitur di dalam Spore sangat banyak sekali.

Awalnya, pemain akan memainkan karakter berupa bakteri yang kemudian mengalami evolusi hingga menjadi makhluk yang dapat melakukan koloni galaksi. Wajar saja jika pengembangan game ini membutuhkan waktu yang lama.

Proses pengembangan Spore memakan waktu hingga 8 tahun. Alasannya adalah penyeimbangan konsep alien agar tetap terlihat lucu. Selain itu, proses evolusi pun dikerjakan secara akurat secara ilmiah. Dua hal inilah yang membuat Spore sangat lama diproduksi. Tetapi, semua terbayar ketika game ini dirilis pada tahun 2008 dengan angka penjualan yang tinggi.

Game dengan Pembuatan Terlama di Dunia - Spore - GAMELAB.ID

2. The Last Guardian

Sesuatu yang besar bermula dari hal kecil. Ini adalah gambaran yang tepat untuk game bernama The Last Guardian. Game yang sangat ikonik ini dikembangkan oleh Team ICO, sebuah developer game yang sama dari game Shadow of Colossus.

Ya, setelah sukses dengan Shadow of Colossus, Team ICO mulai mengembangkan The Last Guardian. Awalnya, Team ICO merencanakan perilisan The Last Guardian di platform PlayStation 3. Namun, karena berbagai alasan, pada akhirnya game ini dirilis di platform PlayStation 4.

Salah satu alasannya adalah kapabilitas PlayStation 3 masih kurang untuk mendukung semua fitur di dalam The Last Guardian. Selain itu, alasan lainnya adalah ada beberapa orang penting di balik The Last Guardian yang memutuskan untuk berhenti. Pada akhirnya, game ini baru bisa dirilis setelah  proses pengembangan yang memakan waktu hingga 8 tahun lebih.

Game dengan Pembuatan Terlama di Dunia - The Last Guardian - GAMELAB.ID

3. Too Human

Mungkin hanya sedikit gamer yang tahu game Too Human, yaitu sebuah game yang dikembangkan oleh Silicon Knight. Developer game ini juga yang telah mengembangkan Metal Gear Solid: The Twin Snakes. 

Awalnya, Too Human dijadwalkan rilis untuk platform PlayStation 1, tahun 1999. Tetapi, akhirnya game ini baru bisa dirilis setelah melewati 2 generasi konsol tersebut. Too Human kemudian secara resmi rilis di Xbox 360 pada tahun 2008.

Alasan utama mengapa Silicon Knight membutuhkan waktu selama 8 tahun untuk proses pengembangan Too Human adalah karena game ini menggunakan Unreal Engine 3 milik Epic Games. Silicon Knight merasa Epic Games masih belum memberikan dukungan sepenuhnya pada saat pengembangan Too Human.

Inilah yang kemudian membuat Silicon Knight menuntut Epic Games pada tahun 2007 silam. Tetapi, ternyata ini menjadi awal bencana bagi Silicon Knight. Epic Games menuntut balik Silicon Knight dan memenangkan tuntutan. Hasilnya, Silicon Knight harus menghapus file dan menarik game dari pasaran.

Game dengan Pembuatan Terlama di Dunia - Too Human - GAMELAB.ID

4. Dead Island 2

Game berikutnya yang pembuatannya sangat lama adalah Dead Island 2. Dead Island 2 sendiri dianggap sebagai game dengan status Mitos karena proses pengembangannya terlalu lama. Bahkan, game ini juga telah berkali-kali pindah developer game.

Pertama, Deep Silver adalah pengembang Dead Island 2. Kemudian, berpindah ke Yager Development, Sumo Digital dan terakhir adalah Dambuster Studios. Karena alasan itulah, proses pengembangannya memakan waktu hingga 10 tahun lebih lamanya.

Sebuah game parodi bernama Goat Simulator 3 bahkan sampai membuat lelucon dengan merilis trailer game yang sekilas mirip dengan trailer perdana Dead Island 2. Kamu bisa bayangkan, 10 tahun bukanlah waktu yang sebentar dan dalam kurun waktu tersebut sudah banyak game baru yang rilis.

Game dengan Pembuatan Terlama di Dunia - Dead Island 2 - GAMELAB.ID

5. Final Fantasy XV

Apakah kamu tahu game fenomenal bernama Final Fantasy? Untuk Final Fantasy XV diumumkan pertama kali pada tahun 2013. Adapun perilisannya dilakukan pada tahun 2016. Tetapi, ternyata proses pengembangan game ini sudah dilakukan sejak tahun 2006. 

Awalnya, game ini diberi nama Final Fantasy Versus XIII dan masih menjadi bagian dari FF XIII. Proses pengembangannya memakan waktu yang lama karena direktur utamanya yakni Tetsuya Nomura juga mengerjakan proyek lain. Akhirnya, proyek ini dikerjakan oleh Hajime Tabata.

Tabata memiliki pandangan berbeda dengan Nomura. Tabata memutuskan jika game ini terpisah dari dunia FF XIII dan memiliki seri tersendiri. Oleh sebab itu, developer game Final Fantasy XV secara total membutuhkan waktu hingga 10 tahun untuk menyelesaikan proses pengembangannya.

Game dengan Pembuatan Terlama di Dunia - Final Fantasy XV - GAMELAB.ID

6. Duke Nukem Forever

Duke Nukem Forever merupakan salah satu seri video game yang sangat populer di zamannya. Namun, setelah kesuksesannya, tidak ada kabar apa pun dari pihak developer tentang Duke Nukem Forever. Hingga akhirnya, nama Duke Nukem redup dan hilang di pasaran.

Duke Nukem pertama rilis pada tahun 1997. Namun, karena ada banyak masalah seperti perubahan engine hingga berkali-kali dan tim developer game yang berjumlah sedikit, game ini pada akhirnya rilis dengan penuh bug. Bisa ditebak, game ini pun mendapatkan respons negatif.

Proses pengembangan Duke Nukem Forever memakan waktu yang sangat lama sekali. Bahkan, memegang rekor game yang paling lama dibuat. Total waktu yang dibutuhkan oleh developer game untuk menyelesaikannya sekitar 5156 hari atau lebih dari 14 tahun.

Game dengan Pembuatan Terlama di Dunia - Duke Nukem Forever - GAMELAB.ID

7. Beyond Good and Evil 2

Rekor Duke Nukem Forever belum bisa mengalahkan rekor Beyond Good Evil 2 sebagai game dengan proses pengembangan terlama. Beyond Good Evil 2 sudah dinantikan para gamers karena versi sebelumnya telah menarik perhatian banyak pecinta game.

Tetapi, sejak diumumkan pertama kali pada tahun 2008, hingga tulisan ini dibuat, Beyond Good Evil 2 belum rilis juga. Artinya, kurang lebih pihak developer game telah menghabiskan waktu hingga 5350 hari atau hampir 15 tahun. 

Developer game Beyond Good Evil 2, yakni Ubisoft beberapa waktu lalu mengatakan bahwa game tersebut masih dalam tahap pengembangan. Tetapi, entah sampai kapan game ini akan dirilis. Yang jelas, hingga saat ini, game Beyond Good Evil 2 masih menjadi game dengan proses pengembangan terlama di dunia.

Game dengan Pembuatan Terlama di Dunia - Beyond Good and Evil 2 - GAMELAB.ID

Baca Juga : Toge Productions dan Mojiken Studio: Kisah Kesuksesan Studio Game Indonesia yang Menggebrak Dunia!

Penutup

Memang bukan hal yang mudah untuk mengembangkan sebuah game. Tetapi, kamu dapat mempelajari berbagai teknik dasar untuk membuat game atau menjadi seorang game developer. Kamu bisa memulai karya kamu dengan membuat game edukasi sederhana.

Beruntungnya, di GAMELAB.ID ada kelas Membuat Game dengan Construct untuk Menjadi Pengembang Game yang sangat cocok untuk kamu. Jika kamu sudah memiliki skills tentang mengembangkan game, kamu dapat mengikuti kelas Mengembangkan Game Menggunakan Unity Engine untuk Menjadi Game Developer. Yuk, segera daftar kelasnya sekarang juga.

 

 

 

Sumber gambar:

wallpapercave.com


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Kamis, 26 Januari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI